Panduan Cara Membuat Meja Hias dengan Cabang Pohon

0
135
meja hias

Punya percabangan pohon yang tak terpakai? Kalau iya, yuk buat kreasi meja hias dengan bahan seperti ini. Yang diperlukan selain percabangan tersebut hanyalah lem Crossbond, dowel, serta beberapa tambahan potongan kayu.

Kalau Anda pernah jalan-jalan ke pameran furniture, Anda akan melihat bahwa di antara deretan meja yang memiliki tampilan unik, salah satu yang paling menonjol adalah meja yang terbuat dari bahan yang tak biasa. Di toko mebel pun, meja seperti ini punya tempat tersendiri. Beberapa ada yang terbuat dari burl atau bisul, bonggol, akar, hingga cabang-cabang pohon. Seringkali mebel-mebel tersebut dibuat sebagai kombinasi. Misalnya, bagian cabang sebagai kaki dan bagian burl sebagai papan permukaan meja. Bila Anda perhatikan, mebel-mebel tersebut kadang dihargai lebih tinggi dibanding mebel yang biasa. Bahkan banyak perusahaan mebel yang secara khusus memproduksi berbagai furniture tersebut untuk kebutuhan ekspor. Di era di mana style design yang sedang trend adalah style natural dan lawas, penggunaan bahan tersebut juga makin marak digunakan.

Apa yang membuat mebel seperti ini mahal? Tentu saja karena nilai estetikanya. Beberapa mebel seperti burl furniture juga tak mudah dibuat, sebab tak semua pohon berkayu memproduksi burl atau bisul. Tak heran, banyak pelaku usaha mebel khususnya eksportir yang menjadi “pemburu” bisul kayu dan bagian-bagian pohon yang dinilai estetik dan unik. Di kalangan masyarakat awam, ironisnya seringkali hal ini tak begitu diperhatikan. Banyak pengusaha mebel kecil dan menengah yang justru tak begitu peduli pada nilai estetika bisul atau bonggol yang sebenarnya bisa membawa untung besar. Apalagi material tersebut pun bisa dipakai untuk membuat aneka jenis mebel sebagaimana bagian pohon yang lain.

Membuat Meja Hias dengan Percabangan

Salah satu contoh mebel yang bisa dibuat dengan bahan burl sampai akar adalah meja hias atau decorative table. Sebagaimana namanya, meja seperti ini punya fungsi khusus untuk kebutuhan dekoratif. Jadi bila meja makan difungsikan untuk mendukung aktivitas konsumsi, meja ini difungsikan untuk membuat ruangan semakin bagus. Misalnya saja untuk meletakkan vas bunga dan juga lampu hias. Keberadaannya sering disepelekan, sebab tak punya fungsi utama seperti meja makan atau tamu. Sering, meja ini hanya dijadikan pelengkap dalam sebuah ruangan. Tapi kehadirannya ternyata mampu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keindahangan ruangan terkait.

CS Lem Kayu

Apakah meja seperti ini sulit dibuat? Bertolak belakang dengan pandangan banyak orang, meja seperti ini sama sekali tidak sulit dibuat. Salah satu bahan yang bisa diandalkan untuk menghasilkan meja ini adalah bagian dahan yang bercabang. Nah, di kesempatan ini, lemkayu.net akan membagikan tutorial mengenai cara membuat meja tersebut.meja hias burl

Cara Membuat Meja Hias dengan Percabangan Pohon

Alat dan Bahan

  1. Lem Crossbond. Kami hanya merekomendasikan Crossbond sebab belum tentu adhesive lainnya memiliki keunggulan sebagus Crossbond dalam merekatkan kayu.
  2. Dowel. Dowel merupakan alat penyambung kayu berupa silinder kecil dengan ukuran tertentu.
  3. Bagian batang yang bercabang. Pilih bagian yang memiliki estetika menarik, seperti misalnya lekukan yang indah.
  4. Amplas. Pilih amplas yang bisa digunakan untuk menghaluskan serat kayu dan amplas untuk menghaluskan hasil finishing.
  5. Papan untuk permukaan meja. Papan bisa berupa potongan kayu atau potongan batang secara langsung yang bentuknya masih membulat. Anda juga bisa menggunakan burl atau bagian bonggol akar. Bentuk burl atau bagian dekat akar pasti lebih menarik dibanding hanya membuat papan meja dari potongan membulat batang pohon.
  6. Papan untuk alas kaki. Bahan ini tak perlu digunakan apabila bagian bawah cabang pohon untuk kaki meja sudah setimbang.
  7. Berbagai alat woodworking standar mulai dari gergaji sampai alat tulis. Bila memungkinkan, jangan lupa sediakan alat klam atau clamp press.

