Pilihan Tepat Merk Lem untuk Kayu Triplek ya Crossbond Jawabannya!

0
924
veneer
veneer

Dengan kayu solid yang kian melambung harganya, apa yang bisa kita andalkan kecuali engineered wood seperti kayu tripleks? Tapi hati-hati. Pengolahan kayu seperti ini harus dilakukan dengan baik dan cermat. Salah satunya adalah dengan menggunakan merk lem untuk kayu triplek dengan kualitas unggulan. Apakah nama lem tersebut?


Mengenal Kayu Triplek dan Jenisnya

Plywood (kayu lapis) atau dalam bahasa sehari-hari kerap disebut sebagai kayu triplek pada dasarnya adalah material kayu olahan yang berbentuk papan pabrikan. Dilihat dari pembuatnya, plywood terdiri atas veneer atau lapisan kayu yang ditempelkan satu sama lain hingga beberapa lapis. Material yang dihasilkan dari proses tersebut secara umum memiliki sifat fleksibel, mudah dibentuk, harga lebih murah, beberapa kurang tahan pada air, dan bisa didaur ulang. Proses perekatan kayu lapis dilakukan dengan sudut urat. Umumnya, jumlah veneer yang digunakan ganjil dengan tujuan untuk mencegah warping atau pembelokan.

Keunggulan Kayu Lapis

1. Cara pemakaian yang jauh lebih praktis
2. Mudah dibentuk
3. Daya susut rendah sehingga secara umum bentuk dan ukurannya lebih stabil
4. Harga terjangkau
5. Tersedia dalam bentuk papan lebar yang tak bisa didapatkan pada log
6. Ketebalan dan ukurannya bervariasi• Triplek memiliki daya tahan yang tinggi terhadap perubahan cuaca yang ekstrim serta daya tekuk yang dimilikinya lebih bagus dibandingkan produk kayu lainnya.
7. Relatif kokoh
8. Ukuran seragam
9. Tekstur permukaannya halus

Kekurangan Kayu Lapis

CS Lem Kayu

1. Kurang tahan untuk kebutuhan eksterior, apalagi bila dibandingkan dengan kayu solid atau log
2. Ketahanannya secara umum pada paparan faktor yang merusak kurang baik, misalnya ketahanan pada air, panas, hingga solvent
3. Rentan rusak ketika dikirimkan karena memiliki tebal yang tipis namun ukuran sangat lebar
4. Disarankan penggunaan paku untuk menggabungkan beberapa triplek
5. Proses finishing harus dilakukan dengan super cermat bila ingin hasilnya bagus.

Perlunya Merk Lem untuk Kayu Triplek yang Bagus

Proses pengerjaan kayu triplek menjadi aneka jenis produk harus dilakukan dengan bahan-bahan pendukung yang baik. Lem adalah salah satunya. Dibutuhkan perekat yang bagus yang bisa dipakai untuk membentuk rangka kayu ini ataupun untuk melakukan finishing tempel. Kualitas perekat seperti ini harus diperhatikan dengan baik karena efeknya sangat signifikan, baik pada proteksi maupun keindahan kayu lapis itu sendiri.

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Lem yang kami sarankan untuk kebutuhan tersebut adalah Crossbond. Adhesive ini terbuat dari formulasi dasar polyvinyl acetate water based. Crossbond dilengkapi dengan inner cross linker yang membuatnya mampu menciptakan ikatan lem yang sangat kuat dan stabil. Lem ini juga memiliki ketahanan yang baik dan sangat aman digunakan. Crossbond bisa digunakan untuk:

1. Pembuatan berbagai jenis furniture
2. Pemakaian triplek untuk dinding atau lantai, dan komponen bangunan lainnya
3. Pembuatan alat musik
4. Pembuatan kerajinan kayu olahan ini
5. Pembuatan kitchen set
6. Dan berbagai kebutuhan serupa lainnya

Crossbond juga memiliki daya kering yang sangat ideal sehingga akan mempercepat proses pengerjaan. Adhesive ini pun memiliki solid content dan cover area luas yang membuatnya lebih hemat digunakan.

Varian Crossbond

Merk lem untuk kayu triplek ini tersedia dalam 2 varian. Varian pertama adalah Crossbond X3. Varian ini cocok untuk pembuatan konstruksi, misalnya saja untuk penyambungan dowel dalam sistem knock down. Crossbond X3 merupakan indoor adhesive yang kuat, tahan lama, tidak menyebabkan glue line, dan aman digunakan. Lem ini bisa Anda beli dengan harga terjangkau, yakni Rp. 45.000, saja.

