Kelebihan dan Kekurangan Taco Sheet

    0
    89
    taco sheet

    Taco sheet menjadi salah satu pelapis yang cukup populer di Indonesia. Bagaimana kelebihan dan kekurangan bahan ini dalam industri woodworking?

    Terdapat beragam cara untuk finishing sebuah produk furniture. Selain menggunakan cat, kita juga bisa melakukannya dengan bahan pelapis.

    Dulu, bahan pelapis yang digunakan adalah veneer. Secara definisi, veneer merupakan lembaran kayu yang sangat tipis. Umumnya veneer dibuat dari kayu-kayu yang populer. Veneer kemudian ditempel pada mebel yang terbuat dari kayu non-populer.

    Misalnya, veneer jati yang ditempelkan pada jabon atau kayu olahan. Dengan cara ini, furniture akan lebih laku di pasaran.

    Di era sekarang, pemakaian veneer telah banyak digantikan oleh pelapis-pelapis sintetis. Umumnya, produk pelapis tersebut terbuat dari bahan serupa plastik. Salah satu pelapis sintetis yang cukup populer adalah taco.

    Kelebihan Taco Sheet

    1. Murah dan Mudah Diaplikasikan

    Kelebihan utama taco terletak pada harganya yang cukup ekonomis. Dibanding pelapis lain seperti High Pressure Laminate dan veneer, harga produk ini lebih terjangkau.

    Selain itu, bahan taco juga cukup mudah untuk diaplikasikan. Hanya saja diperlukan lem khusus untuk menempelkannya seperti Eva Phaethon.

    eva phaethon

    2. Warna Bervariasi

    Taco tersedia dalam tampilan yang sangat variative. Selain itu, taco tersedia warna-warna pastel, warna kayu, hingga warna metalik. Terdapat motif plain atau polos, floral, garis-garis, hingga polkadot.

    3. Cocok untuk Mebel Modern

    Kelebihan taco sheet lainnya terletak pada tampilannya yang secara umum cocok dengan furniture modern. Warna-warnanya yang solid dan kilau agak tinggi bisa diaplikasikan pada mebel dengan gaya modern atau kontemporer.

    Namun, tentu saja pemilihannya harus dilakukan dengan ketat. Sebab tidak semua warna atau polanya bisa mendukung pembuatan furniture.

    4. Cocok dengan Kayu Olahan

    Keberadaan taco cocok digunakan sebagai pelapis kayu olahan. Sebagaimana yang kita tahu, kayu olahan adalah kayu yang dibuat dari serpih atau serbuk yang tidak digunakan lagi. Kayu seperti ini dibuat untuk menyediakan supply bahan dengan bentuk tertentu, tersedia tetap, dan jumlahnya ekonomis.

    Namun demikian, tetap memiliki kekurangan dalam hal estetika. Padahal aplikasi cat yang berwujud cairan sulit dilakukan pada bahan yang porositasnya besar ini.

    Tersedianya taco yang berupa pelapis lembaran bisa digunakan untuk finishing kayu olahan. Apalagi harga produk ini pun sama ekonomisnya.

    5. Bertekstur

    Salah satu keunggulan taco dibanding bahan pelapis yang lain adalah adanya tekstur di permukaannya. Tekstur membuat pelapis sintetis ini terasa lebih nyata.

    Coba bandingkan saat Anda duduk menghadap meja dengan pelapis bertekstur dengan yang tidak. Meja dengan pelapis bertekstur akan terasa lebih berkelas dan mahal dibanding yang tanpa tekstur sama sekali. Apalagi bila tekstur pelapis bisa menyerupai tekstur kayu alami.

    produk taco sheet

    Kekurangan Taco Sheet

    Meskipun memiliki kelebihan yang cukup banyak, namun pelapis ini juga memiliki beberapa kekurangan yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Berikut ini adalah 3 kelemahan produk finishing tersebut.

    1. Warna Mudah Memudar dan Menguning

    Pilihan tampilan pelapis ini memang cukup beragam. Bahkan variasi tampilannya menjadi salah satu keunggulan produk ini.

    Sayangnya, warna yang dimiliki taco kurang tahan lama. Warna cenderung mudah pudar dibanding pelapis seperti High Pressure Laminate. Umumnya, warna pada coating ini akan semakin menguning dan kusam.

    2. Tidak Tahan Panas dan Mudah Koyak

    Taco sheet bukanlah pelapis seperti High Pressure Laminate yang memiliki ketahanan terhadap panas. Sebaliknya, pelapis ini justru kurang tahan terhadap panas.

    Kekurangan ini membuat pelapis taco tidak direkomendasikan untuk pembuatan kitchen cabinet. Apalagi untuk kitchen cabinet yang langsung digunakan untuk meletakkan atau dekat dengan kompor.

    Memaksakan penggunaannya justru sangat berbahaya. Kebakaran bisa terjadi dimulai dari percikan api pada pelapis tersebut.

    Selain itu, produk ini juga lebih mudah koyak sehingga pemakaiannya harus lebih hati-hati kecuali Anda ingin merusak produk tersebut.

    3. Tekstur Terkesan Sintetik

    Dibanding beberapa pelapis sintetik, bahan coating ini memang didesain dengan suatu tekstur tersendiri. Adanya tekstur tersebut membuat pelapis terkesan lebih baik dan cukup indah.

    Sayangnya, tekstur produk masih terkesan sintetik. Apalagi dibanding pelapis natural seperti veneer dan permukaan kayu alami seperti kayu solid.

    Kekurangan ini bagaimanapun juga harus diperhatikan bagi mereka yang ingin memperoleh feel natural dari mebel yang dimilikinya. Sebab meskipun tidak terlihat mata, namun kesan raba tetaplah tak bisa diabaikan.

    Gunakan Taco Sheet Sesuai Kebutuhan Anda

    Sama seperti veneer, HPL, ataupun deco sheet, taco pun memiliki kelemahan dan keunggulannya tersendiri. Penting bagi pengguna untuk memerhatikan poin-poin tersebut. Dus, tidak terjadi kekecewaan setelah pembelian dilakukan.

    Putuskanlah membeli atau tidak produk ini berdasarkan keperluan pribadi atau usaha Anda. Contoh, untuk membuat produk murah, pemakaian taco cukup menguntungkan. Ragam tampilannya banyak dan aplikasinya juga tidak sulit untuk dilakukan.

    Namun di sisi lain, jangan berharap estetika produk bisa terus terjaga. Sebab salah satu kekurangan utama taco sheet terletak pada estetikanya yang mudah rusak seiring berjalannya waktu.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here