Kenali Jenis Lem Kayu, dari Aibon hingga PVAc

0
543

Ada beragam jenis lem kayu yang tersedia di pasaran. Dari lem aibon hingga PVAc, semuanya memiliki fungsi dan karakter sendiri-sendiri.

Kenali berbagai jenis lem kayu
Kenali berbagai jenis lem kayu

Sebagaimana namanya, lem kayu adalah bahan yang digunakan untuk merekatkan kayu. Hingga hari ini, sudah tersedia begitu banyak produk pada kategori ini. Berdasarkan kecepatan keringnya, lem kayu bisa dibedakan atas:

  • Lem kayu cepat kering
  • Lem kayu lambat kering
Beli Cat Duco

Meski lem kayu lambat kering membutuhkan waktu relatif lama untuk digunakan, tetapi jenis ini biasanya memiliki daya rekat lebih tinggi. Hanya saja, sifatnya yang rentan terhadap air membuatnya tidak begitu bisa diandalkan pada kayu-kayu yang harus sering terpapar air.

Sedangkan berdasarkan bahan pembuatnya, lem kayu terbagi atas berbagai macam produk yang jumlahnya begitu banyak. Apalagi, mengingat setiap perusahaan memiliki formulasi sendiri-sendiri untuk membuat lem. Tetapi secara umum, berikut ini jenis-jenis lem kayu yang biasa ditemukan di Indonesia yang dibedakan atas bahan pembuatannya.

6 Jenis Lem Kayu yang Biasa Ditemukan di Indonesia

  • Lem Aibon

Lem Aibon pada dasarnya bukan khusus lem kayu. Selain kayu, lem ini juga dapat melekatkan melamin, beton, kulit, papan fiber, melamin, hingga karpet. Bahan yang digunakan berupa karet sintetis dan pelarut organik.

Cara penggunaannya cukup simpel karena hanya perlu direkatkan dan ditunggu 10 hingga 20 menit agar kering.

  • Lem sealant silicone rubber

Sebagaimana lem aibon, sealant silicone rubber juga tidak hanya dapat digunakan untuk merekatkan kayu. Tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk merekatkan karet, kanvas, plastik, hingga kaca. Biasanya produk ini digunakan untuk melekatkan kaca akuarium.

  • Lem ethyl cyanocrylate

Lem ethyl cyanocrylate atau yang juga sering disebut lem korea biasa digunakan untuk melekatkan kayu, logam, keramik, hingga plastik.

  • Lem Dextone Epoxy Adhesives

Salah satu contoh jenis lem kayu berbahan PVAc
Salah satu contoh jenis lem kayu berbahan PVAc

Sering disingkat sebagai lem dextone saja, produk ini sebenarnya terdiri atas dua komponen, yakni pengeras dan resin. Lem ini sebenarnya diformulasikan sebagai perekat besi. Namun Anda juga bisa memanfaatkannya untuk kayu hingga keramik.

  • Lem Polyurethane

Lem polyurethane adalah salah satu produk lem yang formulasinya ditujukan untuk produk perekat kayu. Jenis lem kayu ini dapat digunakan indoor maupun outdoor dan termasuk lem lambat kering. Produk ini membutuhkan 24 jam hingga akhirnya mengering.

  • Lem PVAc

Jenis lem ini bisa digunakan untuk merekatkan kayu, kertas, hingga koraltex. Bahkan dapat dimanfaatkan sebagai plamur tembok. Di pasaran, bila seseorang menyebut produk lem kayu, pada dasarnya yang dimaksud adalah lem PVAc atau polyvinyl acetate. Jenis lem ini paling direkomendasikan karena fungsi dan variannya beragam. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here