Jangan Ragu: Ini Lem untuk Blockboard yang Paling Bagus!

0
639
blockboard (2)

Salah satu kayu olahan yang paling banyak digunakan, blockboard pasti salah satu di antaranya. Namun dalam penggunaannya, hampir selalu dibutuhkan lem dengan kualitas yang baik. Persoalannya, ada sangat banyak produk dan merk lem yang dijual di pasaran. PR kita adalah menentukkan mana di antara lem tersebut yang merupakan lem untuk blockboard yang paling bagus.

Apa itu Blockboard?

Anda mungkin tahu bahwa istilah blockboard masih kalah populr dibanding plywood. Padahal, keduanya sama-sama merupakan kayu olahan dengan fungsi yang beragam. Blockboard sendiri dari definisinya bisa dianggap sebagai engineered wood yang dibat dari potongan kayu sempit yang ditata satu sama lain sehingga membentuk papan lebar. Berikutnya, bagian atas serta bagian bawah potongan kayu yang sudah disatukan tersebut dilapisi dengan veneer.

Salah satu contoh produk blockboard yang paling banyak digunakan adalah teakblock atau biasa juga disebut dengan nama tikblok. Teakblock sebagaimana namanya adalah blockboard yang dibuat dengan pelapis veneer jati. Teakblock menjadi tipe blockboard yang sangat populer sebab bisa memberikan tampilan menawan jati namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Fungsi Blockboard

Sebagaimana kayu olahan lainnya, kayu ini pun bisa digunakan untuk berbagai bidang. Misalnya saja, dalam pembuatan mebel, papan blockboard bisa dipakai untuk membuat bagian atas meja. Produk ini juga bisa digunakan untuk membuat sisi-sisi almari sebagaimana kayu lapis. Sedangkan dalam bidang konstruksi, blockboard bisa digunakan untuk membuat berbagai elemen bangunan, khususnya interior. Misalnya untuk membuat dinding dan pintu dalam ruangan. Mengapa demikian? Sebab umumnya, blockboard yang tersedia di pasaran dibuat dengan lem indoor.

blockboard
CS Lem Kayu

Secara sekilas, blockboard mirip dengan kayu lapis atau plywood. Tapi bila dibandingkan, terdapat beberapa poin yang membedakan keduanya, antara lain:

  1. Level kekuatan yang berbeda. Blockboard umumnya lebih rendah kekuatannya dibanding kayu lapis.
  2. Sebagaimana disebut di atas, kayu ini kurang tahan terhadap suasana outdoor
  3. Biasanya permukaannya lebih halus
  4. Strukturnya sangat brbeda dengan plywood yang bisa dibilang merupakan tumpukan papan kayu tipis yang ditumpuk satu sama lain.

Perlunya Lem untuk Blockboard yang Bagus

Digunakan untuk mebel atau bangunan, bagaimanapun juga blockboard butuh dukungan lem yang bagus dalam aplikasinya. Lem yang dipilih harus spesifik. Lem harus berasal dari jenis lem yang tepat, daya rekatnya baik, tidak mudah rusak, tidak menyebabkan bau, dan lain sebagainya. Penasaran apa lem yang cocok untuk kayu olahan ini?

Ini Lem yang Bagus untuk Blockboard

Memang memilih lem yang bagus di pasaran untuk blockboard adalah sebuah tantangan tersendiri seperti dijelaskan di atas. Malah, sebetulnya memilih lem untuk tiap kebutuhan adalah tantangan tersendiri juga. Kita toh tidak bisa sembarangan membeli lem yang dijual. Bila kita sembarangan, hasilnya bisa sangat merugikan.

Khusus untuk blockboard ini, lem yang dipakai pun harus spesifik seperti telah dijelaskan sebelumnya. Kita harus memperhatikan keseluruhan karakter bahan tersebut. Blockboard adalah bahan organik. Bahan ini membentuk papan lebar sebagaimana plywood. Tetapi, kayu lapis atau plywood memiliki daya yang lebih baik. Dalam aplikasinya sendiri, blockboard sering dipakai untuk kebutuhan papan lebar.

