Pentingnya Peran Lem Kayu untuk Gitar

0
2021
Lem Kayu Untuk Gitar

Lem Kayu Untuk GitarTom, seorang penulis di laman theartoflutherie menjelaskan pengalamannya sebagai pencinta sekaligus pembuat alat musik gitar. Menurutnya, salah satu aspek yang berpengaruh besar terhadap kualitas alat musik tersebut adalah lem kayu untuk gitar yang diterapkan.

Tom menjelaskan lebih lanjut bahwa lem yang digunakan bukan hanya berdampak pada struktur fungsional saja. Bahan perekat itu juga memberikan dampak hebat pada kualitas suara gitar yang dihasilkan. Dan apa yang ditemukan Tom ini sebenarnya sangat mudah dipahami.

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

perawatan kayu alami natural oil

Meskipun fungsi lem terlihat hanya seperti “penyambung komponen-komponen gitar” namun pada kenyataannya berkat lem-lah sebuah gitar bisa diproduksi secara utuh. Lem akan berdampak pada wujud gitar secara keseluruhan dan dengan demikian akan mempengaruhi suara yang dihasilkan.

Baca Juga : lem kayu gitar yang bagus untuk perbaiki body lepas

Bagi Anda yang bergerak di bidang ini, barangkali pengetahuan tersebut sudah diketahui sejak lama. Namun tak jarang masyarakat awam pencinta gitar masih kurang begitu memahami peran lem kayu untuk gitar. Akibatnya bisa benar-benar buruk bagi mereka yang mencoba mengelem gitarnya sendiri. Kombinasi teknik yang jauh dari kata profesional serta pemilihan lem yang asal-asalan dapat berakibat pada buruknya kualitas suara gitar yang dihasilkan.

promo produk biovarnish wood filler

Baca Juga : cara mengelem gitar yang patah dengan mudah

Seperti Apa Lem Kayu untuk Gitar yang Bagus?

Memahami peran penting adhesive bagi kualitas suara gitar adalah satu hal tersendiri. Langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah mengupayakan membeli lem yang bagus untuk instrument tersebut.

Dalam hal ini, sebenarnya aspek-aspek yang perlu kita pertimbangkan tak begitu berbeda dari pemilihan lem kebanyakan. Kita hanya perlu memilih lem yang daya rekatnya bagus, stabil, mudah dibersihkan (siapa yang ingin gitarnya penuh noda lem?), hingga aman digunakan.

Lem Kayu Untuk Gitar

Secara umum, kita bisa membagi efek lem ini dalam 3 aspek:

  1. Aspek estetika dan faktor-faktor kenyamanan pemakaian. Misal, apakah lem menyebabkan glue line? Apakah lem menyebabkan bau gitar menjadi menyengat?
  2. Aspek fungsional perekatannya. Yang perlu diperhatikan pada poin ini antara lain daya rekat lem dan ketahanannya.
  3. Aspek keamanan. Banyak lem di pasaran yang mengandung zat-zat berbahaya. Tentu memilih lem yang aman harus diprioritaskan.

Mereka yang sudah malang melintang di dunia woodworking akan dengan cepat dan tepat memilih lem kayu untuk gitar yang paling baik. Sayangnya, masyarakat awam biasanya akan kesulitan di proses pemilihan ini.

Memperbanyak informasi mengenai tips pemilihan lem untuk gitar sangat kami sarankan. Anda juga bisa bergabung ke berbagai forum online dan offline bagi pencinta instrumen tersebut.

Adapun, produk yang kami rekomendasikan adalah Crossbond. Secara umum, Crossbond memiliki performa paling baik dibanding adhesive gitar lainnya. Lem kayu untuk gitar ini juga unggul dalam hal modifikasi inner cross linking-nya yang membuatnya sangat kuat digunakan.

promo produk white agent wa-250
perawatan kayu alami natural oil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here