Begini Cara Membuat Cantelan Jaket Sederhana

0
132
cantelan jaket (2)

Mudah! Ternyata tidak sulit lho cara membuat cantelan jaket dan jas sederhana! Yang Anda butuhkan adalah potongan kayu bercabang yang ukurannya kecil, papan meja untuk alasnya, dan juga lem Crossbond.

Di mana Anda biasanya meletakkan jaket selepas digunakan? Banyak di antara kita yang meletakkannya di gantungan baju yang dipasang di dinding atau pintu. Tak jarang, ada juga yang membuat cantelan sangat sederhana dengan paku di tembok. Jaket yang tak sedang digunakan tinggal digantung pada paku tersebut.

Meski kedua cara ini bisa dibilang cukup efektif dan simpel, akan tetapi tak bisa dipungkiri bahwa keduanya akan membuat ruangan terlihat berantakan. Apalagi bila kita memiliki ruangan yang tak begitu luas. Keberadaan jas yang digantung dengan kurang rapi di dinding dan pintu akan membuat ruangan semakin sesak dan tak nyaman.

Lantas apa yang bisa dilakukan? Jawaban singkatnya adalah menggunakan coat stand atau tempat cantelan jaket tersendiri. Cantelan tersebut nantinya bisa diletakkan di bagian depan rumah atau di dekat dengan ruang menyetrika. Jadi, cantelan bisa digunakan seluruh anggota keluarga untuk meletakkan jaket-jaket yang setiap hari digunakan. Sangat menarik, bukan?

CS Lem Kayu

Yang tak kalah menarik, untuk membuat produk seperti ini, cara yang harus dilakukan tak sesulit seperti yang Anda pikirkan. Dan khusus bagi Anda pelaku usaha mebel, ide pembuatan produk ini juga bisa Anda terapkan lho. Anda bisa menyediakan furniture khusus yang didesain sebagai tempat cantelan untuk jaket tersebut dan mendapatkan banyak keuntungan.

Nah, di artikel ini, lemkayu.net akan membagikan cara membuat cantelan jaket.

Cara Membuat Cantelan Jaket

Alat dan Bahan

Sediakan berbagai alat dan bahan yang dibutuhkan di bawah ini.

lem untuk dinding kayu
  1. Kayu. Ada beberapa jenis kayu yang bisa digunakan. Yang pertama adalah kayu bercabang yang cabangnya bisa dipakai sebagai cantelan. Kayu harus kecil namun tetap kuat. Kayu jambu memiliki kriteria sangat ideal untuk membuat kebutuhan tersebut. Selain kayu jambu, beberapa kayu lainnya pun juga bisa diandalkan.
  2. Lem Crossbond untuk merekatkan komponen cantelan jaket.
  3. Bahan finishing sesuai dengan warna finishing yang ingin Anda aplikasikan pada mebel tersebut.
  4. Amplas untuk menghaluskan dan juga untuk meratakan
  5. Pemotong kayu
  6. Clamp press
  7. Kuas untuk aplikasi cat
  8. Kayu untuk bagian bawah atau landasan cantelan jaket

Langkah-langkah Cara Membuat Cantelan Jaket Sederhana

cara membuat cantelan jaket
  1. Siapkan semua alat dan bahan yang disebutkan di atas. Setelah semuanya siap, kumpulkan semuanya di ruangan di mana Anda akan mengerjakan proyek ini. Ruangan idealnya terbuka dan ventilasinya baik.
  2. Setelah semua alat dan bahannya siap, mulailah dulu dengan mempersiapkan potongan kayu bercabang yang Anda punya. Lakukan pengamplasan secara merata. Potong juga bagian yang tak rata.
  3. Setelah potongan kayu jambu sudah halus dan rata, siapkan landasan untuk cantelan tersebut. Caranya buat 4 potongan kayu jajar genjang dengan sudut yang sama, dan 4 kayu lain dengan ukuran yang sama. Rekatkan dengan lem sesuai dengan ilustrasi yang diperlihatkan.
  4. Gunakan lem Crossbond untuk merekatkan kayu jambu dengan landasannya.
  5. Biarkan lem mengering, gunakan clamp press bila memungkinkan.
  6. Siapkan bahan finishing dan kuas. Encerkan bila dianjurkan demikian.
  7. Aplikasikan finishing pada cantelan kayu.
  8. Tunggu bahan finishing mengering. Setelah itu amplas dengan amplas yang tidak kasar karena tujuannya untuk menghaluskan
  9. Lakukan pelapisan lagi bila dirasa perlu
  10. Tunggu sampai kering
  11. Selesai

