Tak Ada Jasa Pasang Parket? Ini Solusinya

1
3439
jasa pasang parket

Ingin punya lantai kayu parket di rumah tapi bingung cara memasangnya? Selain menggunakan jasa pasang parket, Anda bisa lho memasang sendiri lantai tersebut menggunakan lem kami, Crossbond X4.

Pengertian Lantai Parket

Dari berbagai jenis lantai kayu, terdapat jenis lantai parquet atau parket. Jenis lantai seperti ini memiliki perbedaan tersendiri bila dibandingkan dengan lantai dek atau lantai decking.

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

Lantai parket sendiri merupakan istilah yang berasal dari Bahasa Inggris, yakni “parquet flooring”. Istilah ini mengacu pada pengertian suatu pola tertentu pada lantai. Wikipedia menerjemahkan istilah tersebut sebagai “a geometric mosaic of wood pieces used for decorative effect in flooring” atau potongan kayu mosaic geometris yang dibuat untuk tujuan keindahan. Jadi yang dimaksud dengan lantai parket tidak sama dengan lantai indoor atau dalam ruangan. Sering kali pengertian yang terakhir tersebut disamakan dengan parket.

perawatan kayu alami natural oil

Betul, memang kerap kali, pola parquet diterapkan untuk indoor. Namun ada juga lho lantai indoor yang bukan merupakan parket.

Ciri dari lantai ini sendiri antara lain adalah:

  1. Memiliki pola khusus (geometric mosaic)
  2. Didesain untuk kebutuhan estetika atau keindahan
  3. Biasanya didesain dengan pemasangan yang rapat
  4. Jarang terdapat fitur khusus untuk outdoor seperti pada lantai dek, misalnya fitur untuk aliran air

Memasang Lantai Parquet? Bagaimana Caranya?

Singkat kata, penggunaan parquet flooring akan membuat ruangan Anda terlihat semakin menarik. Apalagi bila pola dan kayu yang digunakan memang cantik. Akan tetapi, yang kerap jadi kendala adalah masalah pemasangan atau instalasinya.

promo produk biovarnish wood filler

Harus kita akui bahwa tidak banyak orang yang betul-betul tahu dan ahli mengenai pemasangan jenis lantai ini. Sebab di Indonesia yang populer adalah lantai keramik, bukan parket.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan jasa pasang parket. Jasa seperti itu kadangkala sudah terintegrasi dengan toko yang menjual parket. Tak jarang, penjual akan menawarkan pemasangan lantai kayu tersebut secara sekaligus. Namun, tak semua penjual melakukan ini. Bila sudah demikian, tentu kita akan dibuat dibingung. Meminta tolong pada pekerja bangunan pun belum tentu mereka biasa. Oleh karenanya, di sini kami akan bagikan cara sederhana memasang parket. Tentu saja lem yang digunakan adalah lem Crossbond X4!

Alat dan Bahan

  1. Pisau skrap atau alat sejenis untuk mengoleskan lem di lantai
  2. Lem Crossbond X4
  3. Pukul dan paku (serta bor bila dirasa diperlukan)
  4. Alat ukur dan juga pemotong kayu (gergaji)
  5. Potongan kayu untuk lantai Anda

Langkah-langkah Memasang Parket Tanpa Jasa Pasang Parket

  1. Pertama, lakukan terlebih dahulu pengukuran pada ruangan Anda. Tentukan jumlah potongan lantai parket yang diperlukan.
  2. Lakukan pemasangan dengan memulainya di area ruangan yang tak terlihat. Dengan demikian, bila Anda melakukan kesalahan, Anda bisa meminimalisir efeknya agar tak begitu terlihat.
  3. Setelah area yang diolesi lem seluas 2 hingga 3 potongan parket, hentikan pengeleman. Ambil potongan kayu lantai parket, dan tempelkan.
  4. Usapkan sambil menekan ke seluruh permukaan lantai kayu parquet tersebut.
  5. Lakukan langkah ini terus menerus sampai keseluruhan lantai terlapisi parquet
  6. Bila dirasa perlu, paku lem di bagian pojok ruangan atau di area di mana pemakuan sekiranya diperlukan.
  7. Untuk area yang perlu bentuk khusus, potong dulu lantai parquet Anda.
jasa pasang parket (2)

Tips Pasang Parquet

Agar hasil kerja Anda semakin profesional, silahkan simak beberapa tips di bawah ini.

