Mengenal Aneka Jenis Furniture Kantor dan Lem Terbaik untuk Membuatnya

0
169
furniture kantor (2)

Ada sangat banyak tipe atau jenis furniture kantor. Kali ini, lemkayu.net akan mengupas tuntas mengenai tipe mebel ini. Tak lupa, simak rekomendasi kami mengenai lem terbaik untuk membuat mebel.

Pengertian Furniture Kantor

Apa itu mebel kantor? Mebel kantor atau office furniture adalah salah satu jenis mebel yang memiliki guna sangat spesifik. Sebagaimana yang terindikasi pada namanya, mebel seperti ini difungsikan sebagai sarana untuk kebutuhan kerja, teruatama di kantor. Namun tentu saja kantor yang dimaksud bukan hanya kantor perusahaan. Kantor yang dimaksud juga bisa merupakan kantor sekolah, universitas, lembaga masyarakat, dan berbagai tempat lainnya.

Secara spesifik, office furniture didesain untuk kebutuhan kerja. Karena itu, ia memiliki perbedaan besar dengan perabot rumah tangga yang kita kenal. Contohnya bisa Anda lihat pada desain yang diterapkan. Coba perhatikan, kebanyakan furniture kantor didesain dengan gaya yang mencerminkan nilai-nilai ideal dunia kerja. Misalnya, gaya modern dan minimalis. Kedua gaya tersebut menghadirkan kesan efisien, efektif, dan tegas. Hal ini berbeda, dengan perabot di rumah kita. Contohnya perabot untuk ruang makan. Meja makan biasanya didesain dengan gaya yang hangat. Kalaupun ada meja makan yang dibuat dengan style minimalis, jumlahnya tidaklah semayoritas pada office furniture.

Berapa Harga Furniture Kantor?

Bicara mengenai office furniture, tentu tak afdol bila kita tidak membahas harganya. Harga mebel seperti ini sendiri secara umum sangat beragam. Ada mebel yang harganya sangat mahal, namun ada juga yang sangat murah. Contoh mebel kantor yang mahal adalah aneka produk kursi direktur atau office chair.

CS Lem Kayu

Satu office chair diharhai dengan kisaran angka ratusan ribu rupiah. Sedangkan kursi biasa yang kita kenal, jelas harganya jauh lebih murah. Sebenarnya, hal ini dipengaruhi berbagai faktor. Salah satunya, adalah fakta bahwa masih banyak office furniture import. Kalaupun tidak, seringkali office furniture tersebut membutuhkan material yang diimport. Karena itulah, harga produk tersebut menjadi tinggi.

kursi direktur

Padahal, dengan digunakan di kantor, sejatinya permintaan akan furniture kantor yang murah sangat mendesak. Sebab, kebutuhan usaha jelas tidak mau terlalu berfoya-foya dengan membeli produk yang tak bisa langsung memberikan keuntungan. Apalagi bila kantor tersebut masih merupakan kantor baru. Beberapa pengusaha mebel kantor kemudian menyiasatinya dengan beberapa cara. Misalnya saja dengan memanfaatkan kayu olahan untuk menghindari penggunaan kayu solid. Seperti yang kita tahu, harga kayu solid memang sangat mahal, jadi penggunaannya bisa membuat biaya produksi membengkak.

Apa Saja Jenis Furniture Kantor?

Dilihat dari jenisnya, ada sangat banyak varian mebel kantor. Berbagai varian tersebut didesain dengan bentuk dan fungsi spesifik. Keseluruhannya, berbagai mebel kantor tersebut dimaksudkan untuk mendukung fungsi yang sama, yaitu untuk mendukung proses kerja di kantor.

Berikut ini adalah contoh beberapa furniture atau furniture kantor.

Meja dan Kursi Staff

meja staff

Meja dan kursi staff adalah pasangan meja dan kursi yang biasa digunakan oleh karyawan. Namun meja dan kursi ini juga biasa digunakan untuk direktur dan atasan lainnya. Biasanya, meja dibuat dengan desain khusus untuk digunakan saat karyawan memakai komputer. Meja juga dilengkapi dengan beberapa komponen seperti laci dan rak. Sedangkan kursinya berupa kursi khusus yang portable dan bisa dinaikkan ataupun diturunkan. Khusus untuk meja staff, kadangkala didesain untuk pengguna lebih dari 1 orang. Bahkan kadang didesain dalam bilik buatan yang membentuk kotak-kotak tersendiri.

