Cara Memasang Lantai Kayu di Teras Rumah

0
730
lantai kayu teras

Bagaimana cara memasang lantai kayu di teras yang terbuat dari semen? Yuk, baca cara dan tipsnya di bawah ini.

Memasang lantai kayu secara umum memang mahal. Harga per meter lantai kayu jauh lebih tinggi dibanding harga per meter lantai yang lain termasuk keramik. Sudah begitu, tak banyak juga penjual lantai kayu dan jasa yang bisa memasangkannya. Kombinasi atas berbagai hal inilah yang pada akhirnya membuat penggunaan lantai tersebut di masyarakat tergolong rendah. Menurut studi, kebanyakan orang Indonesia menggunakan lantai keramik dan semen, dibandingkan dengan lantai dari bahan lainnya.

Namun tentu saja bukan sebuah kesalahan bila Anda ingin memasang lantai tersebut. Kendala memang ada, namun solusi atas kendala tersebut pun pasti juga ada. Contoh, mengingat lantai ini secara umum lebih mahal, Anda bisa memasangnya di beberapa bagian di rumah saja. Pilih area rumah yang sekiranya paling pas dipasangi dengan lantai ini. Misalnya saja di teras. Mengapa teras?

  1. Meningkatkan keindahan fasad atau tampilan depan rumah Anda sehingga lebih organic dan natural
  2. Membuat teras yang biasa dipakai untuk bersantai terasa lebih cozy
  3. Cocok untuk teras yang di depannya adalah kebun yang asri. Jadi, area teras dan kebun akan terasa lebih menyatu satu sama lain.

Untuk pemasangannya, Anda tak perlu khawatir sama sekali. Silahkan baca langkah-langkah pemasangan kayu di bawah ini. Anda bisa memasangnya sendiri atau meminta bantuan tukang langganan Anda. Mereka yang profesional di bidang konstruksi pasti tak akan menemukan kesulitan besar untuk melakukan cara di bawah ini. Yang jelas, pastikan dulu teras Anda adalah lantai semen.

Tutorial Memasang Lantai Kayu di Teras Rumah

  1. Lap atau pel untuk membersihkan lantai
  2. Air serta pembersih lantai
  3. Lem Crossbond X4
  4. Lantai kayu
  5. Kuas untuk aplikasi lem
  6. Paku
  7. Bor atau pukul

Mengapa Crossbond X4

CS Lem Kayu

Di atas secara khusus kami menyarankan penggunaan Crossbond X4 untuk memasang lantai kayu di teras rumah. Crossbond X4 adalah lem dari jenis laminasi. Lem ini bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan perekatan lebar. Sebagai contoh, selain bisa digunakan untuk merekatkan lantai kayu, lem ini juga bisa digunakan untuk merekatkan lantai decking dalam kondisi yang tidak ideal seperti di dekat kolam renang atau pantai.

Namun tentu saja, dari segala keunggulannya itu, salah satu kelebihan utama lem ini adalah sifatnya yang bisa digunakan dengan mudah bahkan oleh orang awam sekalipun. Tak perlu ada bahan atau alat khusus yang dibutuhkan untuk menggunakan lem ini. Pun begitu dalam aplikasinya untuk memasang atau instalasi lantai kayu juga tak butuh peralatan khusus.

Langkah-langkah Memasang Lantai Kayu di Teras Rumah

  1. Pertama-tama, Anda harus membersihkan lantai semen terlebih dahulu. Lantai wajib berada dalam kondisi bersih dan kering sebelum diolesi lem untuk kemudian dipasangi dengan lantai kayu. Gunakan pel dan pembersih lantai yang sudah Anda siapkan. Selanjutnya, tunggu lantai mongering dengan baik.
  2. Ukur dulu area teras Anda. Tentukan jumlah potongan lantai yang diperlukan untuk melingkupi seluruh area teras tersebut.
  3. Mulailah memasang lantai kayu di salah satu sisi teras yang paling belakang atau tersembunyi, aplikasikan lem Crossbond X4 (lihat gambar ilustrasi)
  4. Stop mengoleskan lem, dan tempelkan potongan lantai kayu yang Anda siapkan
  5. Lakukan terus sampai keseluruhan lantai terlapisi potongan kayu
  6. Anda bisa melakukan pemakuan di bagian pojok lantai bila dirasa perlu. Sedangkan untuk daerah yang perlu bentuk khusus, potonglah dulu potongan lantai kayu Anda agar bentuknya sesuai

