Mengenal Kayu Cempaka dari Karakter sampai Fungsinya

0
16
kayu cempaka

Jangan hanya mengenal jati dan mahoni. Di Indonesia, varian kayu masih begitu banyak yang bisa diolah untuk menghasilkan berbagai produk yang bagus. Salah satunya adalah kayu cempaka atau baros. Salah satu fungsi kayu ini tentu saja untuk dibuat sebagai salah satu material lantai kayu dan aneka mebel nan cantik.

Siapa kenal dengan kayu cempaka? Kalau Anda terbiasa dalam industri pengolahan kayu, barangkali nama ini tak asing di telinga. Namun bagi masyarakat awam, keberadaan kayu tersebut tak jarang kurang dikenal. Bahkan banyak yang tak mengenalnya sama sekali. Selama ini, masyarakat secara umum hanya mengenal kayu-kayu populer seperti jati dan mahoni. Varian kayu lainnya yang sebenarnya memiliki potensi besar untuk diolah menjadi terabaikan. Hal ini jelas merugikan. Sebab dengan minimnya pengetahuan akan jenis kayu dan produk yang bisa dihasilkan, konsumen cenderung memilih produk yang “itu-itu” saja. Akhirnya penjual pun akan menuruti permintaan konsumen. Pasar menjadi dipenuhi permintaan mebel yang sudah populer seperti mebel jati.

Permintaan jati pun meningkat. Supply jati berkurang dan jati-jati muda yang seharusnya belum ditebang kini ditebang untuk memenuhi keinginan pasar tersebut. Coba bayangkan bila kondisinya tidak seperti ini. Bila permintaan jati tidak setinggi ini, bukan hanya penebangan pohon jati muda bisa dicegah, namun kayu lain yang potensinya bagus pun bisa dimanfaatkan lebih jauh. Dan kayu cempaka adalah salah satunya.

Champaca wood atau juga sering disebut sebagai kayu baros adalah kayu yang sebetulnya telah banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Kayu ini banyak ditemukan di Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, hingga Nusa Tenggara Timur. Cempaka juga biasa disebut dengan nama aimot, waisan, dan minjaran. Nama ilmiah pohon penghasil kayu ini adalah Elmerillia sp dan tergolong dalam keluarga Magnoliaceae. Berikut ini karakteristik kayu tersebut.

Karakter Kayu Cempaka

kayu cempaka (2)
  1. Warna kayu: bagian kayu teras atau bagian dalam memiliki warna kuning hingga coklat kemerahan
  2. Tekstur: agak kasar
  3. Arah Serat: lurus
  4. Kelas awet: II
  5. Kelas kuat: III-IV
  6. Kembang susut: kecil
  7. Daya retak: rendah
  8. Tingkat kekerasan: agak lunak – agak keras
CS Lem Kayu

Berdasarkan data di atas, bisa kita katakan bahwa kayu ini memiliki keunggulan sebagaimana juga kekurangan. Kayu ini unggul dari segi keawetan meski masih kalah dibanding jati yang berada di kelas I. Sedangkan kekurangannya terlihat pada kelas kuat kayu dan tingkat kekerasannya. Bisa dikatakan, cempaka punya potensi besar untuk dimanfaatkan. Masyarakat tak punya alasan untuk bisa menolak produk cempaka apalagi bila produk tersebut telah diolah dengan baik.

Bisa Digunakan untuk Membuat Berbagai Produk

Sama seperti jati, pinus, dan lainnya, kayu ini juga bisa digunakan untuk menghasilkan berbagai produk. Salah satunya adalah mebel. Ada sangat banyak ragam furniture yang bisa dibuat menggunakan material kayu cempaka. Contohnya meja, kursi, bangku, almari, hingga buffet. Bila kita bandingkan dengan mebel dari kayu jati, mebel dari kayu ini cenderung lebih murah. Jadi, keuntungan pun bisa dinikmati baik oleh pembeli ataupun penjual.

kerajinan kayu cempaka

Selain bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis mebel, kayu ini juga bisa digunakan untuk membuat berbagai komponen bangunan. Contohnya digunakan untuk membuat kusen jendela, kusen pintu, bantalan, lantai gedung, dan papan. Bagaimana dengan konstruksi? Disebabkan karena kekuatannya yang kurang, kayu cempaka ideal digunakan untuk konstruksi yang ringan saja. Selebihnya, kayu ini juga bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis kerajinan. Pemahatan atau pengukiran akan lebih mudah dengan tingkat kekerasan kayu yang tak begitu tinggi.

