Kenali Kayu Matoa: dari Karakter sampai Produknya!

0
71
kayu matoa (2)

Satu dari sekian banyak daftar kayu yang ada di Indonesia, kayu matoa pastilah salah satunya. Jenis kayu ini sebetulnya jarang dimanfaatkan. Pohon matoa lebih dikenal sebagai penghasil buah yang lezat. Namun siapa sangka sebetulnya ada potensi tersendiri yang bisa diperoleh dari kayu ini?

Pohon Matoa dan Kelezatan Buahnya

Matoa namanya. Nama tersebut akan mengingatkan orang pada suatu buah dengan kulit tipis dengan warna hijau. Kadang bila sudah sangat matang, warna hijaunya pun bercampur dengan warna kuning dan coklat. Isi buahnya mirip dengan kelengkeng, hanya saja ukurannya hampir sebesar rambutan. Bagaimana dengan rasanya? Secara umum, rasa buah ini sangatlah manis.

Namun tahukah Anda bahwa bukan hanya buah lezat saja yang bisa kita ambil dari pohon ini? Adalah kayu matoa yang ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Kayu dari pohon tersebut memang tak seunggul jati ataupun mahoni yang terkenal dalam industri woodworking. Namun, bukan berarti kayu dari pohon matoa tak bisa dimanfaatkan. Bahkan selama ini, meski tak sepopuler kayu lainnya, kenyataannya telah banyak pihak yang memilih berjibaku dengan matoa. Salah satunya adalah pembuatan jam dari kayu matoa. Jam dari kayu tersebut jelas memiliki keunikan yang tak dimiliki jam lainnya. Dan tak mengherankan pula bahwa jam matoa menjadi begitu populer di pasaran.

Selain jam, masih banyak guna lainnya dari kayu ini. Namun sebelum menyebut produk apa saja yang bisa dibuat dari kayu tersebut, yuk bahas dulu mengenai karakter kayunya.

Ciri Khas atau Karakteristik Kayu Matoa

serat matoa
  1. Kelas Kuat: II – III
  2. Kelas Awet: III
  3. Kembang Susut: Sedang
  4. Daya Retak: Rendah hingga sedang
  5. Kekerasan: Sangat keras
  6. Kemudahan Pengerjaan: Medium atau sedang
  7. Tekstur: Agak kasar dan agak licin
  8. Pola Serat: Lurus dengan sedikit berpadu
  9. Warna Kayu: Bagian teras (dalam) berwarna kelabu muda atau coklat kemerahan. Sedangkan bagian gubal (luar) berwarna lebih muda. Antara kedua bagian tidak memiliki kontras yang mencolok.

Berbagai Produk Bisa Dihasilkan Kayu Matoa

CS Lem Kayu

Dengan sifatnya yang secara umum tak sulit dikerjakan, matoa memang menjadi salah satu sumber untuk berbagai kebutuhan. Kayu ini bisa digunakan untuk:

jam tangan kayu matoa
  1. Pembuatan aneka jenis mebel. Meski memiliki beberapa kekurangan seperti kekuatan dan keawetannya, akan tetapi mebel dari kayu matoa tetap memiliki penggemar tersendiri. Beberapa contoh mebel yang bisa dibuat antara lain adalah meja, kursi, almari, hingga ranjang.
  2. Pembuatan rangka bangunan.
  3. Pembuatan struktur seperti pagar, bagian dari jembatan, tiang-tiang, dan sejenisnya.
  4. Pembuatan kerajinan hingga item fashion. Salah satu yang paling terkenal sebagaimana disebut di atas adalah jam tangan dari kayu matoa.

Pembuatan Produk Kayu Matoa Perlu Lem yang Baik

mebel matoa

Dalam pembuatan aneka produk dari kayu matoa, dibutuhkan langkah-langkah yang tepat. Karena kayu ini memiliki beberapa kekurangan, maka sebaiknya pengerjaannya dilakukan dengan alat dan bahan yang lebih berkualitas. Tak terkecuali mengenai lemnya. Lem seyogyanya dipilih dai jenis yang benar-benar bagus. Lem harus memiliki daya rekat kuat, tidak mudah rusak, dan juga tidak menyebabkan glue line. Selain itu, sebaiknya lem juga hemat dan tersedia dalam harga yang lebih terjangkau agar biaya produksi tidak membengkak.