Bagaimana bila kita tak punya kayu bercabang yang bisa digunakan untuk membuat cantelan jas ini? Eits, jangan khawatir, Anda bisa membuat sendiri dari kayu biasa. Caranya sangat sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan dua jenis kayu beda ukuran. Sediakan yang besar untuk “batang utama” dan yang kecil untuk cabangnya. Pada bagian batang, lubangi menggunakan bor. Setelah itu, masukkan kayu yang kecil dan aplikasikan lem Crossbond X3.

Tips

Seperti bisa dibaca di atas, cara membuat cantelan jaket di atas ternyata sangat mudah dilakukan. Tapi agar hasilnya betul-betul bagus, jangan lupa untuk mengikuti beberapa tips tambahan di bawah ini.

  1. Untuk finishingnya, Anda bisa memilih aplikasi finishing warna solid seperti merah, hijau, hingga biru, atau finishing warna natural transparan seperti jati bening, walnut bening, dan lainnya.
  2. Gunakan bahan finishing berbasis air agar lebih cocok dengan lemnya yang juga berbasis air. Penggunaan produk berbasis air juga akan membuat produk Anda lebih eco friendly.
  3. Ada berbagai teknik finishing yang bisa diterapkan. Misalnya saja aplikasi finishing warna patina, warna rustik, hingga warna glaze. Di dunia maya, telah banyak referensi tipe finishing yang bisa Anda contoh. Contohnya saja situs catkayu.com yang sering membagikan tips finishing lengkap dengan caranya.
  4. Agar estetika produk semakin kuat, terapkanlah satu tema atau desain khusus. Misalnya desain minimalis, shabby chic, beach style, dan masih banyak lagi.
  5. Pilih kayu yang tepat untuk membuat produk ini. Kayu idealnya tidak terlalu besar, namun kuat dan keras.
  6. Jangan lupa untuk mengemas produk dengan baik agar cantelan yang Anda buat itu lebih tahan lama. Gambar produk yang ingin Anda jual secara online idealnya juga menarik supaya pembeli makin terdorong untuk membelinya.
  7. Gunakan selalu lem yang kami sarankan, Crossbond X3. Kami tidak menyarankan lem lainnya karena tak banyak lem yang bagus digunakan untuk membuat cantelan jaket dan topi.

Kami Sedia Crossbond

Kami sedia Crossbond X3 di lemkayu.net yang bisa Anda beli dengan cepat. Crossbond X3 sendiri adalah lem berbasis air dengan formula dasar polyvinyl acetate. Lem ini memiliki berbagai keunggulan mulai dari daya rekat yang kuat, mudah digunakan, cepat kering, dan juga tidak glue line. Lem ini pun sekarang bisa dibeli dengan mudah. Anda bisa membelinya secara langsung di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Cirebon, dan Jepara. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembelian secara daring di marketplace dan website ini. Untuk pembelian di website ini, hubungi Customer Service kami terlebih dahulu menurut kontak yang tercantum pada situs ini.

Kesimpulan

Secara umum cara membuat cantelan jaket memang tidak sulit. Selain bisa menggunakan kayu asli dengan cabang-cabangnya, Anda juga bisa membuat percabangan sendiri dengan beberapa tipe wood joint. Pastikan saja area sambungan cantelan tersebut kuat dan tidak mudah goyah. Untuk itu, selalu gunakan lem Crossbond. Lem dengan bahan dasar PVAc ini memiliki banyak keunggulan yang membuatnya selalu diandalkan oleh banyak pelaku usaha mebel. Beli lem Crossbond sekarang juga di berbagai toko daring langganan Anda atau langsung di lemkayu.net ya.

Semoga informasi ini bermanfaat. Gunakan selalu Crossbond supaya Anda bisa membuat berbagai mebel dengan mudah.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here