Mengenal Merk Lem Kayu Terbaik dari Fox sampai Crossbond

0
839
kekuatan lem

Bagaimana caranya kita menentukan mana merk lem kayu terbaik dari berbagai brand di pasaran? Yuk, simak informasinya di bawah ini.


Bahasan mengenai perekatan bukanlah bahasan yang sederhana. Memang orang awam yang melihatnya akan menyebut masalah perekatan sekedar perkara tempel menempel. Padahal, sesungguhnya persoalannya lebih dari itu. Apalagi persoalan perekatan dalam industri woodworking. Bukankah bukan perkara mudah untuk mengelem kayu-kayu dengan adhesive yang tahan terhadap beban sampai paparan air?

Beli Cat Duco

Bicara mengenai pengeleman dari sisi keilmuan artinya harus menggabungkan disiplin ilmu fisika, kimia, hingga biologi. Penggabungan tersebut diperlukan untuk mengetahui sifat adhesive, kekuatan yang mampu diciptakan, fungsi pembuatannya, hingga kecocokannya dengan kayu pada level molekuler. Contohnya saja adhesive untuk laminasi versus adhesive untuk mengisi celah. Adhesive untuk laminasi harus punya partikel kecil yang mampu merasuk ke dalam substrat kayu dan melakukan perikatan dengan sel-sel kayu tersebut. Ini berbeda dengan lem untuk mengisi celah yang tak boleh berukuran terlalu kecil. Lem justru harus punya ukuran partikel yang lebih besar dari pori-pori kayu agar bisa mengisi celah-celah yang rusak dan harus diratakan dengan pengisian tersebut.

Bagaimana Cara Memilih Merk Lem Kayu Terbaik?

Dengan memahami bahwa bidang perekatan bukanlah bidang yang sepele, lantas bagaimanakah cara memilih adhesive yang paling tepat? Di lapangan sendiri, tentu kita sudah tak asing dengan brand-brand lem terkenal seperti lem Fox, Eva Phaethon, Crossbond, hingga lem Presto. Berbagai lem tersebut tentu punya kualitas masing-masing serta spesifikasi penggunaannya. Jadi, bila kita ingin menggunakan adhesive secara profesional, misalnya untuk kebutuhan usaha, tentunya memilih adhesive pun tak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Kriteria yang digunakan untuk memilih lem bisa diuraikan dalam berbagai poin mulai dari ketahanan, kekuatan, hingga cara aplikasi lem. Namun untuk memudahkan pembaca, kami akan membagi berbagai kriteria tersebut dalam 3 kriteria umum saja. Di luar persoalan pengeleman yang memang rumit, ketiga kriteria ini akan membantu Anda untuk mendapatkan merk lem kayu terbaik.

3 Kriteria Ideal Lem untuk Pelaku Usaha

Lem Mampu Meningkatkan Kualitas Produk

Lem yang bagus harus mampu meningkatkan kualitas produk. Karena lem digunakan untuk menyambungkan komponen produk, maka kualitas yang bisa dinilai adalah kekokohan produk, kestabilan sambungan, dan efeknya pada estetika. Pilihlah adhesive yang kuat dan tak mudah rusak sehingga produk kokoh dan awet. Untuk membuat estetika produk terjaga, gunakanlah adhesive yang tidak menyebabkan glue line atau efek warna pada lem. Faktor lain seperti efek lem pada bau produk juga perlu diperhatikan. Ada baiknya bila lem yang kita gunakan tidak menyebabkan produk memiliki bau menyengat.

Lem Mampu Menurunkan Cost of Production

Apa artinya merk lem kayu terbaik namun menyebabkan budget produksi membengkak? Sia-sia bukan? Karena itu, dari segi praktikal dalam dunia bisnis, lem yang baik haruslah lem yang hemat digunakan. Namun perkara hemat ini tak bisa bila hanya dilihat dari segi nominal harga saja. Mengapa? Karena pada kenyataannya, banyak lem yang dijual murah tapi malah membuat budget membengkak. Misalnya pemakaian adhesive super terjangkau yang menyebabkan kekuatan sambungan kurang baik. Akibatnya, terjadi kegagalan pengeleman di sana-sini yang bukan hanya menyebabkan jumlah produksi berkurang, namun juga terhambat kecepatannya.

