Memilih Merk Lem untuk Kayu Gitar yang Bagus dari Mahoni sampai Ebony

0
357
gitar mahogany

Ingin membuat gitar yang bagus? Tentu Anda harus menyiapkan bahan baku kayu yang juga bagus. Tapi selain itu, diperlukan juga merk lem untuk kayu gitar dengan kualitas yang harus sama baiknya.

Beli Cat Duco

Kualitas gitar bisa dilihat dari berbagai aspek. Namun sebagai alat musik, tentu saja bagus tidaknya gitar pertama-tama harus dilihat berdasarkan kualitas suara yang dihasilkan. Untuk mewujudkan ini, tentu ada usaha yang harus dilakukan. Pengrajin gitar pun harus mereka yang sudah profesional membuat alat musik petik ini. Tapi selain keahlian dari para pengrajin, dukungan lain juga dibutuhkan dari aspek kualitas bahan yang digunakan. Setidaknya, ada dua bahan yang tak boleh diabaikan kualitasnya bila Anda ingin menghasilkan gitar yang bagus. Keduanya adalah bahan baku kayu dan merk lem untuk kayu gitar yang bagus.

Kualitas Kayu

Tidak semua kayu bisa digunakan untuk membuat gitar yang kualitasnya baik. Jadi, ketika akan membuat alat musik ini, pastikanlah Anda hanya menggunakan kayu-kayu yang memang direkomendasikan untuk membuat gitar. Berikut ini di antaranya:

Basswood

Basswood merupakan salah satu kayu yang banyak digunakan untuk membuat gitar. Secara khusus, basswood adalah kayu yang harganya relatif lebih murah dibanding kayu yang lain. Akibatnya, gitar yang memakai kayu ini pun bisa didapat dengan harga yang lebih terjangkau. Meskipun demikian, bukan berarti kualitas gitar dari basswood buruk. Justru kayu ini memiliki tone yang baik dan suara yang cenderung hangat. Beberapa brand gitar bahkan memakai basswood untuk produk high end mereka.

Rosewood

Rosewood adalah kayu yang juga sering dipakai dalam pembuatan gitar. Rosewood biasanya digunakan pada bagian fretboard gitar. Kayu ini memiliki karakter warna gelap dan alur yang sangat khas sehingga terlihat mencolok dan mudah dikenali. Rosewood, secara tonalitas memiliki sifat yang lebih warm dibandingkan kayu maple.

Mahogani atau Mahoni

Kayu mahoni seperti kayu maple adalah material yang sudah lumrah dipakai dalam industri pembuatan gitar. Mahoni banyak digunakan untuk pembuatan bagian body maupun bagian neck. Dengan menggunakan kayu ini, suara gitar cenderung terasa lembut (soft) dan warm. Karena bobotnya yang berat, mahoni juga akan menghasilkan kesan punchy. Anda bisa mendapati gitar yang sering memanfaatkan kayu ini pada merk-merk seperti Gibson, SG, hingga Les Paul. Warnanya yang gelap pun akan membuat gitar begitu memukau secara estetika. Tak mengherankan bila kayu dari kayu mahoni secara umum lebih mahal dibanding kayu lainnya.

Ebony

Kayu eboni yang memikat dengan warnanya yang gelap bahkan cenderung hitam juga merupakan kayu yang ideal untuk pembuatan gitar. Namun secara umum, ebony khusus digunakan untuk bagian neck atau leher gitar. Kayu ini memiliki kepadatan yang sangat baik sehingga intonasi gitar pun ikut menjadi baik.

Ash

Ash adalah kayu yang memiliki karakter mirip dengan kayu alder. Akan tetapi kayu ini memiliki warna yang lebih cerah. Selain itu ash juga memiliki alur kayu yang sangat menarik. Beberapa brand gitar sering menggunakan kayu ash. Misalnya saja brand gitar Fender.  gitar kayu ash

Sedangkan dari segi kualitas aneka spesies kayu di atas, Anda harus memperhatikan:

