Mengenal Sambungan Dado dari Bentuk sampai Aplikasinya

0
125
sambungan dado (2)

Di antara sambungan kayu, kita mengenal dado joint alias sambungan dado. Seperti apa bentuk sambungan ini? Apa saja fungsinya? Dan kapan sebaiknya kita menggunakannya?

Pembuatan beragam produk kayu dilakukan dengan berbagai cara. Namun secara umum, kita akan membentuk kayu menjadi komponen tersendiri. Komponen-komponen ini kemudian disatukan satu sama lain sehingga membentuk kesatuan yang lebih fungsional. Meja, misalnya. Mulanya kita membuat kaki meja terlebih dahulu, baru setelah itu papan meja dan bagian lainnya. Komponen meja yang berbeda ini kemudian disatukan satu sama lain sehingga jadilah produk yang biasa kita sebut dengan nama meja.

Untuk menyatukan komponen produk kayu sendiri, kita tak bisa sembarangan memilih caranya. Orang awam yang baru membuat mebel barangkali hanya memakai paku dan pukul untuk menyatukan komponen tersebut. Tapi tukang yang lebih profesional jelas tak akan memakai cara seperti itu. Selain sekedar memaku komponen produk, bagian komponen yang akan disatukan didesain dengan bentuk khusus. Bentuk ini selanjutnya disebut dengan wood joint atau sambungan kayu. Jenis sambungan kayu sendiri sangat banyak, mulai dari yang sederhana sampai yang begitu rumit.

Nah, di antara aneka sambungan ini, terdapat dado joint atau sambungan dado. Dan kali ini, lemkayu.net akan mengupas tuntas mengenai sambungan tersebut.

CS Lem Kayu

Bentuk Dado Joint

Dado joint adalah sambungan yang populer di industri pengolahan kayu. Sambungan ini banyak diterapkan untuk kebutuhan konstruksi mebel seperti rak buku, kabinet, dan masih banyak lagi yang lainnya. Karena sangat umum digunakan, woodworker biasanya harus bisa menerapkan sambungan ini. Tapi untungnya, dado bukanlah sambungan yang sulit untuk dkbuat. Hanya saja, akurasi ukuran dan bentuk adalah hal yang tricky dan perlu dilatih.

Sambungan dado sendiri secara umum memiliki bentuk di mana dua kayu berbentuk panel atau papan yang lebar disambungkan membentuk huruf T. Salah satu kayu, dipotong bagian ujungnya sesuai dengan ukuran potongan pada kayu yang lain. Silahkan lihat gambar agar lebih jelas. Adapun dari jenisnya, terdapat setidaknya 3 tipe sambungan ini, yakni through dado, stopped dado, dan rabbet dado. Berikut ini penjelasannya.

sambungan dado tipe 1
  1. Through Dado / Dado Umum. Tipe ini merupakan jenis dado joint yang paling umum diterapkan. Bentuknya sederhana, di mana ujung salah satu potongan kayu dipotong di sisi atas dan bawahnya. Ukuran pemotongan disesuaikan dengan pemotongan pada kayu lain yang diterapkan di bagian tengah.
  2. Stopped Dado / Dado Tersembunyi. Sambungan ini dibuat apabila kita tak ingin memperlihatkan alur sambungan dado dari luar. Cara pembuatannya mirip dengan through dado, hanya saja di salah satu sisi kayunya tidak dipotong melainkan disisakan. Lihat gambar agar lebih jelas.
  3. Rabbet dan Dado. Bila dado tersembunyi menutupi alur sambungan di sisi samping, rabbet dan dado menutup sambungan di sisi atas atau bawah.

Contoh Aplikasi

  1. Untuk pembuatan rak buku. Sambungan dado bisa diaplikasikan pada penampang horizontal tempat rak dengan rangka rak yang vertikal.
  2. Untuk kabinet. Pembuatan kabinet juga bisa didukung dengan sambungan ini.
  3. Untuk pembuatan aneka jenis meja mulai dari meja makan sampai meja kopi
  4. Untuk pembuatan buffet
  5. Untuk pembuatan rak sepatu dan juga rak piring dari bahan kayu

Kapan Seharusnya Menggunakan dan Kapan Tidak?

sambungan dado
Stopped dado

Sambungan dado digunakan untuk berbagai kebutuhan yang telah disebutkan di atas. Pada dasarnya, ia digunakan bila kayu yang akan disambungkan berbentuk lebih lebar dengan nilai ketebalan yang rendah (tipis).

