3 Cara Menyambung Papan Kayu yang Harus Anda Tahu

0
9638
cara menyambung papan kayu

Pembuatan papan kayu, tak lepas dari kegiatan penyambungan material tersebut. Metode atau cara menyambung papan kayu sendiri bermacam-macam. Tiap macamnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini sedikit dari berbagai cara penyambungan kayu yang bisa kita terapkan.

3 Cara Menyambung Papan Kayu

Sambungan Sisi Tumpul

Sambungan ini adalah salah satu jenis sambungan kayu yang dapat dikerjakan dengan mudah. Cara aplikasinya dengan mempertemukan kedua sisi tebal kayu yang sebelumnya sudah diamplas lurus dan rata. Pertemuan antara kedua sisi tersebut selanjutnya dilem dengan lem kayu Crossbond™. Selanjutnya, tunggu lem hingga bereaksi dan mengering membentuk perekatan yang kuat. Gunakan clamp untuk menahan kayu agar sambungan benar-benar kering sehingga kualitas hasil pengeleman berkualitas.

Sambungan Sisi Tumpul

Sambungan Bergigi

CS Lem Kayu

Jenis sambungan bergigi dihasilkan dengan memanfaatkan mesin profil di sisi tebal papan yang berpasangan satu sama lain. Sehingga saat diberi lem, keduanya akan bertemu dan membentuk penyambungan yang kuat. Jenis sambungan ini bisa diterapkan pada mebel maupun bangunan interior.

Sambungan Bergigi

Sambungan dengan Pen Bulat (Dowel)

Sambungan pen bulat atau dowel merupakan salah satu jenis cara menyambung papan kayu yang banyak diterapkan. Tipe sambungan ini dihasilkan dengan memanfaatkan  alat sambung pen bulat atau dowel. Dowel memiliki ukuran diameter sekitar 2/5 hingga 3/5 dari tebal papan. Sedangkan panjang dowel berkisar mulai dari 2 hingga 2 ½ tebal papan yang akan disambung. Bagian dalam lubang sendiri diberi space khusus untuk penempatan lem.

Sambungan dowel

Tips Menyambung Papan Kayu

  1. Sebelum benar-benar menyambungkan kayu, lakukan penyusunan dulu untuk melihat arah perubahan kayu. Ini dilakukan agar dalam aplikasnya, Anda bisa mewujudkan penyambungan papan melebar yang berkualitas, datar, serta rata.
  2. Perhatikan karakter visual kayu. Salah satu yang harus Anda perhatikan adalah warna kayu. Jangan gunakan kayu dengan warna terang untuk kemudian langsung disambung dengan kayu berwarna gelap.
  3. Selain warna kayu, perhatikan juga pola serat kayu. Untuk hasil penyambungan yang baik, jangan sampai pola serat yang digunakan sangat berbeda antar satu papan kayu dengan yang lainnya.
  4. Gunakan selalu lem berkualitas dalam berbagai jenis penyambungan. Produk yang kami rekomendasikan adalah lem PVA Crossbond™.
CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here