Info Lengkap Lem untuk Besi dari Merk sampai Harganya

0
180
lem besi

Selain kayu, plastik, dan lain sejenisnya, besi pun membutuhkan perekatannya sendiri. Dibutuhkan lem untuk besi yang kualitasnya baik dan juga tahan lama. Apa saja ya merk lem seperti itu di pasaran yang bisa diandalkan?

Perekat dibutuhkan di hampir semua bahan yang kita kenal. Lihat saja berbagai benda di sekitar Anda, mulai dari meja, kursi, hingga bangunan rumah Anda pun memerlukan lem atau bahan perekat. Kita membutuhkan lem untuk merekatkan kertas, adhesive untuk menyatukan bambu, hingga lem untuk menyambungkan benda dengan bahan dasar plastik. Bahkan barang yang tak disangka membutuhkan lem pun ternyata juga memerlukan produk tersebut. Contohnya saja besi.

Ya, siapa sangka bahwa besi pun memerlukan perekatnya sendiri? Sering, orang mengasosiasikan produk lem atau bahan perekat dengan kertas, kayu, bambu, dan lain sejenisnya. Jarang orang yang mengerti bahwa pada satu waktu, besi pun perlu direkatkan satu sama lainnya.

Namun, lem besi pun tak sekedar bisa dipakai untuk besi saja. Selain bisa digunakan pada besi, adhesive dari jenis ini biasanya juga bisa digunakan pada:

  1. Berbagai jenis logam non besi
  2. Alumunium
  3. Aneka produk atau komponen stainless steel
CS Lem Kayu

Sama seperti lem kertas, lem ini seyoganya juga dimiliki oleh tiap rumah tangga. Sebab, acapkali kita memiliki produk dengan bahan logam atau stainless steel. Produk dari bahan tersebut bukan tak mungkin mengalami kerusakan. Dan dengan lem untuk logamlah, kerusakan seperti itu kadang kala bisa diatasi.

Selain untuk kebutuhan rumah tangga, lem ini juga sering dibutuhkan untuk keperluan usaha, misalnya untuk membuat kerajinan dari logam. Dalam hal ini, lem tentunya akan memberikan pengaruh besar pada kualitas akhir sebuah produk. Lem akan memengaruhi kekuatan, keawetan, hingga estetika produk tersebut.

Penggunaan Lem untuk Besi

Seperti dijelaskan di atas, lem untuk kebutuhan ini bisa dipakai untuk memperbaiki bagian besi atau logam pada kendaraan, mengelem komponen mebel yang sama-sama terbuat dari besi (atau salah satunya), hingga mengelem rangka atau konstruksi bangunan yang terbuat dari material tersebut.

Untuk perbaikan rak stainless steel, misalnya, lem ini bisa digunakan. Pernah, bukan, Anda membeli produk rakitan seperti rak sepatu hingga jemuran? Tak jarang, karena cuma disambungkan dengan skrup kecil, rakitan menjadi kurang kokoh. Untuk memperkokohnya Anda bisa mengaplikasikan lem seperti ini. Anda bahkan bisa memperbaiki rangka atau frame kacamata yang rusak dengan bahan ini. Jadi, Anda tak perlu serta merta ganti dengan kacamata baru saat yang lama rusak.

Tips Penting Memilih Lem Besi

Jangan sembarangan memilih lem untuk kebutuhan ini. Bagaimanapun juga, harus diakui bahwa perekatan besi bukanlah suatu pekerjaan sepele. Beda yang memiliki bobot seperti besi sudah barang tentu tak bisa dilem satu sama lain dengan mudah. Karenanya, gunakanlah beberapa tips di bawah ini saat memilih lem untuk kebutuhan tersebut.

  1. Pertama belilah lem yang memang cocok digunakan untuk kebutuhan ini. Hindari membeli lem dari merk yang tidak menjelaskan bahwa produknya bisa dipakai untuk mengelem besi. Sebab, sekali lagi, pengeleman pada besi bukanlah suatu hal yang mudah.
  2. Kedua, perhatikan daya rekat atau kekuatan lem. Antara satu lem besi dengan yang lain tak jarang memiliki daya rekat yang berbeda. Cari tahu mengenai hal ini dan pilih yang daya rekatnya bagus.
  3. Ketiga, perhatikan kecepatan kering lem. Lem yang lebih cepat kering adalah lem yang bagus. Tapi ingat, jangan sampai kecepatan kering lem terlalu tinggi. Bila lem terlalu cepat mengering, aplikasi pengeleman yang Anda lakukan pun menjadi terburu-buru.
  4. Aman dan ramah lingkungan. Bagaimanapun juga, faktor ini tidak bisa diabaikan
  5. Efek lem pada estetika. Idealnya, hindarilah lem yang menyebabkan glue line. Sebab glue line bisa membuat produk terlihat kurang menarik.