Meja dan Kursi Resepsionis

furniture kantor meja resepsionis

Meja dan kursi resepsionis adalah meja dan kursi representatif tiap kantor. Meja ini diletakkan di bagian depan, yakni lobby gedung. Di sinilah, tamu yang bertandang melihat kantor untuk pertama kalinya dan dilayani oleh customer service atau resepsionis yang berjaga. Meja biasanya dibuat khusus dengan bentuk menyerupai meja kasir. Kadangkala, meja didesain dengan nama brand perusahaan atau lembaga terkiat.

Meja Jualan dan Meja Kasir

meja kasir

Beberapa kantor sering merangkap sebagai tempat untuk menjual produk. Dalam hal ini, varian furniture kantor yang tersedia menjadi lebih banyak dengan tambahan beberapa meja. Dua di antaranya adalah meja jualan dan meja kasir. Meja jualan dipakai untuk display produk, sedangkan meja kasir dipakai untuk tempat pembayaran konsumen.

Meja dan Kursi Rapat

furniture kantor meja rapat

Set meja dan kursi kantor berikutnya bisa dilihat pada meja dan kursi untuk rapat. Keduanya biasanya didesain sangat spesifik, khususnya meja rapatnya. Meja rapat biasanya memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibanding meja kantor yang lain. Meja seperti ini bisa hadir dengan beberapa macam bentuk, mulai dari persegi, persegi panjang, bundar, hingga U dan O.

Berbagai Perabot yang Mendukung lainnya

Masih banyak sebenarnya varian furniture kantior, termasuk di antaranya adalah furniture yang diletakkan di area dapur dan kantin. Toh, bagaimanapun juga, mebel-mebel tersebut dibutuhkan untuk kebutuhan pekerja bukan? Begitu pula dengan meja sofa yang diletakkan di lobby untuk menyambut para tamu.

Lem yang Kami Rekomendasikan untuk Membuat Mebel

Apapun jenis furniture kantornya, dibutuhkan lem yang tepat untuk membuat produk tersebut. Mengapa lem? Anda mungkin bertanya-tanya. Sebab, pada pembuatan mebel, lem memiliki peran penting sepertihalnya paku dan skrup. Bahan penyambung ini pun memiliki pengaruh pada berbagai aspek mebel, misalnya:

  1. Kekokohan furniture
  2. Keseimbangan struktur furniture
  3. Estetika furniture
  4. Keamanan furniture

Lemkayu.net merekomendasikan dua lem kayu yang bisa Anda gunakan untuk membuat berbagai furniture kantor di atas. Keduanya adalah:

Crossbond X3

Lem Kayu untuk Gitar yang TepatCrossbond X3 merupakan lem PVAc water based untuk merekatkan rangka produk. Lem ini didesain sebagai lem konstruksi indoor dan bisa digunakan pada pembuatan mebel hingga rangka bangunan. Lem ini memiliki berbagai kelebihan mulai daya rekatnya yang sangat baik, tahan lama, mudah digunakan, cepat kering, tidak menyebabkan glue line, cover area luas, murah, dan ramah lingkungan.

Crossbond X4

Crossbond X4 merupakan lem PVAc water based untuk perekatan tipe laminasi. Lem ini didesain sebagai lem laminasi outdoor dan indoor dan bisa digunakan pada pembuatan mebel hingga bangunan. Bahkan lem ini bisa digunakan untuk perekatan decking dan parket pada kondisi heavy duty. Lem ini memiliki berbagai kelebihan mulai daya rekatnya yang sangat baik, tahan lama, mudah digunakan, cepat kering, tidak menyebabkan glue line, cover area luas, murah, dan ramah lingkungan.

Gunakan Crossbond X3 dan Crossbond X4 sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, bila Anda ingin membuat furniture kantor dari kayu solid, dan membutuhkan lem untuk dowel hingga finger joint, maka gunakanlah Crossbond X3. Sedangkan bila Anda membutuhkan lem untuk pelapisan (misalnya aplikasi veneer) pada MDF dan kayu olahan yang lain, maka gunakanlah Crossbond X4.

Semoga bermanfaat. Jadikan furniture kantor berkualitas dengan lem kayu yang juga berkualitas, Crossbond!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here