Perlu Lem yang Kuat agar Furniture Cempaka Lebih Berkualitas

0
53
kursi kayu cempaka

Kayu cempaka adalah salah satu jenis kayu yang memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan lebih lanjut. Kayu ini bisa digunakan untuk membuat kursi, meja, almari, hingga buffet. Berbagai furniture kayu cempaka tersebut bisa menjadi tambahan opsi di pasar mebel. Namun dalam pemanfaatannya, kayu ini memerlukan dukungan alat dan bahan yang tepat, termasuk lem yang kuat seperti Crossbond.

Di industri woodworking, terdapat rentetan daftar kayu yang bisa digunakan. Namun seringkali, orang hanya fokus pada kayu-kayu “ternama” seperti jati dan mahoni. Pembuat mebel sendiri kerap harus mengikuti keinginan pasar. Yang disayangkan pasar yang terdiri atas masyarakat awam tak begitu mengenal jenis kayu lain kecuali kayu-kayu seperti jati. Hal ini jelas disayangkan. Diversitifikasi menjadi kurang. Kayu-kayu yang banyak permintaannya mengalami kekurangan stokm, sedangkan kayu-kayu yang sebetulnya potensial tak begitu banyak dipakai oleh pengrajin.

Padahal, paradigma bahwa hanya kayu tertentu yang bisa digunakan untuk membuat mebel sudah ketinggalan zaman. Saat ini, industri woodworking telah mengalami kemajuan pesat. Kita tak perlu 100% mengandalkan sifat alami kayu. Kita bisa meningkatkan kualitas kayu dengan proses-proses yang inovasinya telah ditemukan manusia. Misalnya, dalam hal keawetan. Kayu-kayu yang dulunya kurang awet pun sekarang bisa dibuat lebih awet. Ada treatment preservasi kayu dan aplikasi finishing anti hama yang bisa diterapkan.

Kayu Cempaka: Potensial untuk Berbagai Kebutuhan

Di antara berbagai kayu yang potensial untuk diolah, seperti dijelaskan di atas, kayu cempaka adalah satu di antaranya. Beragam produk kayu cempaka bisa hadir di pasar dengan kualitas yang baik dan dengan tampilan beragam untuk memenuhi kebutuhan pasar. Contohnya saja furniture kayu cempaka. Hal ini juga didukung oleh data karakteristik kayu tersebut.

CS Lem Kayu

Cempaka mampu menghasilkan kayu dengan kelas awet II. Tingkat keawetannya hanya berselang 1 dari jati yang berada di kelas awet I. Sedangkan warnanya sendiri agak khas yakni kuning hingga coklat kemerahan. Dari segi daya retak, kayu ini termasuk kayu yang baik. Pun demikian dalam hal kembang susut yang nilainya kecil. Bisa dikatakan data-data tersebut menunjukkan aneka produk kayu cempaka bisa hadir dalam kualitas yang baik. Namun tentu saja kayu ini juga memiliki kekurangan. Dua kekurangan utama kayu ini terletak pada kelas kuatnya yang di rentang III – IV dan tingkat kekerasannya yang agak lunak.

Namun demikian, Anda tak perlu khawatir. Kita bisa meminimalisir kekurangan kayu tersebut dengan aplikasi yang tepat.

Produk yang Bisa Dibuat dari Cempaka

Furniture cempaka adalah salah satu produk yang bisa dihasilkan kayu ini. Namun, selain furniture masih ada lagi bebebarap manfaat kayu tersebut. Selengkapnya akan disebutkan di bawah ini.

kayu cempaka
  1. Berbagai jenis mebel atau furniture. Misalnya meja, kursi, almari, hingga rak.
  2. Berbagai benda kerajinan atau craft,
  3. Berbagai elemen bangunan misalnya pintu, jendela, dan juga lantai kayu

Beragam pemanfaatan ini idealnya ditujukan untuk produk indoor. Sebab, seperti diterangkan sebelumnya, kayu ini memiliki kelas kuat yang rendah dan tingkat kekerasan yang agak lunak. Kedua sifat tersebut membuat kayu rentan ketika dipakai untuk menahan beban berat dan juga diletakkan di luar ruangan. Kelas kuat kayu ini mengindikasikan kayu tak bisa dipakai untuk struktur beban berat, sedangkan kekerasannya yang rendah membuatnya rentan terhadap serangan hama (meski tingkat keawetannya tinggi).