Untuk menilai apakah lem mampu menurunkan cost of production atau tidak, perhatikan aspek yang lain seperti kualitas kekuatannya, cover area lem, solid content adhesive, hingga daya sebarnya. Masalah nominal harga harus Anda cocokkan dengan berbagai faktor tersebut. Barulah dengan kecermatan semacam ini kita bisa mendapatkan lem yang benar-benar “murah” dan mampu membuat ongkos produksi turun.

Lem Tidak Menyebabkan Produk Berbahaya

Selain masalah kualitas dan harga, ada faktor lain yang secara khusus ingin kami garis bawahi. Faktor tersebut adalah masalah keamanan adhesive. Mengapa ini penting?

Adhesive sebagaimana berbagai produk modern lainnya diciptakan dengan bahan sintetis. Tak jarang bahan-bahan seperti ini diformulasikan dengan zat-zat yang kurang aman dipakai. Misalnya, penggunaan lem-lem berbasis solvent atau minyak. Pemakaian adhesive seperti itu sangat membahayakan. Pasalnya, lem solvent bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan mulai dari yang ringan sampai yang sangat berat seperti kanker.

Contoh kandungan dalam solvent based glue yang membahayakan adalah formalin. Senyawa ini jelas akan membuat produk yang dilem dengannya ikut dicap membahayakan. Merk lem kayu terbaik jelas tak boleh mengandung senyawa-senyawa seperti formalin. Apalagi dengan memperhatikan dua trend belakangan ini. Trend pertama adalah minat masyarakat yang tinggi akan produk eco friendly. Trend kedua adalah makin ketatnya regulasi atau peraturan pemerintah mengenai masalah keamanan. Oleh sebab itulah, maka sebaiknya pemakaian lem dengan kandungan aman sebaiknya diprioritaskan malah bila perlu diwajibkan.

Merk Lem Kayu Terbaik Berdasarkan 3 Kriteria di Atas

Didasarkan ketiga kriteria di atas, merk adhesive yang kami sarankan adalah Crossbond. Adhesive ini kami rekomendasikan untuk industri mebel atau furniture, pembuatan boneka Barbie dan mainan kayu, pembuatan kitchenware dari kayu dan bambu, industri mebel bambu, konstruksi bangunan dengan elemen kayu, hingga pembuatan kayu olahan seperti kayu lapis.
Crossbond memiliki feature mulai dari ketahanan yang sangat baik, keamanan hingga level food grade, dan harga terjangkau. Ringkasnya, lem ini:
1. Sangat kuat dengan PVAc water based inner cross linker modifier
2. Tahan lama
3. Tahan panas, solvent, dan air
4. Mudah digunakan
5. Tidak menyebabkan glue line
6. Standar kekuatan tinggi
7. Tidak menyebabkan bau menyengat
8. Cover area luas dan solid content tinggi

Crossbond terdiri atas Crossbond X3 dan Crossbond X4. Crossbond X3 bisa Anda gunakan untuk pembuatan rangka produk seperti pembuatan kursi, buffet, lemari, meja dan berbagai mebel lainnya. Sedangkan Crossbond X4 bisa digunakan untuk pemasangan elemen bangunan dan pembuatan kayu olahan. Lem ini bisa digunakan untuk pemasangan lantai kayu parket dan decking eksterior, wall paneling, pembautan blockboard dan plywood, serta kebutuhan serupa lainnya.

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Merk lem kayu terbaik Crossbond bisa Anda dapatkan dengan harga Rp. 45.000,- untuk Crossbond X3 dan Rp. 50.000,- untuk Crossbond X4. Lem ini akan menjadikan budget produksi lebih hemat dengan harganya yang murah tersebut.

Membeli Merk Lem Kayu Terbaik Crossbond

Dapatkan Crossbond dengan memesan via Customer Service kami. Anda bisa memperoleh lem ini dengan layanan terbaik kami dan pengiriman yang akan dilakukan secepatnya. Kami juga telah membuka layanan pemesanan via berbagai online shop bagi Anda yang terbiasa belanja online di berbagai marketplace. Sedangkan untuk pembelian langsung, Anda bisa menghubungi kami di kantor dan agen Bio Industries.

Semoga bermanfaat. Jadikan mebel dan elemen konstruksi lebih baik dengan merk lem kayu terbaik Crossbond X3 dan Crossbond X4.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here