Di masyarakat tradisional sendiri kayu ini kerap dipakai sebagai komponen bangunan rumah adat woloan. Rumah adat woloan adalah rumah adat masyarakat minahasa. Rumah-rumah woloan punya keindahan tersendiri sebagaimana rumah adat lainnya di Indonesia. Dan, kayu cempaka seperti telah disebutkan adalah kayu yang banyak dipakai untuk membuat rumah adat yang sangat menarik ini.

Perlu Lem yang Tepat

Salah satu pemanfaatan kayu cempaka, seperti diterangkan sebelumnya adalah digunakan untuk membuat lantai kayu. Dan, tak bisa dipungkiri bahwa lantai dari jenis kayu baros ini memang sangat menawan. Selain itu ada beberapa varian yang dipilih berdasarkan warnanya. Lantai juga bisa bertahan lebih lama atau awet. Sebab kelas awet kayu ini tergolong sangat baik. Yang Anda perlu perhatikan hanyalah lem untuk mengaplikasikan lantai tersebut, yang untungnya sudah tersedia dalam bentuk lem Crossbond X4.

lem kayu terbaik

Crossbond X4 merupakan lem yang paling tepat digunakan untuk pemasangan lantai dari kayu cempaka. Selain merupakan lem yang kuat dan bisa dipakai untuk heavy duty, lem ini juga sudah termasuk lem laminasi untuk kebutuhan perekatan lantai kayu pada umumnya.

Lantas bagaimana dengan pembuatan produk mebel dan konstruksi kayu ini? Untuk kebutuhan tersebut, diperlukan lem yang berbeda dari lem laminasi. Tipe adhesive yang diperlukan adalah adhesive berbasis konstruksi. Anda bisa menggunakan Crossbond X3 untuk kebutuhan ini. Crossbond X3 adalah indoor adhesive untuk perekatan pada area penyambungan. Sebagaimana Crossbond X4, lem ini juga unggul karena memiliki daya rekat kuat, tidak glue line, awet, mudah digunakan, dan tentu saja harganya pun sangat hemat.

Yuk, Pesan Crossbond, Begini Caranya!

Tunggu apalagi? Untuk kebutuhan perekatan aneka produk kayu cempaka di atas, mau tak mau kita memang harus menggunakan lem yang tepat dan benar-benar berkualitas. Tanpa lem yang bagus, produk dari kayu terkait akan hadir dalam kualitas yang buruk dan justru bisa merugikan kita.

Untuk pemesanan Crossbond sebagai lem yang kami sediakan untuk produk kayu cempaka sendiri sejatinya sangat mudah dilakukan. Pertama, Anda bisa membeli lem ini secara langsung. Bagi Anda yang tinggal di Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon (serta area sekitarnya), Anda bisa mampir ke Bio Service Point. Di Bio Service Point, selain membeli lem ini, Anda juga bisa membeli aneka produk Bio lainnya mulai dari cat ramah lingkungan, white agent, sampai pengawet kayu.

Kedua, Anda bisa membeli lem ini secara online. Pembelian secara online bisa dilakukan dalam dua cara.

  1. Yang pertama adalah pembelian via website ini. Tersedia nomor kontak Customer Service di website ini yang bisa Anda hubungi untuk mendapatkan Crossbond X4. Anda akan diarahkan untuk mengikuti tahapan pemesanan dengan jelas dan ramah oleh CS kami.
  2. Yang kedua, pembelian di berbagai marketplace atau toko online seperti Tokopedia dan Bukalapak. Cara ini bisa dilakukan dengan memesan produk kami via online shop yang menjadi langganan Anda.
lantai cempaka

Nah, Anda tinggal memilih cara pemesanan yang paling tepat dilakukan. Semoga bermanfaat ya! Selalu gunakan Crossbond untuk produk berbasis kayu cempaka yang berkualitas baik.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here