Furniture Kayu Cempaka

Produk mebel paling ideal yang bisa dibuat dari cempaka adalah produk mebel indoor. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut.

  1. Meja dan kursi indoor
  2. Meja belajar indoor
  3. Rak buku indoor
  4. dan lain sejenisnya

Kondisi indoor jauh lebih aman dibanding kondisi outdoor. Namun tetap saja kita perlu melakukan beberapa langkah antisipasi agar kayu ini lebih tahan lama. Ada dua hal yang setidaknya bisa Anda lakukan. Yang pertama, treatment pengawetan supaya kayu makin tahan hama meski materialnya lunak. Treatment pengawetan dilakukan dengan meresapkan zat anti hama ke dalam kayu. Jadi, meskipun kayu terkait mudah dikonsumsi hama karena tidak keras, namun hama-hama akan menghindarinya karena terdapat zat anti hama yang toksik bagi mereka. Sedangkan tips kedua adalah aplikasi lem yang bagus di area sambungan furniture kayu cempaka.

mebel cempaka

Perlu Lem yang Berkualitas, Gunakan Crossbond

Diperlukan adhesive dengan kualitas yang baik untuk pembuatan aneka produk kayu cempaka. Sebab area sambungan begitu krusial menentukan kekuatan mebel secara umum. Masalah daya rekat jelas tak bisa dikompromikan. Tapi tentu saja akan lebih baik bila kita mampu memenuhi lem dengan kriteria ideal seperti memiliki:

  1. Daya rekat yang kuat
  2. Cover area luas sehingga lebih hemat digunakan
  3. Awet, dalam artian ikatan lem tidak mudah rusak terhadap paparan seperti air, udara lembab, cairan minyak, hingga panas.
  4. Mudah digunakan sesuai peralatan woodworking standar
  5. Memiliki kecepatan kering yang pas
  6. Tidak merupakan lem yang toksik atau beracun
  7. Solid content tinggi
  8. Harga terjangkau

Adhesive yang sesuai dengan poin-poin lem ideal yang disebutkan di atas adalah adhesive Crossbond. Crossbond adalah lem untuk kayu dengan bahan dasar polyvinyl acetate. Lem ini terdiri atas dua varian yang sama fungsionalnya. Yang pertama adalah Crossbond X3. Crossbond X3 merupakan lem untuk sambungan atau wood joint indoor. Adhesive ini bisa digunakan untuk perekatan area sambungan furniture kayu cempaka. Sedangkan varian kedua adalah Crossbond X4. Crossbond X4 merupakan lem untuk kebutuhan laminasi atau pelapisan. Pada pengeleman veneer mebel cempaka, lem ini cocok digunakan.

lem kayu terbaik

Kedua Crossbond tersebut memiliki berbagai poin keunggulan serupa meski diformulasikan untuk tujuan berlainan:

  1. Keduanya memiliki daya rekat yang sangat kuat
  2. Keduanya memiliki ketahanan adhesive yang sangat baik
  3. Tidak menyebabkan glue line
  4. Mudah digunakan dan harganya juga murah
  5. Cepat kering
  6. Merupakan lem yang aman dan ramah lingkungan
  7. Solid content tinggi

Tertarik membeli Crossbond? Segera pesan Crossbond untuk perekatan aneka produk kayu cempaka Anda. Lem ini bisa dipesan saat ini juga di lemkayu.net dengan cara sebagai berikut:

  1. Menghubungi Customer Service kami. Apabila Anda ingin segera memesan lem ini, kirim segera data pengiriman yang meliputi nama Anda sebagai pemesan, produk yang dipesan, jumlah produk yang dipesan, dan alamat pengiriman.
  2. Informasi itu akan digunakan CS kami untuk memberikan estimasi lama pengiriman dan juga biaya total yang harus Anda bayar.
  3. Bila Anda sudah sepakat, kami akan memberikan nomor rekening tujuan pengiriman. Anda bisa melakukan pembayaran ke nomor rekening tersebut.
  4. Kirimkan bukti pembayaran pada kami. Bukti pembayaran berupa nota hasil transaksi.
  5. Tunggu kami memroses pesanan Anda. Segera setelah diserahkan ke kurir pengiriman, kami akan memberikan nomor resi pengiriman.
  6. Kami akan turut memantau proses pengiriman sampai BioCide Insecticide sampai di tangan Anda.

Nikmati keunggulan BioCide Insecticide untuk membuat berbagai produk kayu cempaka yang berkualitas. Semoga bermanfaat ya.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here