  1. Tua tidaknya kayu, semakin tua, kualitas kayu semakin baik

2. Adanya lubang-lubang yang harus dihindari

3. Kepadatan kayu

4. Warna kayu, yang akan berdampak pada estetika gitar

5. Jenis kayu, apakah termasuk gubal atau teras

Merk Lem untuk Kayu Gitar juga Harus Bagus

Seperti disebut di atas, lem yang digunakan dalam pembuatan gitar juga harus benar-benar baik. Idealnya, adhesive memiliki karakter:

  1. Kuat. Dengan lem yang kuat, struktur body dan bagian lainnya dari alat musik tersebut akan tepat sesuai desain. Sehingga suara yang dihasilkan akan bagus dan bentuk gitar juga menarik.
  2. Tahan lama, sehingga ikatan lem tidak mudah rusak tatkala gitar dipakai dalam kondisi tidak ideal. Lem seyogyanya memiliki karakter tahan air, solvent, hingga panas.
  3. Tidak menyebabkan glue line, sehingga tidak merusak warna gitar
  4. Cepat kering supaya jalannya proses produksi lebih lancar
  5. Hemat digunakan, solid content tinggi, dan cover area luas
  6. Tidak mengandung zat-zat membahayakan yang tidak sesuai dengan regulasi pasar setempat
  7. Tidak menyebabkan bau pedas menyengat yang bisa membuat gitar kurang disukai konsumen

Kami Rekomendasikan Crossbond

Merk lem untuk kayu gitar yang kami sarankan untuk pembaca adalah Crossbond X3 dan Crossbond X4. Kedua adhesive ini merupakan lem berbasis polyvinyl acetate atau biasa disebut PVAc. Crossbond, sesuai dengan kriteria lem di atas memiliki kekuatan yang baik, tahan lama, tidak menyebabkan glue line, hemat, tidak berbahaya, dan tidak menyebabkan bau pedas yang menyengat.

Crossbond X3 bisa Anda gunakan untuk menyambungkan rangka gitar sekaligus memperbaiki bagian gitar yang patah. Adhesive ini merupakan lem konstruksi yang kekuatannya sudah teruji di industri woodworking seperti pembuatan furniture dan rangka bangunan. Dalam pembuatan gitar, Crossbond X3 sudah pasti akan memberikan kualitas terbaiknya untuk Anda.

Sedangkan Crossbond X4 adalah lem yang bisa Anda gunakan untuk laminasi. Misalnya saja apabila Anda hendak menempelkan veneer dan pelapis lainnya pada gitar, maka Crossbond X4 adalah merk lem untuk kayu gitar paling tepat digunakan. Adhesive ini juga sangat kuat dan tahan lama. Bahkan Crossbond X4 merupakan lem heavy duty sehingga penggunaannya akan mampu menjaga gitar tak rusak dalam kondisi tidak ideal.

Kedua varian Crossbond tersebut cocok digunakan untuk berbagai jenis kayu yang disarankan dalam pembuatan gitar. Pasalnya, Crossbond pada dasarnya adalah adhesive yang didesain untuk kebutuhan perekatan bahan kaya selulosa. Lem ini cocok untuk mahoni, ebony, ash, hingga kayu-kayu untuk gitar lainnya. Sebagai lem dengan inner cross linker modifier, lem ini bekerja dengan meresap ke dalam produk lalu melakukan ikatan dengan bahan kayu secara kuat dan stabil. Sebagai efek positifnya, kekuatan ikat Crossbond menjadi salah satu yang terbaik di pasaran.

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Yuk, Pesan Crossbond di Sini!

Ayo, pesan dan nikmati keunggulan Crossbond sekarang juga. Merk lem untuk kayu gitar ini bisa Anda beli dengan cara yang sangat mudah. Sebab, saat ini, Crossbond bisa dibeli secara online langsung dengan memesan di lemkayu.net.

Crossbond juga tersedia di berbagai marketplace mulai dari Tokopedia sampai Bukalapak. Anda bisa melakukan pembelian di berbagai online shop tersebut tanpa perlu khawatir akan perbedaan kualitas dan harga adhesive ini. Selama Anda membeli langsung dari kami atau agen-agen kami, kualitas dan harga Crossbond pasti selalu yang terbaik untuk Anda.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk pesan merk lem untuk kayu gitar ini sekarang juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here