Merk Lem untuk Besi

Di pasaran, karena permintaannya cukup tinggi, tersedia berbagai brand atau merek lem untuk kebutuhan ini. Berikut ini beberapa contohnya:

  1. Dextone
  2. Araldite
  3. Loctite
  4. Lem besi Belzona IIII Super Metal
  5. Epotec
  6. Super
  7. Lem Handsome Korea
  8. Speedo
  9. Power Glue General
  10. MX Bond
  11. Lem Epikol
  12. Lem Alteco
  13. Lem Epoxy Avian
  14. Devcon 2 Ton Epoxy
  15. Dan masih banyak lagi lainnya

Berapa Harga Lem Besi?

Mengenai harga, secara umum, harga produk ini sangat beragam. Ada yang dijual dengan harga belasan ribu saja, namun ada juga yang dibanderol dengan harga ratusan ribu. Hal ini disebabkan merk, kualitas, hingga kemasan per produk berbeda antara satu dengan yang lain. Saran kami, sebagaimana saat membeli lem kayu, pilihlah dengan memperhatikan berbagai aspek lem lalu bandingkan dengan kebutuhan Anda. Jadi, Anda bisa membeli lem yang paling tepat, dari berbagai aspek sekaligus. Jangan terlalu tergiur dengan harga murah sebelum Anda betul-betul tahu kualitas produk lem terkait.

Di Mana Membeli Lem Besi?

Lem untuk besi bisa dibeli secara online ataupun offline. Anda bisa membelinya di toko bangunan, toko alat tulis, hingga toko online. Untuk kebutuhan usaha, belilah produk dalam kemasan besar dengan harga grosir. Dengan demikian, Anda bisa lebih menghemat budget.

Di Lemkayu.net, Kami Sedia Lem Kayu

Di lemkayu.net, saat ini kami memang tidak sedia lem untuk perekatan besi. Namun demikian, kami menyediakan lem untuk kayu. Dua lem tersebut adalah Crossbond X3 dan juga Crossbond X4. Sama seperti pada perekatan besi, perekatan pada kayu pun membutuhkan syarat lem yang baik. Dan, lem Crossbond adalah pilihan terbaik yang bisa Anda andalkan.

Jadi bila Anda butuh lem ini untuk kebutuhan pribadi atau usaha, jangan sungkan untuk mengontak nomor hotline kami ya.

Kesimpulan

Hampir semua produk membutuhkan lem atau bahan perekat. Kita membutuhkan lem untuk merekatkan kertas, lem untuk menyatukan komponen mebel, sampai lem untuk merekatkan bahan plastik. Tapi tahukah Anda bahwa besi pun kadangkala perlu dilem? Produk untuk mengelem besi, sebagaimana namanya disebut lem besi. Pada umumnya, lem dengan label nama tersebut juga bisa dipakai untuk merekatkan bahan lainnya, misalnya untuk merekatkan logam non besi hingga berbagai produk stainless steel. Di pasaran, Anda bisa menggunakan produk ini untuk pengeleman produk berbahan logam baru atau untuk memperbaiki produk logam yang Anda punya.

Di pasaran sendiri tersedia berbagai merk yang Anda beli, mulai dari Alteco sampai Dextone. Harga produknya juga beragam mulai dari belasan ribu sampai ratusan ribu rupiah. Di Lemkayu.net sendiri, kami memang tidak sedia lem untuk kebutuhan ini. Namun kami menyediakan lem kayu Crossbond. Lem ini memiliki berbagai kualitas yang bisa Anda andalkan untuk pembuatan mebel sampai pemasangan lantai.

Sekiranya, inilah yang bisa kami bagikan mengenai lem untuk besi. Semoga informasi ini mendatangkan manfaat untuk Anda.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here