Dari fakta di atas secara umum, lem yang dibutuhkan adalah lem PVA berjenis laminasi. Lem PVA adalah lem berbasis polyvinyl acetate. Di pasaran, biasanya lem ini disebut sebagai lem kayu atau lem putih. Adhesive ini secara umum dinilai sebagai adhesive paling baik untuk perekatan bahan kaya selulosa seperti kayu. Sedangkan pemilihan jenis lem laminasi ditentukan dengan memperhatikan fakta bahwa bahan ini berupa papan lebar. Perekatan yang dilakukan pun umumnya perakatan papan lebar. Jadi lem yang dibutuhkan memang adhesive berjenis laminasi.

Untuk kebutuhan ini, tidak bisa tidak lem yang paling bagus diandalkan adalah Crossbond X4. Mengapa Crossbond X4 adalah lem untuk blockboard yang paling bagus? Berikut ini penjelasannya.

  1. Pertama, lem ini memiliki jenis yang tepat untuk blockboard seperti dijelaskan di atas. Lem ini adalah lem PVA berjenis laminasi.
  2. Kedua, adhesive ini memiliki daya rekat yang sangat baik. Crossbond X4 mampu memberikan ikatan sangat kuat untuk perekatan papan lebar blockboard.
  3. Ketiga, lem ini sangat tahan lama. Lem untuk blockboard yang paling bagus ini bisa menciptakan ikatan lem yang tidak mudah rusak terkena panas, air, hingga siraman minyak.
  4. Keempat, lem ini punya kecepatan kering yang sangat ideal.
  5. Kelima, lem ini hemat dan harganya murah. Apalagi ketika dibandingkan dengan kualitasnya yang memang sangat baik.
  6. Keenam, lem ini aman digunakan. Jadi para pekerja yang menggunakan blockboard tak perlu khawatir dengan kesehatannya.
  7. Ketujuh, lem ini bisa dibeli secara online. Penasaran bagaimana caranya? Di bawah ini akan kami jelaskan.
pintu blockboard
pintu blockboard

Segera Beli dan Nikmati Keuntungan Crossbond X4!

Ayo segera pesan dan dapatkan Crossbond X4. Seperti dijelaskan di poin tujuh, salah satu keunggulan lem ini terletak pada proses pembeliannya yang makin mudah sekaligus modern. Adhesive ini bisa dibeli secara online di situs ini sekarang juga. Hubungi saja CS kami untuk tahapan pembelian berikutnya. Yang jelas, setelah proses clear, kami akan memastikan pemesanan Anda segera diproses dan dikirim.

Berikut ini gambaran besar cara pemesanan adhesive Crossbond X4:

  1. Mengirimkan keterangan pembelian. Keterangan berisi nama pemesan, produk yang dipesan (dalam hal ini lem Crossbond X4), jumlah produk yang dipesan, kuris pengiriman, dan alamat pengiriman.
  2. CS akan membuatkan Anda invoice. Terdapat tagihan pembayaran yang harus Anda lunasi. Keseluruhan biaya sendiri mencakup harga lem untuk blockboard, Crossbond X4 dan ongkos kirim. Biaya ongkos kirim tergantung pada kurir yang Anda pilih. Kami akan mengkonfirmasi bisa tidaknya jasa pengiriman yang Anda pilih digunakan.
  3. Setelah itu, lakukan pembayaran sesuai dengan tagihan pada invoice. CS juga akan mengirimkan nomor rekening pada Anda sebagai tujuan transfer.
  4. Kirim bukti pengiriman pada kami via WA atau email
  5. Kami akan segera memroses pengiriman produk Anda. Kami juga akan membantu Anda memastikan kurir pengiriman bekerja dengan baik sampai produk tersebut Anda terima.

Ingin membeli secara langsung? Pembelian secara langsung juga bisa Anda lakukan lho. Caranya mudah. Anda hanya pelru berkunjung ke kantor kami, baik itu di Jepara, Cirebon, atau Yogyakarta. Service point kami senantiasa menyediakan lem untuk blockboard yang paling bagus tersebut. Customer Service dan teknisi kami juga selalu siap memberikan berbagai informasi berguna seputar penggunaan adhesive Crossbond X4.

Demikian! Semoga bermanfaat ya. Update terus artikel dari kami selanjutnya di lemkayu.net. Terdapat berbagai tutorial dan informasi seputar dunia perekatan kayu menarik lainnya yang selalu bisa Anda dapatkan di sini.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here