Hitung-hitungan Modal Usaha Mebel

0
139
modal usaha mebel

Berapa biaya modal usaha mebel sendiri? Usaha mebel adalah salah satu usaha yang prospektif di Indonesia. Ketersediaan kayu di negeri ini masih lebih baik dibanding banyak negara yang lain. Selain itu, masyarakat Indonesia masih memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap pelaku usaha lokal. Produk impor pun, meski ada, namun tidak merajai pasar Indonesia. Dengan demikian, ketatnya persaingan pada industri lain yang harus bertarung dengan perusahaan dari luar tak perlu dihadapi para pelaku usaha furniture Indonesia.

Namun demikian, bagi kebanyakan rakyat Indonesia, mendirikan usaha mebel bukan suatu persoalan mudah. Banyak orang yang juga bingung ketika harus memulai usaha ini. Nah, di artikel ini, kami akan membagikan perkiraan modal atau dana yang harus disediakan sebagai awalan usaha ini. Namun sebelumnya, Anda tentu juga harus tahu hal-hal apa saja yang masuk dalam pertimbangan penghitungan modal tersebut.

Hal-hal yang Harus Anda Pikirkan

Harga Alat-alat Dasar Woodworking

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah peralatan dasar untuk membuat furniture. Peralatan ini sangat beragam, mulai dari meja kerja, gergaji, alat clamp atau clamp press, kuas, roller, spray gun, dan lain sebagainya. Jenis alat yang Anda gunakan tentu saja tergantung dari bagaimana proses pembuatan mebel yang ingin Anda jalankan. Makin canggih, tentu alatnya pun semakin mahal. Karenanya, perhatikan aspek ini dengan cermat dan buatlah perencanaan yang sifatnya mendetail.

Bahan Baku Kayu dan Material Pokok lainnya

Biaya pembelian kayu dan bahan pokok lainnya sudah pasti tak bisa diabaikan begitu saja. Sebab bahan inilah yang menjadi material baku atas usaha Anda. Anda harus sudah menyiapkan dana untuk membeli kayu, rotan, atau bambu berdasarkan jenis dan banyaknya selama periode tertentu. Selama memperhitungkan harga bahan baku ini, usahakan juga untuk mendapatkan channel atau supplier yang bisa Anda andalkan untuk memperoleh kayu yang bagus dan harganya tidak kelewat mahal.

Bahan Pendukung

CS Lem Kayu

Selain bahan utama yang berupa kayu, dibutuhkan juga bahan pendukung untuk kebutuhan ini. Bahan pendukung mencakup semua material non kayu yang diperlukan untuk membuat mebel. Bahan ini bisa berupa:

  1. Bahan pengawet berupa insektisida dan fungisida kayu
  2. Bahan finishing atau cat
  3. Bahan perekat atau lem
  4. Bahan pemutih kayu atau wood bleaching
  5. Semir kayu sebagai produk perawatan mebel

Kesemua bahan tersebut memiliki fungsi sendiri-sendiri yang diperlukan untuk membuat mebel terbentuk dan berkualitas lebih baik. Wood bleaching, misalnya. Bahan ini berguna untuk membuat warna kayu menjadi lebih terang dan menutupi noda jamur stain. Selain itu wood bleaching juga memiliki fungsi khusus untuk menyeragamkan warna kayu. Penyeragaman warna ini sangat krusial untuk produksi mebel yang sama dalam jumlah yang besar.

modal usaha mebel (2)

Sewa Tempat

Anda juga perlu memperhatikan biaya sewa tempat apabila Anda tidak punya lahan sendiri. Tempat yang dimaksud bisa berupa tempat berjualan, tempat membuat mebel, atau tempat membuat mebel sekaligus untuk berjualan. Cari tahulah informasi biaya sewa tempat di area di mana usaha ini akan didirikan. Sebaiknya, Anda juga memperhatikan masalah transportasi (akses jalan) dan strategis tidaknya tempat tersebut. Pertimbangkan faktor-faktor ini dengan angka sewa tempat yang informasinya Anda kumpulkan.