Langkah-langkah Membuat Meja Hias dengan Percabangan Pohon

  1. Tentukan dulu tinggi meja berdasarkan cabang pohon yang Anda punya. Fleksibel saja. Namun seyogyanya tidak perlu membuat meja terlalu tinggi. Sebab meja yang akan dibuat adalah meja hias. Meja seperti ini biasanya hanya digunakan untuk meletakkan vas bunga atau lampu hias.
  2. Siapkan cabang. Bersihkan kulitnya.
  3. Selanjutnya lakukan pengamplasan sampai permukaannya halus dan rata.
  4. Siapkan papan permukaan meja dan alasnya. Alas sebaiknya lebih kecil dibanding papan permukaan meja. Namun keduanya harus tebal karena penyambungan dilakukan dengan aplikasi dowel. Selain itu, keduanya juga wajib memiliki permukaan yang benar-benar rata. (Sekali lagi, tidak perlu menggunakan alas apabila dirasa bagian kaki meja sudah stabil dan justru terlihat bagus tanpa penggunaan alas).
  5. Bor lubang pada cabang di area yang sudah ditentukan. Bor juga lubang pada papan permukaan meja. Papan hendaknya direkatkan pada posisi di tengah. Ini dilakukan agar meja hias seimbang jadi tidak goyah.
  6. Olesi dowel dengan lem kayu Crossbond. Olesi secukupnya saja namun merata.
  7. Lakukan penyambungan di antara keduanya.
  8. Timpa dengan beban agar lem merekat kuat. Anda juga bisa membalikkan posisi keduanya. Bila Anda punya clamp press, gunakanlah alat tersebut. Clamp akan membuat perekatan menjadi optimal.
  9. Lakukan hal yang sama pada bagian alas.
  10. Bersihkan lagi keseluruhan produk tersebut.
  11. Aplikasikan finishing dengan warna yang Anda sukai. Anda juga bisa menggunakan semir kayu Biopolish apabila merasa lebih suka dengan tampilan yang natural dan organic saja.

Tips Membuat Meja Hias Cabang Pohon Lebih Menarik

Apabila Anda sudah merasa menguasai langkah-langkah sederhana di atas, jangan takut untuk berkreasi lebih lanjut. Penggunaan cabang sebagai kaki meja bisa dibuat dengan teknik yang jauh lebih unik dan kreatif. Berikut ini beberapa tips tambahan yang bisa Anda aplikasikan.

  1. Aplikasikan finishing yang unik. Misalnya saja dengan menggunakan BioColours Glaze. Glaze akan membuat tampilan lebih kaya warna. Efek antik juga akan nampak dengan penggunaan cat glaze yang tepat.
  2. Kombinasikan dua cabang atau lebih sekaligus. Dengan menggunakan lebih dari 1 cabang, meja yang Anda buat pasti terlihat lebih khas dan unik.
  3. Aplikasikan decoupage bila dirasa cocok. Decoupage adalah teknik aplikasi kerajinan yang dilakukan dengan menempelkan gambar pada permukaan media. Aplikasi decoupage akan membuat meja terlihat seperti dilukis.
  4. Jangan segan menggunakan warna logam yang memang tak biasa. Warna-warna logam seperti emas atau perak akan membuat kesan mewah tersendiri pada meja yang Anda produksi.
  5. Pastikan burl, cabang, dan keseluruhan bahan yang digunakan memiliki kualitas yang baik. Bagian percabangan atau burl seringkali lebih muda dari kayu bagian batang utama. Karena itu, selektiflah dalam memilih bahan. Gunakan obat pengawet kayu bila dirasa bagian batang dan burl kurang awet.

meja burl

Nah, itulah tutorial lengkap untuk bisa membuat meja hias. Meja ini nantinya bisa Anda pasangkan dengan set meja tamu atau diletakkan di lorong rumah. Kehadirannya pasti akan membuat rumah Anda semakin menawan.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here