Adhesive yang cocok digunakan untuk aneka produk kayu matoa adalah lem Crossbond. Crossbond merupakan lem kayu dengan formula dasar polyvinyl acetate. Lem ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan penyambungan kayu dengan berbagai keunggulan. Crossbond:

  1. Memiliki daya rekat yang kuat
  2. Mudah digunakan
  3. Tidak menyebabkan glue line
  4. Cover area luas dengan solid content tinggi sehingga sangat hemat dalam aplikasinya
  5. Tersedia dalam harga yang lebih terjangkau
  6. Memiliki kecepatan kering ideal
  7. Merupakan lem yang aman dan ramah lingkungan
  8. Mudah digunakan dalam berbagai metode baik secara manual atau mesin woodworking canggih
  9. Viskositas atau kekentalan lem yang ideal
  10. Lapisan film lem yang tidak tebal

Kesimpulan

Pada akhirnya bisa dikatakan bahwa kayu matoa adalah salah satu jenis kayu yang terdapat di Indonesia yang memiliki potensi untuk dimanfaatkan. Adalah salah bila kita selama ini hanya melihat ponon matoa sebagai penghasil buah lezat mirip kelengkeng saja. Pohon ini juga mampu menghasilkan material yang bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan manusia. Kayu dari pohon tersebut bisa digunakan untuk membuat mebel, kerajinan, hingga konstruksi bangunan. Adanya kekurangan pada kayu ini selayaknya tidak membuat kita tak menggunakannya. Apalagi di tengah situasi di mana pengrajin kita membutuhkan kayu yang lebih banyak untuk mengembangkan bisnisnya. Tentu kita tak bisa hanya mengandalkan kayu seperti jati dan mahoni bukan?

lantai kayu matoa

Yang tak kalah penting, mengingat adanya kekurangan-kekurangan pada kayu ini, alangkah baiknya bila proses pengerjaan dilakukan dengan baik. Selain itu, penggunaan bahan yang mendukung struktur produk berbahan kayu matoa juga harus betul-betul baik. Dalam hal ini, sebagai website yang menyediakan 2 jenis lem kayu terbaik, kami menyarankan pemakaian Crossbond X3. Crossbond X3 pada dasarnya adalah PVAc water based glue yang didesain untuk kebutuhan konstruksi atau pengeleman sambungan produk. Pemakaiannya bisa diterapkan pada aplikasi finger joint, dovetail, sambungan temu, sambunga siku, mortise and tenon, dan lain sebagainya.

Yuk Segera Pesan Crossbond X3 dan Crossbond X4!

Yuk segera pesan Crossbond sekarang juga. Crossbond terdiri atas dua varian yang sama-sama bisa digunakan untuk kebutuhan ini. Keduanya adalah Crossbond X3 dan Crossbond X4.

lem kayu terbaik

Pembuatan aneka produk kayu matoa akan lebih rapi dan kokoh dengan lem ini. Crossbond X3 bisa digunakan untuk sambungan mebel sedangkan Crossbond X4 untuk perekatan lantai kayu dari pohon matoa. Crossbond X3 sendiri pada dasarnya adalah PVAc water based indoor untuk konstruksi sambungan produk. Sedangkan Crossbond X4 adalah lem laminasi. Keduanya selain sangat kuat juga tidak menyebabkan glue line. Crossbond juga memiliki resistensi yang sangat baik yang membuat mebel hingga lantai akan jauh lebih kokoh.

Bagaimana cara memesan adhesive ini? Mudah. Anda bisa melakukan pembelian dengan beberapa opsi sebagai berikut.

  1. Pembelian secara langsung. Pembelian secara langsung bisa dilakukan dengan mengunjungi kami di Bio Service Point. Selain bisa membeli adhesive ini secara langsung, Anda juga bisa bertemu dengan CS hingga teknisi kami secara langsung.
  2. Pembelian via berbagai marketplace. Kami telah menyediakan akun-akun official hingga agen yang bisa Anda andalkan untuk mendapatkan Crossbond.
  3. Pembelian via situs ini. Hubungi saja CS atau Customer Service kami. Anda akan dituntun untuk melengkapi tahapan pemesanan adhesive ini.

Sangat menarik bukan? Beragam produk kayu matoa akan lebih mudah dibuat dalam kualitas terbaik dengan Crossbond.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here