Tips Menghilangkan Noda Lem

Bagi Anda yang memasang parket tanpa jasa pasang parket, pekerjaan Anda tak akan selesai hanya setelah semua komponen parket dilem. Setelah langkah tersebut, Anda masih harus berjibaku mengurusi pembersihan lantai tersebut khususnya dari noda lem yang muncul. Kami punya tips untuk mengatasi noda ini. Caranya, tunggulah noda tersebut sampai setengah mengering, lalu cungkil dengan pisau scrape. Kenapa harus menunggu lem setengah kering? Sebab:

  1. Bila lem masih basah, lem tak bisa dicungkil nodanya. Ketika dibersihkan dengan kain, yang ada lem justru menyebar kemana-mana.
  2. Bila lem sudah kering (tak lagi setengah kering), maka lem akan sangat sulit dicungkil.

Tips untuk Area yang Menyudut

Untuk area-area yang menyudut atau terpotong, ikutilah potongan tersebut dan potong juga komponen lantai Anda. Cara ini sebetulnya memiliki prinsip yang sederhana. Namun diperlukan ketepatan dan kehati-hatian yang tinggi. Oleh karenanya pastikan untuk melakukan pemotongan dengan baik.

Tips Supaya Parket Lebih Awet

Terakhir, agar parquet lebih awet, pastikanlah untuk memastikan lantai tersebut terfinish dengan bahan finishing yang tepat. Dalam hal ini, ada baiknya menggunakan coating atau clear varnish kayu yang memang didesain untuk kebutuhan tersebut. Bila memungkinkan, pastikan untuk:

  1. Menggunakan coating anti selip
  2. Menggunakan coating anti gores

Bagi Anda yang menggunakan jasa pasang parket, cobalah untuk meminta aplikasi coating ini. Pilih coating dengan bahan dasar polyurethane yang secara umum cocok untuk kebutuhan tersebut.

Crossbond X4 juga Bisa Digunakan Jasa Pasang Parket Profesional

Lem yang kami sediakan ini juga bisa Anda gunakan selaku pengelola jasa pemasangan lantai kayu. Sebab selain sifatnya yang mudah digunakan sehingga bisa dipakai orang awam, lem ini juga memiliki berbagai karakter lainnya yang cocok untuk dunia usaha.

lem untuk dinding kayu

Crossbond X4 adalah lem yang kuat, water resistance, solvent resistance, tidak glue line, dan kecepatan keringnya ideal. Lem ini juga lebih aman digunakan sehingga pekerja pemasang parquet tak perlu waspada dengan resiko keselamatan dirinya. Yang tak kalah menarik, Crossbond X4 juga bisa digunakan untuk pemasangan lantai decking.

Pada pemasangan lantai dek, tak jarang dibutuhkan lem. Apalagi ketika lantai tersebut hanya dilem di bagian lantai semen luar rumah. Untuk kebutuhan seperti ini, Anda selalu bisa menggunakan Crossbond X4. Sebab lem ini juga bisa dipakai untuk outdoor. Anda bahkan bisa menggunakannya untuk instalasi lantai kayu di dekat kolam renang, foot steps di taman, lantai kayu gazebo, dan lain sejenisnya.

Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera pesan lem yang bisa dipakai untuk berbagai pihak termasuk usaha jasa pasang parket ini! Kami sedia lem ini di Bio Service Point milik perusahaan Bio Industries. Bio Service Point saat ini berlokasi di Yogyakarta, Cirebon, dan Jepara. Tapi kami juga siap mengirimkan produk ini ke berbagai wilayah lainnya di Indonesia. Bahkan Anda sudah bisa membeli lem ini di berbagai toko daring mulai dari Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Jd.id, Olx, dan masih banyak lainnya yang tak bisa kami sebutkan satu per satu.

Sekiranya, demikian informasi yang dapat kami bagikan mengenai cara memasang lantai parket tanpa harus menggunakan jasa pasang parket. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk Anda!

promo produk white agent wa-250
perawatan kayu alami natural oil

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here