Ini Lem yang Bagus untuk Tripleks

0
181

Banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan, tripleks harus sering dilem dengan perekat yang bagus untuk mendukung berbagai keperluan tersebut. Di pasaran sendiri, telah tersedia banyak lem untuk tripleks. Tetapi, manakah lem yang bagus untuk kayu lapis tersebut?

Mengenal Tripleks

Dari berbagai jenis kayu olahan, kayu lapis pastilah salah satu yang banyak digunakan. Kayu lapis adalah kayu yang dihasilkan dari tumpukan atau pelapisan lapisan sangat tipis kayu dengan pola serat yang didesain berlawanan antar satu lapisan dengan lapisan yang lain. Kayu-kayu seperti ini mampu menyediakan material dengan permukaan lebar, sesuatu yang tak bisa dihadirkan oleh kayu solid. Pemakaiannya telah diterapkan untuk berbagai kebutuhan baik untuk konstruksi ataupun untuk mebel.

Salah satu tipe kayu lapis yang paling terkenal adalah tripleks. Anda tentu sering bukan mendengar istilah ini disandingkan dengan multipleks? Pada dasarnya perbedaan antara keduanya hanya terletak pada jumlah lapisannya saja. Tripleks memiliki jumlah lapisan yang lebih sedikit dibandingkan dengan multipleks dan karenanya secara umum harganya lebih terjangkau.

Butuh Lem dengan Kualitas yang Baik

Dalam pemanfaatan tripleks, ada banyak alat dan bahan yang dibutuhkan. Namun satu dari sekian banyak alat dan bahan yang dibutuhkan tersebut, lem menjadi salah satu yang paling krusial. Hati-hatilah saat memilih lem untuk tripleks. Tipe pengeleman pada tripleks berbeda dengan tipe pengeleman pada bahan lainnya. Tidak semua lem kayu bisa digunakan untuk merekatkan bahan ini. Lem yang kami rekomendasikan secara khusus untuk pengeleman kayu lapis secara umum dan tripleks secara khusus adalah lem Crossbond X4.

fungsi kayu lapis

Crossbond X4: Lem yang Bagus untuk Tripleks

CS Lem Kayu

Seperti dijelaskan di atas, lem yang kami sarankan untuk kebutuhan ini adalah Crossbond X4. Crossbond X4 kami sarankan karena:

Pertama, Merupakan Lem Laminasi

Kebutuhan pengeleman membutuhkan jenis lem yang berbeda-beda. Untuk pengeleman media yang luas, dibutuhkan adhesive khusus dengan jenis lem laminasi. Tripleks secara umum merupakan media luas yang dalam pemanfaatannya membutuhkan jenis lem laminasi. Crossbond X4 sendiri merupakan lem berjenis laminasi. Lem ini secara khusus didesain untuk perekatan permukaan lebar. Selain bisa digunakan untuk perekatan tripleks, lem ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan pengeleman laminasi yang lain mulai dari pemasangan lantai kayu, pengeleman dinding kayu, pengeleman veneer, dan kebutuhan serupa lainnya.

Kedua, Memiliki Daya Rekat yang Kuat

Crossbond X4 merupakan lem berbasis polyvinyl acetate atau PVAc. Di pasaran, lem PVA atau PVAc dikenal sebagai salah satu adhesive kayu yang memiliki daya rekat kuat. Namun demikian, secara keseluruhan, kualitas lem PVA pasti berbeda antara satu merk dengan merk yang lain. Sebab, tiap produk pasti punya formulasi khusus terlepas dari bahan dasarnya yang sama.

Sebagai lem PVA, Crossbond X4 didesain secara khusus dengan inner cross linker modifier yang membuat ikatannya lebih baik dibanding lem PVA lain. Lem ini mampu membentuk ikatan rangkap ganda yang akan membuat perekatan lebih kokoh. Daya rekat sendiri sangat penting untuk tiap perekatan permukaan lebar laminasi. Sebab pada tipe perekatan ini, bidang yang ditempelkan lebih luas dibanding perekatan tipe lainnya.

