Panduan Penting Membeli dan Membuat Meja Billiard

0
36
meja billiard

Kata siapa billiard bukan olahraga? Billiard merupakan salah satu olahraga unik yang digemari segmen tertentu di masyarakat. Kali ini, lemkayu.net akan membahas suatu produk yang pasti dipakai untuk olahraga itu. Ya! Adalah meja billiard yang akan diulas oleh tim lemkayu.net kali ini.

Pengertian

Meja billiard sebetulnya bisa didefinisikan dengan cara yang sangat sederhana. Meja ini adalah meja yang dipakai untuk menunjang secara langsung permainan billiard. Meja dibuat dengan sangat spesifik dan tak bisa disamakan dengan meja lainnya. Spesifitas tersebut wajib diterapkan meski tingkat kualitasnya berbeda antara satu meja dengan meja yang lain.

Bagaimana dengan penampakan atau tampilannya? Anda barangkali familiar dengan meja warna hijau di mana orang-orang mendorong bola kecil dengan stik di atas meja? Seperti itulah wujud meja yang biasa dipakai untuk permainan billiard ini.

Komponen Meja Billiard

Meja ini terdiri atas beberapa komponen utama. Komponen atau bagian-bagian tersebut antara lain adalah:

CS Lem Kayu

1. Leg atau kaki meja, yakni bagian yang dimiliki hampir semua meja. Kaki meja ini sendiri harus kuat karena menanggung beban yang cenderung berat dan konstan.
2. Frame atau rangka
3. Slate atau papan, yakni bagian permukaan meja sebagaimana meja jenis lainnya
4. Rail atau sandaran atas
5. Pocket atau kantung
6. Felt

Tiap bagian meja di atas memiliki karakteristik dan fungsinya sendiri-sendiri. Jadi meja harus benar-benar lengkap supaya bisa digunakan untuk menunjang permainan billiard.

Tips Membeli Meja Billiard

Ukuran Meja dan Tingginya

Tidak bisa tidak, Anda harus memperhatikan ukuran meja serta tinggi produk tersebut. Sebab ukura

meja billiard mdf
meja billiard mdf

n meja pasti berpengaruh pada fungsionalitas produk. Misalnya mengenai tinggi meja yang sebaiknya dibuat menurut hitungan rata-rata orang Indonesia. Jadi permainan bisa berjalan lancar sesuai standar yang berlaku.

Kelengkapan Komponen Meja

Di atas, telah dijelaskan komponen lengkap meja billiard. Bila Anda ingin membeli produk ini, Anda harus jelas mengetahui kelengkapan komponen meja tersebut. Tanpanya, meja tak akan bisa dipakai untuk melanjutkan permainan sama sekali. Apalagi bila yang tak ada adalah bagian yang krusial. Misalnya saja bagian pocket atau kantung sampai bagian permukaan meja yang memiliki sifat tersendiri.

Model Meja Billiard

Di atas, telah dijelaskan berbagai style desain atau model meja untuk permainan billiard yang sangat beragam. Ada model minimalis, nautical, modern, vintage, farmhouse, dan berbagai model furniture lainnya yang tak bisa disebutkan satu per satu. Tapi yang pasti, pilihlah model yang sesuai kebutuhan hingga cocok diterapkan pada ruangan dengan interior desain tertentu.

Kualitas Material Meja

Lengkap tak berarti bagus. Meski komponen meja lengkap sekalipun, tapi kualitas material meja juga perlu diperhatikan dengan baik. Hal ini sebetulnya berlaku universal ke berbagai produk meja lainnya. Misalnya pada meja dapur. Meja dapur yang baik terbuat dari bahan yang kualitasnya tinggi sehingga membuatnya tak mudah terkena noda. Kualitas seperti ini jelas harus diupayakan sebab terkait dengan aktivitas yang akan dilakukan pada meja. Pada meja billiard, aktivitas itu adalah permainan billiard.

Kualitas komponen meja, meski lengkap sekalipun, akan memberikan pengaruh tersendiri ke permainan yang dilangsungkan. Contoh adalah bagian pocket yang bisa saja terbuat dari:

1. Bahan plastik
2. Bahan karet
3. Bahan kulit

Tiap material tersebut dari plastik sampai kulit, memiliki ciri, kelebihan, dan kekurangannya masing-masing.