Sambungan Dado Butuh Lem Crossbond X3

Dalam aplikasinya, kita tak bisa membentuk struktur dado begitu saja lalu menyambungkan kedua komponen kayu. Yang ada, bila kita sekedar melakukan itu, produk kayu tak akan terbentuk sama sekali.

Diperlukan struktur penyambung yang menyatukan dado joint. Dan untuk kebutuhan ini, kita memerlukan lem yang tepat. Di pasaran sendiri berbagai produk lem telah tersedia di lapangan. Tapi lem yang kami sediakan di lemkayu.net hanyalah Crossbond X3.

Mengapa Crossbond X3?

  1. Pertama, lem ini merupakan lem PVAc atau polyvinyl acetate. Lem PVAc atau PVA adalah lem yang dikenal paling cocok untuk berbagai sambungan kayu, baik untuk mebel ataupun untuk bangunan.
  2. Lem ini diformulasikan khusus untuk area sambungan. Oleh sebab itulah, Crossbond X3 diberi nama lem untuk rangka atau struktural. Hal ini berbeda dengan varian Crossbond lainnya, yakni Crossbond X4 yang fungsinya untuk pengeleman pelapisan seperti aplikasi veneer.
  3. Lem ini memiliki berbagai kualitas yang baik, mulai dari daya rekat yang sangat kuat untuk sambungan dado, tidak mudah rusak ikatannya, dan juga memiliki kecepatan kering sangat baik.
  4. Adhesive sangat hemat, baik dari segi harga atau pemakaiannya. Lem ini bisa Anda beli dengan harga terjangkau dalam kemasan dengan solid content dan cover area lebih luas.
  5. Lem ini sangat mudah digunakan. Tidak diperlukan alat dan bahan ataupun keterampilan khusus dalam aplikasinya.
  6. Tidak merusak estetika produk, tidak glue line, tidak berbau menyengat, dan tidak tebal.
  7. Sangat aman dan ramah lingkungan. Lem ini tidak menggunakan formula dengan zat-zat toksik di dalam kandungannya.
crossbond x3

Berbagai hal di ataslah yang membuat Crossbond X3 sangat cocok untuk sambungan dado. Aplikasinya bisa diterapkan pada berbagai dado joint, khususnya untuk kebutuhan indoor. Misalnya untuk sambungan mebel dan struktur bangunan dalam ruangan.

Yuk, Beli Lem Crossbond X3 di Sini!

rabbet-dado-joint
rabbet dado joint

Aplikasi sambungan dado memang membutuhkan lem yang tepat. Dan adhesive terbaik yang bisa digunakan adalah Crossbond X3. Pesan Crossbond X3 sekarang juga dengan cara sebagai berikut.

  1. Pemesanan secara online di toko daring. Produk kami sudah bisa Anda beli di berbagai online shop. Silahkan pesan sekarang juga dan dapatkan produknya. Untuk prosedur, tak berbeda dengan prosedur toko daring tersebut.
  2. Pemesanan secara online di lemkayu.net. Crossbond X3 juga sudah bisa Anda beli langsung di lemkayu.net. Caranya sangat mudah. Hubungi Customer Service kami sekarang juga untuk melakukan pemesanan. CS kami pasti akan memandu Anda dengan profesional dan ramah.

Pembelian Crossbond X3 juga bisa Anda lakukan secara langsung. Anda bisa membeli lem kami dengan mengunjungi Bio Service Point. Saat ini, Bio Service Point berlokasi di Yogyakarta, Cirebon, dan juga Jepara. Kunjungan Anda pasti akan sangat kami nantikan! Di sini, juga tersedia berbagai produk pengolahan kayu lainnya mulai dari cat, pengawet kayu, pemutih kayu, dan masih banyak lagi. CS dan teknisi kami akan melayani Anda dengan ramah dan baik.

Demikian informasi mengenai sambungan dado ini. Semoga bermanfaat. Terus ikuti berbagai informasi menarik lainnya di lemkayu.net.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here