Lem untuk Dek Kapal yang Tahan Lama, Crossbond X4 Jawabannya!

0
134
lantai dek kapal

Apa lem untuk dek kapal yang tahan lama? Terpapar panas, terkena beban berat manusia dan berbagai benda, sampai diguyur hujan dan terkena air asin merupakan berbagai faktor yang bisa menyebabkan ikatan lem yang awalnya kuat menjadi rusak. Karena itulah, sangat penting bagi kita untuk bisa menemukan lem yang kualitasnya benar-benar bagus untuk bagian seperti dek kapal.

Bahasan mengenai perekatan, percaya tak percaya, adalah bahasan yang tidak mudah. Secara awam, kita mungkin sekedar tahu bahwa ada bahan bernama lem yang bisa merekatkan dua atau lebih benda. Tetapi, bisakah Anda menjelaskan bagaimana cara atau proses hal tersebut bisa terjadi? Kenapa bisa sampai ada bahan yang dapat digunakan untuk membuat dua atau lebih benda menempel satu sama lain?

Secara kimiawi, jelas ada ikatan yang terjadi. Lem sebagai bahan perekat harus mampu menciptakan ikatan kimiawi antar media dan antar molekul lem sendiri. Dengan kata lain, ada dua ikatan yang krusial. Yang pertama adalah ikatan kohesi atau antar molekul lem, dan yang kedua adalah ikatan adesi, antar lem dengan media. Dua-duanya sama-sama penting. Coba saja bayangkan, bila lem hanya memiliki daya kohesi yang baik. Maka lem akan menempel pada media saja. Masing-masing lem yang dioleskan di media yang berbeda hanya menempel di medianya saja. Ketika media dipertemukan, tidak terjadi ikatan karena molekul lem tidak menciptakan ikatan satu sama lainnya.

Bisa Rusak karena Berbagai Faktor

CS Lem Kayu

Meskipun bahasan perekatan adalah bahasan yang rumit, namun dengan setidaknya mengerti bahwa perekatan adalah proses kimiawi, kita tentu bisa paham bahwa proses ini bukan proses “magic”. Ikatan kimiawi pun bisa rusak. Berbagai faktor yang bisa merusaknya antara lain adalah:

  1. Paparan air
  2. Paparan minyak
  3. Panas atau terik matahari
  4. Kelembaban
  5. dan lainnya

Kualitas suatu adhesive seringkali ditentukan oleh ketahanannya pada berbagai faktor tersebut. Lem yang awet didefinisikan sebagai lem yang mampu menciptakan ikatan yang stabil dan tidak mudah rusak terkena berbagai faktor di atas. Yang jadi persoalan, sebagaimana yang kita tahu, ada banyak kondisi di mana berbagai faktor tersebut begitu intens. Misalnya saja di area outdoor dan bahkan di alat transportasi seperti kapal. Nah, bahasan inilah yang akan menjadi tema untuk artikel ini. Kami akan membahas mengenai lem untuk dek kapal yang tahan lama.

Dek Kapal dan Segala Tantangannya

dek kapal

Dek kapal atau geladak kapal merupakan salah satu bagian dari sebuah bangunan kapal. Secara harafiah, ia adalah lantai kapal. Seringkali decking kapal tersebut terbuat dari bahan kayu. Bagian ini sangat menarik. Di antara berbagai jenis lantai yang kita kenal, barangkali lantai inilah yang ditempatkan pada kondisi yang paling tidak ideal. Sengatan matahari di laut jelas sangat panas, udara kering terus menerus menerpa, guyuran air asin yang sering terjadi, dan berbagai hal lainnya akan menimpa lantai tersebut. Karena itulah, di atas, kami ingin membahas mengenai perekatan untuk dek kapal ini. Alasan ringkasnya tentu saja karena bagian ini adalah bagian yang sangat heavy duty. Ikatan lem mendapat tantangan berat agar benar-benar stabil di dek kapal. Bila tidak? Sudah pasti geladak akan turut rusak di sana-sini yang bisa menurunkan kenyamanan dan keselamatan pengguna kapal.

