Trik Menghasilkan Kerajinan dari Kayu yang Berkualitas

    0
    768
    kerajinan dari kayu yang disambung dengan lem Crossbond

    Ada tujuh tips di bawah ini agar Anda bisa menghasilkan kerajinan dari kayu yang berkualitas. Anda perlu memperhatikan banyak aspek, mulai dari kondisi kayu sampai trik pengemasannya.

    Produk kerajinan adalah jenis produk yang dibuat dengan fungsi estetik tertentu atau diolah dalam tahapan pengerjaan manual atau mesin. Contoh benda-benda kerajinan antara lain topeng, vas bunga kayu, gantungan kunci dan benda kerajinan lainnya.

    promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

    Ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk membuat kerajinan. Salah satunya adalah kayu. Sebagaimana yang kita tahu, kayu merupakan bahan natural dengan kelimpahan tinggi. Aneka kerajinan kayu sudah populer sejak dulu.

    perawatan kayu alami natural oil

    Kerajinan kayu umumnya disukai karena dianggap lebih organik dan ramah lingkungan. Meski demikian, bagi para pengrajinnya, pembuatan kerajinan kayu tak bisa lepas dari tantangan-tantangan tersendiri. Keindahan yang dinikmati konsumen, dengan demikian, adalah hasil kerja keras para pembuat kerajinan kayu tersebut.

    7 Trik Hasilkan Kerajinan dari Kayu yang Bagus

    Untuk hasilkerajinan yang bagus dan  sesuai keinginan, Anda bisa mengikuti tips di bawah ini.

    1. Cek Kondisi Kayu dari Lengkungan hingga Warna

    Pilihlah kayu yang ideal untuk memudahkan pengerjaan proyek kerajinan Anda. Beberapa aspek yang wajib diperhatikan adalah keberadaan lekukan dan lengkungan. Keduanya bisa membuat Anda kesulitan menciptakan bentuk-bentuk kerajinan kayu yang pas dan seimbang.

    promo produk biovarnish wood filler

    Selain lengkungan, pastikan juga kayu tersebut sudah:

    1. Bebas dari hama, ditandai dengan tidak adanya lubang teter atau tumbuhnya jamur
    2. Warnanya cocok serta tidak rusak terkena noda atau jamur stain
    3. Jenis kayunya sesuai yang Anda mau (asli)
    4. Kayu sudah cukup tua
    5. Kayu dalam kondisi baik (kering, bersih)

    kerajinan berbentuk bunga dari kayu asli

    2. Pengecatan

    Tips kedua yang juga perlu diperhatikan saat membuat kerajinan dari kayu adalah masalah pengecatannya. Kuasailah teknik-teknik pengecatan sehingga Anda bisa menghasilkan produk dengan warna-warna menawan.

    Misalnya aplikasi finishing patina untuk menciptakan kesan vintage. Atau, aplikasi finishing shabby chic untuk membuat dekorasi dengan tema yang sama. Perbanyak referensi pengecatan.

    Selain itu, pastikan juga untuk memilih metode pengecatan yang cocok. Misal, bila Anda hendak mengecat kaki boneka kayu dalam jumlah besar, Anda bisa menerapkan metode celup. Sedangkan bila Anda hendak mengecat suatu produk custom, sebaiknya aplikasikan metode kuas.

    3. Penyambungan Kayu dan Lemnya

    Untuk menyatukan satu komponen kayu dengan yang lainnya diperlukan teknik penyambungan yang tepat. Pengetahuan akan wood joinery perlu Anda kuasai. Misalnya, mengenai sambungan dovetail dan cara membuatnya atau sambungan biscuit joint dan kekurangannya. Jadi mulailah banyak membaca materi terkait.

    Selain jenis sambungan, pastikan juga menggunakan lem yang tepat. Dan untuk kebutuhan ini, Anda bisa mengandalkan lem Crossbond X3. Berbahan dasar PVAc water based, Crossbond X3 selain kuat juga aman serta harganya terjangkau. Lem Crossbond X3 ideal digunakan untuk membuat kerajinan dari kayu.

    crossbond x3 yang kuat untuk sambungan kerajinan kayu

    4. Ikuti Trend di Masyarakat

    Ikuti trend kerajinan yang sedang digandrungi di masyarakat. Anda perlu sangat perlu untuk menyesuaikan diri dengan pasar agar produk yang dijual jauh lebih laku di pasaran.

    5. Ciri Khas

    Kekhasan adalah suatu nilai yang menunjukkan beda sesuatu produk dibanding produk lainnya. Bila Anda bekerja dalam pembuatan benda-benda seni dan kerajinan, tentu Anda perlu menciptakan kekhasan pada tiap produk yang dibuat.

    Anda bisa membandingkan antara produk A yang dibuat biasa saja dengan produk B yang khas dengan gaya shabby chic-nya. Meski pangsa pasar produk B lebih sedikit, namun produk B akan lebih mudah diingat masyarakat. Sementara, produk A akan mudah dilupakan dan diganti dengan produk yang lain.

    6. Kerajinan yang Punya Makna

    Produk kerajinan pada dasarnya adalah sebuah karya seni. Umumnya, karya seni yang memiliki makna lebih dalam, dibanderol dengan harga yang juga lebih mahal.

    Namun, makna yang terkandung dalam satu buah kearjinan jelas tak bisa dilakukan sembarangan. Anda tidak bisa memaksakan pemaknaan atas suatu produk secara suka-suka. Anda harus bisa membuat produk yang representatif terhadap makna yang hendak Anda sampaikan kepada orang lain.

    Misal membuat kerajinan boneka, tiap boneka kayu diharapkan bisa memberikan keceriaan bagi anak-anak. Anda bisa membuat boneka kayu yang tersenyum serta baju yang berwarna-warni indah.

    7. Pengemasan Hasil

    Terakhir namun tak kalah penting, Anda juga harus memperhatikan masalah pengemasan produk. Mengapa ini krusial? Pengemasan berkorelasi langsung dengan kondisi produk kerajinan. Bila kemasan produk rapi dan bisa melindungi, produk akan aman saat distribusi.

    Pemilihan bahan kemas harus dilakukan secara teliti. Begitu pula dengan penggunaan penyerap kelembaban silica gel atau oxygen absorber yang bisa mencegah pertumbuhan jamur.

    Gunakan Lem Crossbond untuk Menyambungkan Kerajinan dari Kayu

    Gunakan lem Crossbond untuk pembuatan kerajinan dari kayu yang berkualitas. Sebab hanya dengan lem yang baguslah, produk kerajinan berkualitas bisa dihasilkan.

    promo produk white agent wa-250
    perawatan kayu alami natural oil

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here