Ayo, Perbaiki Gitar Patah dengan Lem Kayu untuk Gitar Crossbond

0
9957
gitar rusak bagian kepala

Kini, Anda tak perlu lagi bimbang ketika gitar mengalami kerusakan, termasuk bila kepala gitar patah. Dengan lem kayu untuk gitar Crossbond, Anda bisa memperbaiki kerusakan tersebut dengan sangat mudah.

gitar rusak bagian kepala

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

Siapa tak kenal gitar? Di antara berbagai alat musik lainnya, gitar menjadi salah satu yang paling banyak dimiliki dan dimainkan orang. Namun penggunaannya yang begitu besar tersebut kadang-kadang tak disertai kehati-hatian. Akibatnya gitar mengalami kerusakan.
Dari berbagai kerusakan yang bisa terjadi, “patah” pada salah satu bagian gitar menjadi momok terbesar. Apalagi bila patah terjadi pada bagian kepala gitar. Tentu gitar tak lagi bisa dimainkan seperti sedia kala.

perawatan kayu alami natural oil

Baca Juga : cara menghilangkan bekas lem di tangan

Namun Anda tak perlu khawatir. Kini dengan lem kayu gitar seperti Crossbond, perbaikan jadi lebih mudah dilakukan. Penasaran bagaimana cara melakukannya? Pertama-tama, siapkanlah alat dan bahan berupa Crossbond, pemotong (cutter, pisau, atau gunting), cat, kuas, dan amplas. Setelah bahan-bahan ini disiapkan, aplikasikanlah langkah-langkah di bawah ini.

Cara Memperbaiki Kepala Gitar Patah dengan Lem Kayu untuk Gitar Crossbond

Menentukan Tipe Kerusakan

Perhatikan tipe kerusakan yang terjadi. Bila patah terjadi karena hama (misal menyebabkan bagian kepala rapuh), tentu Anda harus membersihkan hama tersebut dulu.

promo produk biovarnish wood filler

Baca Juga : cara memperbaiki gitar pecah dengan lem kayu crossbond

Persiapan Bagian yang Akan Dilem

Sebelum dilem, pastikan dulu bagian yang patah tidak basah. Lakukan juga pemotongan pada serat-serat kayu yang mencuat.

memperbaiki gitar

Pengeleman

Aplikasikan lem kayu untuk gitar. Gunakan kuas untuk melakukannya. Lakukan pada bagian kepala maupun tubuh gitar yang patah. Rekatkan keduanya, dan ikuti langkah selanjutnya.

mengelem gitar dengan lem kayu untuk gitar crossbond

Clamp Press

Setelah dilem, aplikasikan clamp press pada dua bagian gitar yang disambungkan. Langkah ini berguna untuk menstabilkan posisi gitar hingga lem benar-benar mengering.

clamp press gitar rusak

Pengecatan (Opsional)

Bagaimanapun juga, tampilan gitar pasti akan sedikit banyak terdampak akibat patah yang terjadi. Penyambungan memang bisa memperbaikinya, namun estetika gitar seringkali tetap menurun. Pengecatan ulang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Bagaimana? Tidak susah bukan cara memperbaiki gitar yang patah? Dengan kecermatan dan aplikasi lem berkualitas, kita bisa mengembalikan alat musik tersebut seperti sedia kala. Sering putus asa melanda bahkan sebelum kita mencoba memperbaikinya. Padahal dengan aplikasi lem kayu untuk gitar Crossbond, perbaikan bahkan bisa dilakukan sendiri.

promo produk white agent wa-250
perawatan kayu alami natural oil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here