Tips dan Trik Cara Sambung Kayu yang Kuat

0
2299

Masih awam di dunia woodworking dan bingung cara sambung kayu yang kuat? Ayo simak beberapa tips pentingnya di bawah ini.

Penyambungan kayu adalah salah satu proses vital dalam pembuatan aneka produk kayu. Proses ini merupakan proses kunci bagaimana kita bisa menghasilkan kursi, meja, dan berbagai benda berbahan kayu lainnya. Sebab tanpa penyambungan yang tepat, komponen-komponen furniture, misalnya kaki kursi kayu dan alasnya, tak akan bisa difungsikan dengan optimal.

CS Lem Kayu

Di dunia woodworking sendiri, teknik-teknik penyambungan kayu sudah lama dikenal dengan aneka tipe desain yang tersedia. Sebut saja sambungan mortise dan tenon, sambungan temu, lap joint, finger joint, sambungan biskuit, sambungan dowel, dan lain sebagainya. Berbagai varian sambungan itu tersedia dengan karakteristiknya masing-masing. Yang sebenarnya perlu diperhatikan adalah bagaimana cara memastikan sambungan yang kita terapkan benar-benar kokoh.

Bagaimana Cara Sambung Kayu yang Kuat?

Setidaknya ada 3 kunci untuk memastikan bahwa sambungan yang kita terapkan benar-benar kokoh. Ketiga cara sambung kayu yang kuat tersebut adalah:

Memilih Sambungan yang Punya “Kuncian”

Untuk sambungan yang kuat, pilihlah desain yang bisa “mengunci”. Misalnya saja, sambungan seperti dowel dan finger joint. Keduanya memiliki struktur yang bisa mengunci satu sama lain. Bandingkan (misalnya) dengan wood joint seperti sambungan temu. Tipe sambungan seperti sambungan temu tak memiliki “kuncian” sehingga kekuatannya sangat tergantung pada lem atau paku yang digunakan.

Memastikan Ukuran atau Desain Sambungan Pas

Banyak sambungan yang membutuhkan detil ukuran yang pas. Misalnya saja untuk sambungan finger joint, ketepatan ukuran antara jari-jarinya sangat dibutuhkan. Oleh sebab itulah kita harus memastikan desain dan ukuran sambungan yang dipilih benar-benar tepat.

Memastikan Penggunaan Bahan Pendukung yang Baik

Terakhir, pastikanlah kuncian kayu Anda didukung dengan bahan pendukung yang baik. Yang dimaksud bahan pendukung di sini bisa berupa paku maupun lem. Keduanya merupakan komponen vital untuk menghasilkan sambungan yang baik. Tips dari kami, untuk lem yang baik, gunakanlah Crossbond X3. Sebab lem ini dibuat dengan modifikasi inner cross linker yang membuatnya jauh lebih kuat dari lem kayu kebanyakan.

lem putih crossbond x3

Nah, demikian 3 cara sambung kayu yang kuat dan tips-tipsnya. Semoga bermanfaat.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here