Ini yang Menarik dari Kayu Merbau!

0
2569
kayu merbau

 

Apa yang menarik dari kayu merbau? Pada dasarnya kayu ini sama saja seperti kayu-kayu yang lain. Yang membuatnya istimewa adalah masuknya merbau dalam salah satu jajaran kayu-kayu dengan nilai komersil tinggi. Parket adalah produk utama yang biasa didapatkan dari kayu ini. Material yang berasal dari tumbuhan Kalimantan ini mampu membuat dunia terpesona dengan kualitas parket yang dihasilkan. Hal ini tak lepas dari aspek-aspek karakter bahan tersebut.

Karakter Kayu Merbau

Warna

kayu merbauPerbedaan antara bagian gubal dan teras tampak nyata/signifikan. Bagian gubalnya berwarna lebih muda dengan kesan kuning cerah. Sedangkan bagian terasnya (bagian dalam) berwarna lebih gelap dengan tipe warna coklat, coklat kemerahan, coklat kekuningan, dan abu-abu.

Tekstur

Agak kasar.

Permukaan

Terkesan licin ketika diraba.

Alur Serat

Pola serat menunjukkan arah yang bervariasi dengan dominasi serat lurus. Sedangkan pola lain yang nampak antara lain kombinasi.

Tingkat Keawetan dan Kekuatan

Kelas awet kayu merbau ada di level I dan II. Artinya secara umum kayu ini memiliki kualitas ketahanan hama yang baik. Sedangkan kelas kuat kayu berada di level II. Bisa disimpulkan bahwa merbau tergolong kayu yang tingkat keawetan dan kekuatannya bagus.

Tingkat Kekerasan

Sangat keras sehingga cocok digunakan sebagai bahan baku lantai kayu.

Kemudahan Pengolahan Merbau

Sukar diolah karena tingkat kekerasannya yang tinggi.

Produk-produk dari Kayu Merbau

Seperti yang telah dijelaskan di atas, parket merbau sudah melalang buana ke berbagai belahan dunia. Material ini disukai di negara-negara seperti Amerika, Eropa, dan Australia. Hal ini utamanya didukung oleh tingkat kekerasan merbau yang tinggi. Karakter tersebut membuatnya menjadi bahan decking yang sangat ideal.

Namun uniknya, tingkat kekerasan merbau yang tinggi tersebut juga menjadi hambatan untuk pemanfaatannya di bidang lain. Contohnya sebagai bahan baku pembuatan mebel atau furniture. Kayu ini sulit diolah seperti dipotong, diukir, dan berbagai tahapan pengerjaan lain. Perlu pengetahuan dan keahlian mengenai teknik yang tepat dalam mengerjakan merbau. Bila tantangan ini berhasil diatasi, tentu produk furniture yang dihasilkan akan sangat berkualitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here