Aneka Model Meja Billiard

Model meja untuk permainan billiard? Ya. Anda tidak salah membaca sub judul. Kenyataannya, meja dari jenis ini pun bisa hadir dengan model atau style desain yang sangat beragam. Hanya, kita mungkin sering mengabaikannya karena selalu terbayang meja dengan style yang itu-itu saja.

Sampai hari ini sendiri, telah dibuat billiard table aneka rupa. Gaya-gaya dan model yang dianggap bagus sudah diterapkan, misalnya:

1. Vintage style
2. Bohemian
3. Gothic
4. Punk
5. Rock and Roll
6. Kontemporer
7. Minimalis
8. Modern
9. Farmhouse
10. Art Moderne
11. Natical
12. Dan masih banyak lagi yang tak bisa disebutkan satu demi satu.

meja billiard mewah

Bila Anda membutuhkan meja ini untuk usaha, tentu model meja yang dibeli harus diperhatikan. Usahakanlah agar meja sesuai dengan style interior ruangan di mana meja akan diletakkan. Dengan demikian, ruangan menjadi benar-benar terdesain dengan kuat sehingga lebih menarik dan sekaligus lebih mengesankan bagi pembeli. Misalnya, bila Anda punya usaha billiard dengan tema vintage, maka belilah produk bertema vintage juga. Bukannya malah sembarang membeli produk apalagi memilih dari jenis modern sampai minimalis.

Tips Membuat Meja Billiard

Di atas, telah kami sajikan informasi dan tips khusus untuk pembaca yang ingin membeli produk ini. Kini dengan berjamurnya toko mebel di banyak tempat, termasuk tempat jual online meja ini, jelas informasi ini dibutuhkan. Sebab, masyarakat perlu tahu mengenai produk yang dibelinya tersebut.

Tapi sebagian pembaca barangkali tak sekedar ingin tahu soal meja ini. Bahkan bisa jadi sebagian pembaca ingin bisa membuat sendiri produk meja tersebut, baik untuk pribadi maupun untuk kebutuhan usaha. Nah, berikut ini kami bagian tips untuk Anda yang ingin membuat meja tersebut. Jangan khawatir, tips-tips di bawah ini tak sulit diikuti kok.

1. Sama seperti para calon pembeli, Anda jangan terpaku pada desain meja yang itu-itu saja, Banyak lho desain meja billiard yang sangat menarik. Ada vintage, minimalis, sampai nautical. Semuanya mampu memberikan nuansa sendiri-sendiri. Untuk aplikasi modelnya sendiri tak sesulit yang dibayangkan. Bagi yang masih awam, berikan saja sentuhan mudah lewat teknik finishing yang tepat. Misal untuk menghadirkan kesan nautical, bisa diterapkan warna krem dengan aksen biru yang menawan.
2. Perhatikan kekokohan meja yang hendak Anda buat. Sebab bagaimanapun juga, meja ini dipakai untuk menunjang aktivitas permainan berupa olahraga billiard. Meski tak menanggung beban berat, tapi intensitas pemakaian meja ini bisa saja tinggi sehingga tetap harus kokoh dan tidak mudah rusak.
3. Meja benar-benar harus memiliki komponen yang lengkap mulai dari kaki meja, bagian permukaan, bagian felt, hingga bagian kantung.
4. Agar harganya lebih murah, pertimbangkanlah untuk menggunakan material yang tak mahal. Misalnya saja memanfaatkan kayu engineered atau olahan seperti MDF (Medium Density Fiberboard). Papan fiber dengan densitas medium ini merupakan alternative kayu solid yang baik untuk membuat produk yang murah. Finishingnya sendiri bisa dilakukan dengan veneer memanfaatkan lem laminasi Crossbond X4.
5. Perhatikan ukuran dan tinggi meja. Buatlah ukuran dan tinggi yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan pasar target meja Anda tersebut. Jangan menentukannya lewat keinginan Anda sendiri.

lem untuk dinding kayu

Sekiranya, demikian yang bisa lemkayu.net sajikan mengenai meja billiard. Meja olahraga ini rupanya harus dibeli dengan cermat dan hati-hati. Semoga bermanfaat ya!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here