Ketiga, Ikatan Tak Mudah Rusak

Keunggulan berikutnya lem yang bagus untuk tripleks ini terletak pada ikatannya yang tidak mudah rusak. Ikatan adhesive yang dihasilkan Crossbond X4 tetap akan stabil meski terpapar berbagai faktor yang bisa merusaknya mulai dari air, panas, kelembaban, sampai solvent. Dengan demikian, perekatan akan bisa diandalkan untuk kebutuhan yang tidak ideal sekalipun, termasuk untuk perekatan laminasi yang produknya didesain untuk outdoor. Crossbond X4 sendiri memang bisa digunakan untuk kebutuhan yang “heavy duty atau keras” seperti untuk perekatan lantai dekat kolam renang, perekatan lantai kayu dekat pantai, dan sampai perekatan mebel taman (garden furniture).

lem untuk dinding kayu

Keempat, Cepat Kering

Keunggulan keempat lem yang bagus untuk tripleks ini terletak pada kecepatan keringnya yang ideal. Dengan kecepatan kering yang ideal, proses perekatan akan lebih hemat waktu dan tenaga. Secara umum, hal ini akan membuat budget produksi lebih hemat dengan jumlah produksi makin besar. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan baik saat produksi mebel ataupun konstruksi pun akan menjadi lebih banyak.

Kelima, Tidak Tebal

Yang kelima, adhesive ini tidak akan menyebabkan lapisan yang tebal. Perhatikan, beberapa lem di pasaran cenderung menyebabkan lapisan yang tebal. Lem-lem seperti ini, adakalanya memang kuat namun sama sekali tidak cocok untuk pengeleman laminasi. Adhesive seperti itu akan membuat hasil pengeleman laminasi menjadi tidak rapi dan terlihat tidak natural.

Crossbond X4 sebagai lem yang bagus untuk kayu lapis didesain khusus agar bisa memberikan ikatan yang kuat tanpa menyebabkan lapisan yang tebal. Aplikasi pelapis atau aplikasi kayu lapis pada media lain akan menjadi lebih baik dan terlihat rapi.

Tidak Merusak Estetika (Warna)

Selain tidak tebal, adhesive ini juga tidak merusak warna produk. Artinya, ketikka diaplikasikan, Anda tak perlu khawatir akan munculnya kerusakan warna di area penyambungan. Meskipun sepertinya hal ini sepele, namun karakter ini sangat penting. Banyak pelaku usaha mebel dan konstruksi yang sering direpotkan dengan lem yang cenderung menyebabkan warna sehingga estetika produk menjadi berkurang.

Jauh Lebih Aman Digunakan

Lem yang bagus untuk tripleks ini juga lebih aman digunakan dibanding adhesive yang lain. Crossbond dengan formulasi PVA memanfaatkan bahan dasar yang secara umum diakui keamanannya. Seperti yang kita tahu, dari sejarahnya, lem PVA telah didapu sebagai salah satu lem dengan tingkat keamanan yang baik. Penggunaan Crossbond X4 pun bisa diterapkan untuk kebutuhan yang membutuhkan tingkat keamanan yang tinggi. Misalnya untuk pembuatan produk mebel makan seperti meja makan, lemari makan, serta kitchen set.

Cepat Kering

Adhesive ini merupakan adhesive yang memiliki tingkat kecepatan kering yang sangat ideal. Dengan begitu, penggunaannya akan membuat proses pengerjaan menjadi lebih cepat. Produk yang dihasilkan dalam alur produksi pun akan menjadi lebih banyak dan tenaga serta waktu untuk menghasilkannya bisa lebih dihemat.

Mudah Digunakan dan Lebih Praktis

Lem yang bagus untuk tripleks ini juga unggul dari aspek kemudahannya digunakan. Lem ini sangat mudah dipakai dan juga praktis. Crossbond X4 bisa diterapkan secara manual ataupun dengan mesin-mesin woodworking canggih. Selain itu, lem ini juga lebih praktis karena dalam penggunaannya hanya perlu diaplikasikan pada salah satu permukaan media saja.

furniture kayu lapis

Hemat dan Murah

Yang terakhir tapi tak kalah penting, adhesive ini dikenal sebagai lem yang murah sekaigus hemat digunakan. Crossbond X4 diformulasikan dengan solid content atau berat kering yang tinggi dengan cover area yang luas. Dengan demikian penggunaannya akan lebih hemat. Hal ini lebih menarik dengan nominal harga adhesive yang juga lebih terjangkau dibanding dengan kualitas yang ditawarkannya. Dengan berbagai kelebihan termasuk dari aspek harga inilah Crossbond X4 menjadi rekomendasi lem yang bagus untuk tripleks.

Kesimpulan

Kayu lapis terdiri atas berbagai tipe. Salah satunya adalah tripleks yang lebih tipis dibandingkan multipleks. Dalam kehidupan kita, tripleks sering diandalkan untuk berbagai kebutuhan. Dan untuk mendukung fungsi tripleks tersebut, dibutuhkan lem dengan kualitas yang baik. Lem yang kami sarankan untuk kebutuhan tersebut adalah Crossbond X4. Didesain sebagai lem laminasi yang memiliki berbagai kelebihan mulai dari daya rekat sampai ketahanan, adhesive ini akan membuat pemanfaatan tripleks lebih optimal.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here