Varian kedua adalah Crossbond X4. Crossbond X4 merupakan lem yang bisa digunakan untuk finishing tempel kayu olahan. Sebagaimana yang kita tahu, aneka jenis kayu lapis sulit bila harus difinishing dengan cat biasa yang berbentuk cairan. Porositas produk yang besar akan menyebabkan cat “tenggelam” sehingga hasilnya kurang baik, dan prosesnya membutuhkan terlalu banyak cat. Dengan dilakukannya finishing tempel yang direkatkan dengan Crossbond X4, Anda bisa mendapatkan berbagai produk kayu lapis yang terfinish dengan sangat baik. Selain itu, lem ini juga bisa digunakan untuk pemasangan kayu lapis pada dinding hingga langit-langit kereta api.

Crossbond untuk Aneka Macam Triplek

Crossbond merupakan adhesive yang bisa digunakan untuk berbagai jenis triplek atau kayu lapis. Merk lem untuk kayu triplek ini bisa Anda andalkan untuk perekatan material:

Particle Board atau Papan Partikel

Particle board atau papan partikel bisa dibilang merupakan kayu lapis paling rendah kualitasnya. Particle board rentan terhadap air dan daya dukungnya sangat rendah. Akan tetapi material ini bisa didapat dengan harga paling terjangkau.

Multiplek

Multiplek adalah tripleks yang terdiri dari banyak lapisan yang kemudian dipress menggunakan tekanan sangat tinggi. Multipleks memiliki tekstur rapat, kekuatan sangat baik, dan tahan terhadap air. Bahan ini banyak dipakai dalam industri mebel hingga komponen bangunan.

Blockboard

Blockboard adalah material kayu olahan yang terdiri atas tiga lapisan kayu yang digabung menjadi satu. Umumnya, bagian dalam tripleks ini terbuat dari akasia dan meranti.

Teakblock

teakblock

Teakblock adalah lembaran kayu jati berbentuk papan. Teakblock biasanya digunakan untuk pelapis terluar sebuah media, sehingga kita bisa mendapat tampilan papan jati yang menarik tanpa harus membeli log jati yang sangat mahal. Untuk pelapisan tersebut (teakblock pada medianya), Anda bisa menggunakan Crossbond X4.

Medium Density Fiberboard atau MDF

MDF atau papan serat kayu juga bisa Anda olah dengan merk lem untuk kayu triplek, Crossbond. MDF sebagaimana yang kita tahu adalah hasil campuran serat kayu lenak dan keras yang ditempelkan satu sama lain lalu dicetak setelah diproses dalam suhu dan tekanan tinggi. MDF banyak dipakai untuk pembuatan furniture seperti meja belajar, buffet, membuat box speaker, dan meja. Anda bisa menggunakan Crossbond X3 untuk pembuatan rangka furniture dan Crossbond X4 untuk finishing tempel memakai veneer.

Melaminto

Material ini bisa disebut sebagai kayu lapis dekoratif (decorative plywood). Melaminto kerap dipakai untuk mempercantik media tertentu, khususnya papan kayu. Bahan ini dilapisi dengan polyester serta melamin yang membuatnya memiliki warna dan terasa licin bila diraba. Umumnya, melaminto digunakan sebagai bahan untuk pembuatan kitchen set.

Ayo Pesan Crossbond!

Merk lem untuk kayu triplek Crossbond bisa digunakan untuk berbagai kayu olahan di atas. Lem ini bisa dipakai dalam pembuatan rangka hingga finishing tempel kayu tripleks. Tertarik membeli adhesive ini?

Dapatkan Crossbond dengan menghubungi kami via kontak CS yang disediakan. Segera, pesanan Anda akan kami proses dengan cepat supaya Anda bisa mengerjakan proyek Anda lebih cepat. Bagi Anda yang biasa belanja di online shop, kami juga telah hadir di berbagai online shop di Indonesia. Pilih saja cara pembelian yang menurut Anda paling nyaman. Toh, di manapun Anda membeli, Crossbond selalu hadir dengan kualitas dan harga terbaiknya.

Semoga bermanfaat!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here