7 Langkah Perbaiki Leher Gitar dengan Lem Kayu untuk Gitar yang Patah

0
20093
gitar rusak

Bagaimana cara memperbaiki bagian leher gitar yang patah? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini. Anda dapat dengan mudah mengatasinya menggunakan lem kayu untuk gitar yang patah, Crossbond.

gitar rusak

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

Perhatikan Kerusakan yang Terjadi

Cermati bagian leher dan tubuh gitar yang rusak, apakah kerusakan tersebut masih bisa diatasi atau tidak. Contoh, bila ternyata kerusakan terjadi pada struktur kayunya yang lemah, tentu sekuat apapun perekatan dilakukan, pada akhirnya gitar akan rusak lagi. Jadi untuk kasus seperti ini, ada baiknya Anda mencari bantuan profesional.

perawatan kayu alami natural oil

Baca Juga : cara membersihkan bekas lem seperti bekas dari lem fox

Sediakan Semua Alat dan Bahan

Bila kerusakan yang terjadi masih bisa diatasi, sediakanlah lem kayu untuk gitar yang patah Crossbond, air untuk membersihkan, kain (sediakan dalam jumlah banyak), amplas, pemotong, alat clamp press, kuas, dan cat untuk refinishing.

agen lem aman untuk mainan anak crossbond

promo produk biovarnish wood filler

Uji Coba Sebelum Dilem

Lakukan uji coba penyambungan pada bagian leher dan body gitar yang patah. Pastikan keduanya sudah simetri. Lakukan pengamplasan hingga pemotongan bila dirasa penyambungan kurang sesuai.

Aplikasi Adhesive

Aplikasikan lem kayu Crossbond. Pastikanlah agar pengolesan sudah merata, sehingga daya rekat Crossbond bisa teraplikasikan dengan baik pada keseluruhan sambungan.

Baca Juga : begini cara memperbaiki body gitar dengan lem kayu terbaik

Clamping

Setelah lem diaplikasikan, rekatkan bagian leher dan body gitar. Berikutnya gunakan clamp press untuk menahan posisi kedua komponen alat musik tersebut.

Pembersihan

Setelah lem dipastikan benar-benar kering, Anda bisa melakukan pembersihan pada kotoran serta noda lem yang tertinggal. Gunakan kain yang dibasahi dan usapkanlah pada noda sampai benar-benar hilang.

Pengecatan

Bila dirasa perlu Anda bisa melakukan pengecatan ulang. Gunakan saja cat yang warnanya sesuai dengan warna cat lama. Namun bila Anda tak yakin bisa mendapat warna yang sama, cat ulang saja seluruh bagian gitar. Amplas dulu sampai cat yang lama terkelupas. Berikutnya, barulah lakukan refinishing ulang. Tapi berhati-hatilah supaya sambungan gitar tidak rusak.

Baca Juga : Mudah! Ini Dia Tutorial Cara Mengelem Kayu Lapis

Nah, itulah beberapa tahapan cara memperbaiki gitar yang rusak pada bagian lehernya. Kerusakan seperti ini merupakan salah satu kerusakan yang kerap terjadi. Namun dengan apliaksi lem kayu untuk gitar yang patah seperti Crossbond, Anda pun bisa segera memperbaikinya.

promo produk white agent wa-250
perawatan kayu alami natural oil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here