Memilih Lem untuk Dek Kapal yang Tahan Lama

Faktor keawetan memang mau tidak mau harus diutamakan saat kita hendak membeli lem untuk pengeleman decking atau geladak kapal. Keawetan, seperti diterangkan di atas, adalah kemampuan lem menciptakan ikatan yang tidak mudah rusak terkena berbagai faktor perusak mulai dari air sampai panas matahari. Keawetan harus dibedakan dengan daya rekat. Lem yang bisa mengikat media dengan kuat, belum tentu stabil. Bisa saja lem tersebut sangat kuat tapi ketika terkena panas, ikatannya akan rusak. Sehingga proses perekatan pun gagal.

geladak kapal

Di lapangan memang ada sangat banyak lem yang bisa digunakan. Namun yang karakternya ideal untuk kebutuhan ini hanyalah Crossbond X4. Crossbond X4 adalah lem yang kami rekomendasikan di lemkayu.net karena keunggulannya dari aspek keawetan. Lem ini bisa dibilang lem heavy duty. Ia bisa digunakan untuk perekatan laminasi dalam kondisi yang tidak ideal mulai dari pemasangan decking dekat pantai, pemasangan parket, sampai untuk membuat garden furniture.

Bila dilihat dari formulasinya, adhesive ini berjenis PVA glue yang di pasaran sering disebut sebagai lem putih. Lem ini juga memiliki berbagai keunggulan lainnya sebagai lem untuk dek kapal yang tahan laman, antara lain memiliki:

  1. Daya rekat kuat
  2. Kecepatan kering lem yang ideal
  3. Aplikasi lem yang mudah dan jauh lebih hemat
  4. Sifat lem yang lebih ramah lingkungan
  5. Cover area luas
  6. Berat kering yang lebih tinggi

Cara Menggunakan Crossbond X4

Salah satu keunggulan Crossbond X4 dibanding lem lainnya yang bisa digunakan adalah proses pengerjaannya yang mudah. Lem ini bisa digunakan dengan cara yang lebih praktis dan efisien. Anda hanya perlu mengoleskannya di salah satu sisi media yang akan direkatkan saja. Padahal, kebanyakan lem harus dioleskan pada kedua media. Kondisi ini jelas membuat Crossbond X4 jauh lebih unggul dalam hal kemudahan dan kehematan aplikasinya.

Segera Pesan Crossbond X4 untuk Pemasangan Dek Kapal Anda

Yuk segera dapatkan Crossbond X4 sekarang juga untuk mewujudkan geladak kapal yang berkualitas. Crossbond sekarang sudah bisa dipesan secara online. Lem ini bisa Anda dapatkan dengan pemesanan secara langsung pada website ini. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pemesanan di berbagai marketplace yang menyediakan lem untuk dek kapal yang bagus ini.

Pembelian secara langsung juga bisa dilakukan, lho. Anda bisa mengunjungi kami di Bio Service Point. Bio Service Point terletak di Cirebon, Jepara, dan Yogyakarta. Jadi, bila Anda bertempat tinggal di sekitar area tersebut, jangan pernah sungkan untuk mengunjungi kami untuk bisa mendapatkan lem untuk dek kapal yang bagus ini.

Kesimpulan

Bisa disimpulkan bahwa masalah perekatan adalah masalah yang rumit. Namun secara sederhana, kita bisa memahaminya dari sudut pandang kimia. Misalnya, lem bisa diartikan sebagai media yang bisa membentuk ikatan kimiawi antara molekulnya dan antar molekul media dengan lemnya. Berbagai poin kualitas lem ditentukan oleh kualitas ikatan ini. Contohnya, dari segi ketahanan, kualitas lem ditentukan oleh kestabilan ikatan untuk tidak rusak ketika terpapar berbagai faktor mulai dari panas, air, sampai solvent. Namun seperti yang kita tahu, pada kenyataannya banyak produk yang diletakkan dalam kondisi yang bisa merusak ikatan lem. Misalnya saja dek kapal. Oleh sebab itulah dibutuhkan lem untuk dek kapal yang tahan lama. Produk lem yang bisa diandalkan untuk kebutuhan ini adalah Crossbond X4.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here