Tips Penting Memilih Lem Kayu yang Bagus dan Cara Menggunakannya

0
244

Memilih lem kayu yang bagus itu penting. Namun yang juga tak kalah penting adalah bagaimana cara menggunakannya dengan optimal.

Kebutuhan perekatan menjadi salah satu aspek fundamental yang harus dikuasai mereka yang bekerja dalam industri woodworking. Pembuatan mebel, vinir, kerajinan tangan, hingga kayu konstruksi kerap kali bersinggungan dengan masalah bahan perekat. Maka, tak heran bila pemilihan produk ini pun harus diperhatikan dengan baik.

Tetapi memilih lem kayu dengan kualitas “baik” tentu saja harus dilakukan dengan parameter yang jelas. Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain:

Aspek-aspek Lem Kayu yang Bagus

CS Lem Kayu

Sesuai dengan Tipe PerekatannyaLem Kayu Yang Bagus

Ada berbagai macam tipe perekatan. Misalnya perekatan untuk laminasi vinir dan perekatan untuk penyambungan dowel dan sebagainya. Secara umum, kita bisa membedakannya menjadi dua tipe: laminasi dan konstruksi. Untuk perekatan laminasi, Anda bisa menggunakan adhesive seperti Crossbond X4. Sedangkan untuk konstruksi, Anda bisa menggunakan Crossbond X3.

Kebutuhan Indoor dan Outdoor

Tidak semua lem didesain tahan terhadap cuaca luar ruangan. Lem outdoor yang tahan cuaca luar pun belum tentu cocok dipakai untuk indoor. Misal karena baunya yang menyengat dan tingkat keamanannya yang lebih rendah. Oleh karena itu, pilihlah lem berdasarkan aspek ini. Cermati label lem dan bila perlu tanya langsung pada manufaktur yang membuatnya.

Daya Rekat

Daya rekat adalah prioritas utama saat kita membeli adhesive. Sebab hal ini memang aspek yang terkait langsung dengan fungsi utama lem. Namun, membeli lem tidak harus selalu dilakukan dengan daya rekat yang sama tingginya. Kita harus menyesuaikan dengan kebutuhan perekatan kita juga. Sebagai contoh, untuk perekatan craft tentu daya rekatnya akan memiliki standar berbeda dengan perekatan untuk bangunan.

Keamanan LemLem Untuk Kayu

Trend produk yang aman saat ini terus meningkat dan disukai masyarakat. Selain itu, jelas menjadi tanggung jawab bagi kita semua untuk menggunakan bahan-bahan yang aman. Karena itulah, aspek ini wajib menjadi perhatian saat memilih lem kayu yang bagus.

Cara Aplikasi dan Lama Keringnya

Pada akhirnya, masalah teknis seperti metode aplikasi dan lama kering juga perlu diperhatikan. Setidaknya, Anda harus memperhatikan kerumitan cara pakai lem dan lama lem tersebut mengering. Perhatikan juga potensi dan resiko kegagalan adhesive yang akan Anda pilih.

Tips Menggunakan Lem Kayu

Produk-produk perekatan untuk kayu sebenarnya sudah banyak tersedia di pasaran. Menggunakan kriteria di atas, Anda tinggal memilih merek yang sesuai. Sebagai contoh adalah Crossbond. Dengan teknologi modern dan semangat green product, Crossbond hadir dengan beragam feature unggulan yang membuatnya menjadi lem kayu yang bagus di dunia woodworking.

Agar proses perekatan dengan lem ini lebih maksimal, silahkan ikuti beberapa tips di bawah ini:

  1. Bersihkan dan keringkan media sebelum dilem. Bila perlu pastikan permukaannya rata.
  2. Oleskan Crossbond X3 pada kedua media. Sedangkan untuk Crossbond X4, cukup pada satu permukaan media saja.
  3. Gunakan dengan tepat. Crossbond X3 adalah lem konstruksi indoor. Sedangkan Crossbond X4 adalah lem laminasi indoor dan outdoor.
  4. Jangan takut noda lem yang keluar saat dua media disatukan. Justru keluarnya lem penting sebagai penanda bahwa semua permukaan kayu telah terkena adhesive tersebut. Noda lem yang tertinggal sendiri nantinya bisa Anda bersihkan dengan mudah.
  5. Gunakan clamp press dan tunggu hingga lem benar-benar telah kering.

Kombinasi kualitas lem kayu yang bagus dengan cara pakai yang benar tentu bisa menghasilkan kualitas perekatan unggulan.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here