Panduan Lengkap Cara Membuat Tempat Pensil dari Bambu

0
5372
cara-membuat-tempat-pensil-dari-bambu

tempat-pensil-bambuBingung menghabiskan waktu di akhir pekan? Yuk, ikuti saja langkah-langkah cara membuat tempat pensil dari bambu ini. Anda bisa menggunakannya sendiri atau menghadiahkannya pada orang tersayang. Bahkan kalau Anda cukup percaya diri, kenapa tidak dijual saja di berbagai marketplace atau toko online seperti olx, bukalapak, tokopedia, dll? Banyak lho orang sukses yang memulai kesuksesannya hanya dengan berjualan online. Aktivitas yang tampak sederhana ini rupanya memang bisa menghasilkan keuntungan luar biasa besar.

Alat dan Bahan

  1. Bambu (bekas pun boleh)lem kayu untuk mebel
  2. Papan bekas
  3. Lem (kami sarankan menggunakan lem Crossbond™)
  4. Amplas
  5. Cat atau plitur
  6. Pisau dan cutter
  7. Gergaji bila perlu

Cara Membuat Tempat Pensil dari Bambu

Tempat Pensil Silinder

Untuk membuat tempat pensil dengan bentuk silinder caranya sangat mudah. Sebab, bambu secara umum sudah memiliki bentuk ini. Anda hanya perlu mencari bambu yang pas, dipotong sesuai ukurannya, lalu memberinya warna.

Beli Cat Duco

Untuk potongan bambu yang membutuhkan alas, bentuk dulu alasnya dari papan kayu. Buat sketsa dulu lalu potong. Bila Anda khawatir tak bisa membuat bentuk bulat, potong saja berbentuk kotak. Gunakan lem Crossbond™ untuk merekatkan papan dengan badan bambu tersebut.

Tempat Pensil Kotak

Untuk aplikasi cara membuat tempat pensil dari bambu ini, Anda memerlukan bambu yang ukurannya tidak sempit. Jadi, Anda bisa memperoleh potongan-potongan kotak yang cukup luas.

  1. Potong bambu tipis-tipis, ukuran sesuai yang Anda inginkan. Pada artikel ini, kami contohkan ukurannya 6 cm. Potongan ini untuk sisi pinggir bawah dan atas tempat pensil.
  2. Buat potongan untuk bagian alasnya. Sesuaikan luasnya dengan ketebalan potongan bambu untuk sisi pinggir atas dan bawah tersebut.
  3. Buat potongan untuk penutup sampingnya. Panjangnya sesuai dengan keinginan Anda. Bila Anda kesulitan membuat potongan yang cukup panjang dengan bambu yang tersedia, taka pa menggunakan kayu atau papan kayu. Meski tidak semuanya terbuat dari bambu, namun sentuhan bambu akan tetap terlihat.
  4. Lem bagian-bagian itu dengan Crossbond™. Jangan lupa diamplas, dibersihkan, dan dikeringkan dulu sebelum dilem ya!
  5. Tunggu sampai kering.
  6. Cat sesuai keinginan Anda.
  7. Selesai!

tempat-pensil-bambu-kotak

Agar Lebih Menarik

Mudah bukan cara membuat tempat pensil dari bambu di atas? Nah, agar karya Anda tampak lebih menarik dan unik dibanding produk serupa lainnya, kiat-kiat di bawah ini bisa Anda terapkan:

  • Gunakan bambu tutul untuk hasil yang lebih unik natural.
  • Aplikasikan warna-warni cat sesuai keinginan Anda. Gunakan cat orchid untuk warna merah, kuning, perak, emas, hitam, dan warna solid lainnya. Sedang untuk warna natural transparan, gunakan
  • Biopolyture atau Biovarnish.
  • Tambahkan aksesori berupa pita untuk membuat tempat pensil lebih cantik.
  • Bila Anda ingin menjualnya, bungkuslah dengan plastik pembungkus yang menawan. Jangan dijual dengan begitu polos yang membuat produk kurang menarik.
  • Ukir bambu.
  • Lukis bambu.

cara-membuat-tempat-pensil-dari-bambu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here