Kreatif! Ini Dia Cara Membuat Gantungan Baju dari Kayu Sendiri

0
6968
membuat hanger kayu (2)

Membuat gantungan baju dari kayu sendiri? Apa bisa? Jawabannya, bisa saja asalkan Anda tahu cara yang benar untuk melakukannya. Tak hanya mudah, pembuatan gantungan baju juga tak memakan biaya besar. Bila gantungan yang Anda hasilkan bagus pun, bukan tak mungkin Anda bisa mendulang untung dari kegiatan kreatif ini. Menarik sekali bukan?

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

Weekend? Yuk Lakukan Kreativitas Ini!

Weekend bisa menjadi momen yang asyik tapi juga bisa jadi momen tak mengenakkan. Semuanya tergantung bagaimana kita memanfaatkan akhir minggu tersebut. Liburan adalah opsi yang biasanya dipilih orang untuk menghabiskan akhir minggu. Daripada merasakan suntuk di kamar, kebanyakan orang memilih untuk menghabiskan waktunya bersenang-senang di berbagai tempat liburan. Ada yang sekedar ke mall, ke situs wisata setempat, hingga ke area wisata yang agak jauh dari tempat tinggalnya. Yang dicari sebetulnya adalah refreshing. Kepenatan setelah seminggu beraktivitas kadang memang begitu menjenuhkan sehingga orang-orang mencari berbagai cara untuk kembali segar seperti semula.

Baca Juga : langkah langkah pembuatan keranjang buah dari bahan rotan

perawatan kayu alami natural oil

Tapi apakah liburan cuma jadi satu-satunya cara untuk menghabiskan weekend? Jawabannya tentu saja tidak. Ada banyak kegiatan lain yang bisa kita lakukan. Berkebun misalnya. Menanam bebungaan dan tanaman sayur-mayur di taman pasti jadi aktivitas mengasyikkan.

Baca Juga : cara membuat sendiri kerajinan kotak tisu dari kayu

Anda juga bisa mencoba menghasilkan berbagai craft bermanfaat dari bahan-bahan yang sederhana seperti kayu. Misalnya saja membuat gantungan baju dari kayu. Hanger atau gantungan baju adalah produk kayu yang mudah dibuat. Meskipun begitu, produk ini memiliki manfaat luar biasa besar. Siapa tahu dengan membuat sendiri hanger Anda, bukan hanya kebutuhan Anda yang tercukupi. Akan tetapi, bisa jadi kegiatan ini membuka peluang usaha yang tak disangka-sangka. Menarik ya? Karena itulah di kesempatan ini, lemkayu.net ingin mengajarkan tutorial sederhana membuat gantungan baju dari kayu sendiri.

promo produk biovarnish wood filler

Cara Membuat Gantungan Baju dari Kayu Sendiri

Alat dan Bahan

Untuk membuat hanger pakaian, sediakanlah alat dan bahan di bawah ini.

1. Kayu atau tripleks
2. Kertas karton atau tripleks untuk membuat sampel model hanger
3. Lem Crossbond
4. Sekrup gantungan baju khusus. Sekrup-sekrup seperti ini bisa didapatkan di toko woodworking, bangunan, hingga online shop yang bisa dengan mudah Anda akses.
5. Gergaji
6. Cutter bila dirasa diperlukan
7. Amplas
8. Router
9. Bor
10. Pukul
11. Kuas kecil untuk aplikasi lem
12. Bahan finishing sesuai selera Anda. Anda bisa menggunakan berbagai jenis bahan finishing mulai dari cat warna, plitur, coating, dan lainnya.
13. Kuas untuk mengaplikasikan bahan finishing. Anda juga bisa memanfaatkan spraying gun.
14. Wadah untuk tempat bahan finishing.

