Apa Lem Khusus HPL yang Berkualitas?

0
1774
kualitas terbaik

Adhesive yang bisa digunakan untuk mengelem HPL jumlahnya sudah sangat banyak. Namun dari berbagai lem khusus HPL tersebut, manakah yang kualitasnya paling bagus?

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

hpl Industri atau usaha yang bergerak dibidang pembuatan produk kayu yang memanfaatkan HPL tidak bisa tidak pasti membutuhkan adhesive yang kualitasnya baik. Adhesive harus bisa digunakan sebagai perekat untuk media yang dilapisi HPL dan HPL-nya sendiri.

perawatan kayu alami natural oil

Meski terdengar biasa, namun di sinilah tantangan besar menunggu. Harus diketahui, proses perekatan adalah proses kompleks yang melibatkan beragam jenis reaksi kimia. Perekatan akan terjadi lebih kompleks ketika media yang dilem memiliki karakter sangat berbeda. Bagaimana bila lem hanya cocok untuk satu media saja?

Bagaimana bila daya rekat lem berbeda pada dua media yang akan disatukan? Kondisi ini jelas merupakan masalah besar.

Untungnya, saat ini sudah banyak diformulasikan adhesive yang khusus untuk HPL. Dua di antaranya adalah:

promo produk biovarnish wood filler

Lem Kuning dan Lem Solvent Based

Dulunya, hampir selalu orang menggunakan lem kuning untuk HPL. Tak heran bila hingga kini jenis lem tersebut masih sering dicari. Padahal alternative lem yang aman sudah banyak tersedia. Lem kuning sendiri secara umum menunjukkan performa cukup baik. Hanya saja adhesive ini memiliki tingkat keamanan yang sangat rendah dan biasanya mengeluarkan bau menyengat yang tajam.

Lem Khusus HPL Eva Phaethon

Eva Phaethon adalah lem berbasis Ethyl Vinyl Acetate atau EVA. Lem ini berbasis air dan memiliki kekuatan atau daya rekat sangat baik. Eva Phaethon juga cepat kering dan memiliki ketahanan yang bagus. Dari sisi keamanan, Eva Phaethon sangat menjanjikan.

kualitas terbaik

Mana di antara kedua lem di atas yang paling baik? Dari perbandingan yang dilakukan, lem Eva Phaethon menawarkan lebih banyak keunggulan. Lem ini lebih kuat, lebih tahan lama, dan memiliki daya sebar luas. Kecepatan kering lem juga sangat baik sehingga alur produksi senantiasa lancar.

Aspek lain yang tak bisa dipungkiri adalah tingkat keamanan Eva Phaethon. Dibanding lem kuning dan solvent based lainnya, Eva Phaethon sangat aman digunakan.

manfaat hpl eksterior
Eva Phaethon akan mendukung fungsi HPL baik untuk indoor maupun outdoor.
promo produk white agent wa-250
perawatan kayu alami natural oil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here