Mudah bukan? Saat pertama kali memasang lantai, Anda mungkin merasa sangat canggung dan tidak yakin. Bukan tak mungkin hasil kerja Anda tak rapi. Tapi Anda tak perlu khawatir, sebab lama kelamaan Anda pasti akan mahir dengan cepat. Sebab cara ini pun sejatinya tidak sulit sama sekali.

lantai kayu teras (2)

Tips

Memasang lantai kayu di teras rumah pada dasarnya bukan sebuah pekerjaan yang sulit. Tapi agar hasil pemasangan Anda lebih rapi, simak beberapa tips di bawah ini.

  1. Lakukan pengukuran dengan cermat. Apalagi untuk area di mana lantai kayu perlu dipotong. Gunakanlah alat pemotong kayu yang masih baik supaya hasil pemotongannya rapi
  2. Jangan lupa untuk membersihkan noda lem pasca pemasangan lantai. Noda bisa dibersihkan dengan cara dicungkil saat kondisinya setengah kering (seperti gel)
  3. Agar lantai lebih awet, lakukan perawatan secara berkala dengan semir kayu. Atau, terapkan bahan finishing yang bagus seperti pernis bening berbahan dasar PU.

Bisa Digunakan Jasa Pasang Kayu Profesional

Mengenai lem yang kami sediakan, Crossbond X4 juga bisa Anda pakai selaku penyedia jasa pemasangan lantai kayu lho. Sebab lem ini pun memiliki kriteria ideal sebagai lem untuk kebutuhan usaha. Lem ini memiliki kualitas yang baik dengan harga yang lebih terjangkau dan pemakaian yang jauh lebih hemat. Crossbond X4 juga memiliki reputasi yang sangat baik sebagai lem yang aman dan ramah lingkungan. Dan yang pasti, Crossbond X4 sangat bisa digunakan untuk:

  1. Pemasangan lantai dek yang sering terkena paparan kelembaban dan sengatan matahari yang terik
  2. Pemasangan berbagai jenis lantai kayu di area yang tidak ideal, misalnya di sekitar kolam renang dan di dekat kebun yang lembab.

Karenanya, selalu andalkan lem ini untuk kebutuhan usaha Anda. Usaha pemasangan lantai lain telah menggunakannya! Kapan Anda akan menyusul?

Segera Pesan Crossbond X4 Sekarang

Untuk pemesanan, sekarang Anda bisa membeli dengan 3 opsi atau pilihan:

  1. Pembelian secara langsung di Bio Service Point. Caranya sangat mudah, Anda tinggal berkunjung ke Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Cirebon, dan juga Jepara. Selain bisa membeli lem ini, Anda juga bisa membeli bahan woodworking untuk lantai lainnya termasuk top coat tahan lama untuk lantai kayu dan dek.
  2. Pembelian secara langsung di lemkayu.net. Anda bisa menghubungi nomor hotline kami untuk kemudian dipandu CS dalam tahapan pemesanan yang berlaku.
  3. Pembelian secara online di berbagai marketplace. Caranya tentu mengikuti prosedur tiap toko daring terkait. Kami secara khusus menyediakan opsi pembelian ini karena kami tahu banyak pembeli yang sudah berlangganan dan terbiasa belanja di online shop. Anda bisa langsung menghubungi official store kami atau via agen kami yang dekat dengan alamat Anda saja supaya ongkos kirimnya lebih murah.

Yuk, segera beli Crossbond X4 untuk memasang lantai kayu di teras rumah. Baik masyarakat awam ataupun dari pihak jasa pasang kayu, Anda selalu bisa menggunakan lem berkualitas ini.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here