skrup khusus

Langkah-langkah Membuat Gantungan Baju dari Kayu Sendiri

1. Siapkan semua alat dan bahan yang telah terkumpul di atas.
2. Ambil sampel hanger atau gantungan baju lama Anda.
3. Tempelkan pada tripleks atau kertas karton. Setelah itu, gambar model hanger berdasarkan sampel tersebut. Buat model bagian atas (bagian melengkung seperti panah) dan bagian bawah berupa silinder atau potongan kayu panjang. Untuk yang bagian bawah, buatlah tambahan gambar dengan ujung lebih kecil. Nantinya ujung ini akan dimasukkan pada lubang model gantungan baju bagian atas.
4. Benahi gambar dan sesuaikan dengan material kayu yang akan Anda pakai untuk membuat hanger.
5. Potong model hanger pada kertas karton atau tripleks tersebut.
6. Ambil kayu-kayu yang akan digunakan.
7. Pastikan kayu sudah dipotong dengan baik. Anda bisa menggunakan papan-papan kayu, potongan melingkar log, ataupun kayu tripleks. Untuk kayu tripleks, buatlah lebih tebal dengan merekatkannya dulu menjadi beberapa lapis tambahan dengan lem Crossbond.
8. Bila Anda memotong langsung dari log, pastikan memotong kayu dengan ketebalan lebih sedikit dari tebal hanger yang akan dibuat.
9. Siapkan kayu supaya rata, kering, dan bersih. Untuk meratakannya, Anda bisa menggunakan amplas.
10. Tempelkan model hanger pada kayu.
11. Potong kayu berdasarkan model tersebut.
12. Rapikan pemotongan supaya terlihat lebih baik dan lebih aman ketika dipegang.
13. Setelah rapi, lubangi bagian ujung bawah model hanger pertama sesuai ukuran ujung kecil model hanger bawah.
14. Satukan kedua komponen gantungan baju tersebut menggunakan lem Crossbond. Rekatkan secara merata dan hati-hati.
15. Biarkan lem mengering. Gunakan clamp press bila perlu.
16. Setelah lem kering, ambil sekrup gantungan khusus untuk hanger.
17. Pasang skrup tersebut di bagian atas.
18. Supaya gantungan baju makin terlihat menawan, aplikasikanlah finishing. Anda bisa menerapkan aneka jenis finishing, tetapi kami sarankan pilih teknik finishing yang sederhana. Misalnya dengan metode celup atau metode spraying. Dengan demikian waktu dan tenaga Anda bisa lebih dihemat.
19. Selesai!

hanger kayu

Tips Membuat Gantungan Baju dari Kayu Supaya Lebih Oke

Selesai mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa memperhatikan beberapa tips di bawah ini supaya gantungan baju makin kelihatan lebih baik.

1. Pastikan memberikan semacam lekukan di sisi atas hanger. Lekukan ini penting supaya ketika baju dipasangkan di gantungan tersebut, baju tersebut tidak akan melorot.
2. Langkah-langkah di atas akan membantu Anda menghasilkan gantungan pakaian dengan model standar. Untuk membuatnya lebih menarik, Anda bisa memperkaya desain hanger kreatif Anda dengan menambahkan aksen di sana-sini. Misalnya dengan mengaplikasikan bentuk yang lebih meliuk-liuk sehingga terlihat lebih menarik.
3. Sebagaimana disebut di atas, sebaiknya aplikasikan metode pengecatan yang sederhana. Apalagi bila Anda bermaksud membuat hanger dalam jumlah banyak.
4. Selain finishing, Anda bisa mencoba membuat hanger lebih menarik dengan cara menggambarinya atau mengaplikasikan decoupage.
5. Pastikan selalu menggunakan Crossbond karena tak semua lem bisa digunakan untuk kebutuhan ini.
6. Supaya lebih hemat, Anda bisa menfaatkan kayu-kayu tak terpakai di lingkungan Anda.
7. Kemas supaya produk terlihat lebih menarik.

mewarnai hanger kayu

Yuk, Pasarkan di Online Shop!

Bagaimana? Mudah bukan cara membuat gantungan baju dari kayu di atas? Selain mudah, biaya yang harus dikeluarkan pun juga sedikit. Keterampilan yang dipersyaratkan pun tidak tinggi. Kalaupun pada percobaan pertama Anda gagal, tentu bisa dimaklumi. Anda bisa mencoba untuk beberapa kali dengan bahan-bahan kayu buangan yang tak terpakai. Nantinya setelah expert, bukan tak mungkin Anda bisa mengembangkan usaha di bidang ini. Biasanya, selain hanger-hanger yang memang didesain untuk pakaian, ada juga hanger khusus untuk suvenir atau gift.

Untuk memasarkannya sendiri, Anda bisa memanfaatkan akses mudah menggunakan jasa online shop. Kini dengan banyaknya marketplace, siapapun bisa menjual produknya dengan lebih leluasa. Anda tinggal memotret produk yang sudah Anda buat lalu menetapkan harganya. Sangat menarik bukan?

Dari aktivitas weekend yang sekedar ingin membuat gantungan baju dari kayu, bukan tak mungkin Anda dapat untung besar. Tapi ingat, selalu usahakan agar produk Anda berkualitas tinggi dengan dukungan bahan-bahan yang juga berkualitas!

Semoga bermanfaat.

promo produk white agent wa-250
perawatan kayu alami natural oil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here