Listrik

Komponen modal usaha mebel selanjutnya yang harus Anda pikirkan adalah biaya listrik. Tentu yang dimaksud biaya listrik bukan hanya biaya untuk menerangi tempat usaha saja. Sebagaimana yang kita tahu, dalam pembuatan mebel, sering digunakan alat-alat yang membutuhkan listrik. Misalnya saja untuk menghidupkan oven listrik untuk beberapa komponen mebel. Seberapa besar biaya yang harus dihabiskan untuk komponen ini tentu tergantung dari seberapa besar Anda menggunakan listrik.

Upah Karyawan

Kalau Anda merasa memerlukan karyawan, maka biaya upah karyawan ini sejak awal sudah harus Anda masukkan ke komponen modal usaha mebel. Jangan sampai Anda mengabaikan aspek ini. Sebab, belum tentu usaha Anda langsung laku dan Anda bisa menikmati keuntungan. Kalau sudah demikian, dengan apa Anda akan membayar upah buruh yang Anda pekerjakan? Bisa-bisa, Anda malah terkena masalah dan juga mendapat reputasi buruk gara-gara hal ini. Sebaiknya hitung dan siapkanlah upah karyawan selama 1 tahun.

Berapa Kisaran Modal Usaha Mebel?

Bila dihitung dari berbagai komponen di atas, perkiraan yang harus disiapkan sebetulnya tergantung dari lokasi Anda tinggal dan mendirikan usaha terkait. Misal, bila Anda tinggal di Jakarta, tentu biaya sewa tempat bisa sangat jauh lebih tinggi dibanding biaya sewa tempat di kota dan daerah lain di Indonesia.

Namun, sebagai gambaran kasar, Anda perlu menyiapkan angka 50 juta. Beberapa dari Anda mungkin bisa menekan angka 50 juta, dan beberapa yang lain malah perlu mengumpulkan lebih dari 50 juta. Sekali lagi, berbagai faktor termasuk tempat tinggal Anda memberikan pengaruh yang signifikan.

Kami Sedia Lem untuk Modal Usaha Mebel Anda!

lem kayu terbaik

Bio Industries merupakan perusahaan produsen dan penyedia berbagai bahan woodworking. Untuk usaha mebel Anda, kami juga menghadirkan berbagai bahan penyokong yang bisa Anda gunakan. Salah satu produk yang kami sediakan adalah lem Crossbond.

Lem Crossbond adalah lem dengan bahan dasar polyvinyl acetate atau PVAc. Lem ini bisa Anda pakai untuk pembuatan mebel aneka jenis mulai dari almari sampai tempat tidur.

Crossbond terdiri atas dua varian dengan fungsi masing-masing. Tipe pertama adalah Crossbond X3 yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan perekatan rangka. Misalnya untuk mengelem sambungan kayu. Sedangkan tipe kedua adalah Crossbond X4 yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan perekatan permukaan lebar. Misalnya untuk mengelem veneer dan kayu laminasi.

Crossbond X3 dan Crossbond X4 hadir denagn berbagai keunggulan seperti:

  1. Daya rekat kuat sehingga produk lebih kokoh
  2. Resisten dan tahan lama terhadap air, minyak, dan panas
  3. Mudah digunakan
  4. Kecepatan kering standar mesin yang ideal sehingga proses pengeringan menjadi pas dengan alur produksi mebel Anda
  5. Cover area luas sehingga pemakaian jauh lebih hemat. Solid content juga tinggi
  6. Lem eco friendly (aman dan juga ramah lingkungan)
  7. Harga yang lebih terjangkau dengan berbagai kualitas yang ditawarkan di atas

Lem ini akan mampu membantu Anda menciptakan mebel dengan kualitas unggulan meski modal usaha mebel Anda tidak banyak. Jadi, tunggu apalagi? Ayo segera pesan lem Crossbond sekarang juga. Kedua tipe Crossbond ini sekarang sudah bisa Anda beli secara online via lemkayu.net atau di toko daring langganan Anda.

Anda juga bisa berkunjung langsung ke Bio Service Point yang berlokasi di Jepara, Yogyakarta, dan juga Cirebon. CS dan teknisi kami pasti akan senantiasa menyambut Anda dengan ramah dan profesional.

Semoga bermanfaat dan sukses selalu!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here