Simak Di Sini! Pengertian dan Kekurangan Lem Kayu Epoxy

0
1376
kelebihan dan kekurangan epoxy

Apa itu lem epoxy? Apa pengertian lem kayu epoxy dan apa kekurangan adhesive ini?

Di pasaran, berbagai jenis adhesive telah tersedia dengan aneka formulasi dan merek. Kita telah mengenal nama-nama lem seperti lem Crossbond, lem Phaethon, lem fox, lem dexton, dan berbagai nama adhesive lainnya. Sedangkan dari jenisnya, terdapat lem dari jenis PVAc atau lem putih, lem carpenter atau lem kuning, lem urea formaldehida, hingga tentu saja adalah lem epoxy.

Apa itu lem epoxy? Di lemkayu.net, kita sudah sering membahas mengenai adhesive berbasis PVAc atau lem putih. Pada artikel ini, pembahasan akan difokuskan pada epoxy glue, baik itu pengertian, kelebihan, hingga kekurangannya.

Pengertian

CS Lem Kayu

Secara umum, epoxy merupakan hasil dari pencampuran antara resin dengan hardener. Epoxy merupakan formula yang banyak digunakan untuk berbagai bidang, bukan hanya bidang perekatan. Hasil dari pencampuran resin dan hardener sendiri dapat menghasilkan sebuah zat solid yang cukup keras dan merekatkan bidang tempatnya diletakkan. Oleh sebab itulah seringkali formulasi ini dipakai sebagai adhesive.

Kekurangan dan Kelebihan Lem Kayu Epoxy

Sebagai lem, epoxy memiliki fungsi dan guna yang sangat spesifik. Secara umum, adhesive ini unggul sebagai lem pengisi celah. Tentu saja keunggulan ini terkait dengan sifat film keringnya yang menggumpal. Gumpalan ini akan bisa digunakan sebagai pengisi celah dan keretakan pada kayu.

Meskipun demikian, banyak catatan kekurangan harus disematkan pada epoxy. Lem ini tidak akan bisa digunakan dengan baik sebagai lem sambungan kayu. Fungsinya untuk laminasi pun tak bisa diandalkan. Kedua kebutuhan tersebut akan jauh lebih baik bila dipenuhi dengan lem PVAc seperti Crossbond X3 dan Crossbond X4.

Kekurangan lain dari lem kayu epoxy adalah sifatnya yang tidak praktis digunakan. Sebab lem ini membutuhkan pencampuran dua komponen. Aplikasinya lebih rentan gagal dibanding lem single komponen seperti lem putih biasa.

Dari sini, ada baiknya pemanfaatan lem epoxy benar-benar dilakukan bila memang membutuhkan adhesive ini. Selain itu, untuk kebutuhan perekatan secara umum, sebaiknya Anda menggunakan lem kayu PVAc yang kualitasnya bagus seperti Crossbond dan Phaethon.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here