Ini Cara Membuat Hiasan Panel dengan Finishing Rustic yang Menawan

0
279

Rustic memang menawan! Ingin tahu bagaimana finishing ini bisa membuat ruangan lebih cantik? Ayo, simak sekaligus ikuti cara membuat hiasan panel dengan finishing rustic aneka warna di bawah ini.

Bukan hanya meja bertema rustic yang menarik, hiasan dinding dengan tema rustic pun pastinya tak kalah cantik. Misalnya saja panel dekorasi yang dicat dengan tema finishing ini. Pasti akan membuat ruangan Anda lebih hidup. Yang makin menarik, cara membuat finishing seperti ini tergolong sangat mujdah. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Siapkan dulu alat dan bahannya.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Alat

Beli Cat Duco

1. Gergaji
2. Amplas
3. Alat ukur dan alat pengukur
4. Rantai, pisau, dan obeng untuk melakukan pengrusakan kayu (untuk menimbulkan kecacatan kayu)
5. Berbagai perlengkapan woodworking standar
6. Paku
7. Pukul
8. Kain lap
9. Kuas

Bahan

lem untuk dinding kayu

Selain alatnya, sediakan juga berbagai bahan pembuatan furniture seperti dijelaskan di bawah ini.

1. Sanding sealer. Sanding sealer berguna sebagai lapisan dasar untuk proses finishing. Sanding sealer juga berperan menjadi lapisan fundamental untuk lapisan finishing berikutnya. Produk yang kami sarankan adalah BioColours Sanding Sealer
2. Wood stain, sebagai warna dasar untuk kayu. Produk yang kami sarankan adalah BioVarnish Wood Stain
3. Glaze, untuk memberikan kesan tua pada kayu. Produk yang kami sarankan adalah Glaze Bio Industries.
4. Crossbond X4 untuk meerkatkan panel atau potongan kayu pada papan kayu
5. Pengencer cat, yakni air suling
6. Clear coat atau sering juga disebut top coat yang berfungsi melindungi lapisan finishing lainnya. Produk yang kami sarankan adalah top coat dari Bio Industries

Langkah-langkah Membuat Hiasan Panel dengan Finishing Rustic

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat hiasan dinding panel menawan dengan tema rustic.

Persiapan

Siapkan semua alat dan bahan yang disebutkan di atas. Kumpulkan semuanya di ruangan di tempat Anda akan mengerjakan proyek tersebut. Pastikan semua alat dan bahan benar-benar lengkap sebelum Anda mulai mengerjakan proyek ini. Gunakan juga perlengkapan keselamatan standar yang dibutuhkan.
Persiapan dan Pemotongan Panel Kayu
Ada dua jenis kayu yang dibutuhkan dalam metode membuat hiasan panel dengan finishing rustic ini. Jenis kayu yang pertama adalah papan kayu tempat nanti ditempelkannya beberapa potongan kayu. Sedangkan kayu kedua adalah potongan kayu itu sendiri. Kedua kayu ini sebaiknya dibersihkan, dikeringkan, lalu diratakan permukaannya agar lebih halus.

Pencacatan Kayu

Pencacatan kayu? Meski kedengarannya aneh, tapi langkah ini sangat krusial. Hampir semua teknik finishing rustic memiliki metode seperti ini. Ada dua tujuannya:
1. Pertama, agar kesan tua, lapuk, dan lawas makin terlihat
2. Kedua, menjadi alur-alur di mana glaze menumpuk sehingga tak mudah terhapus
Pencacatan atau perusakan sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara, misal:

1. Merusak bagian pinggir kayu supaya terlihat lapuk
2. Melubangi kayu dengan obeng supaya tampak rusak
3. Memukul kayu dengan rantai atau menggoresnya dengan pisau supaya kayu terlihat tercabik-cabik

Lakukan semua atau salah satu dari ketiga opsi di atas. Sesuaikan saja dengan selera Anda.

Aplikasi Sealer

Permukaan kayu penuh dengan pori-pori yang membuatnya kurang halus dan rata. Untuk itulah diperlukan sanding sealer. Sealer ini akan membuat permukaan kayu tertutupi porinya. Selain itu, sealer juga berfungsi menyiapkan lapisan berikutnya.

Aplikasi Warna Stain

Aplikasikan warna stain. Ada banyak pilihan warna yang bisa diambil. Misalnya saja walnut stain ataupun merah tua. Selanjutnya, tunggulah supaya lapisan top coat kering, lakukan pengamplasan, dan ulangi bila perlu.

Pencacatan Lagi (Opsional)

Lakukan lagi pengrusakan pada kayu. Langkah ini opsional, dan Anda bisa melewatkannya. Pilih saja sesuai selera rustic yang Anda inginkan. Pengrusakannya sendiri bisa dilakukan sebagaimana langkah awal, tetapi harus dilakukan dengan intensitas dan frekuensi yang lebih rendah.

Pemasangan Panel

Hentikan sejenak masalah finishing. Kini, kita akan mulai melakukan pemasangan panel secara fisik. pertama, siapkan papan kayu yang lebar sesuai lebar hiasan dinding yang Anda inginkan. Selanjutnya, olesi panel-panel kayu menggunakan Crossbond X4 dan paku panel-panel tersebut pada papan kayu yang lebar.

Jadi, ikatan antara panel dengan papan kayunya benar-benar membentuk ikatan yang kuat.
Untuk pemasangan paku, lakukan dengan bagian atas terlihat di permukaan hiasan. Meski pada teknik lain, cara ini dianggap jelek, tapi adanya penampakan paku justru akan mengesankan kayu yang lebih lawas.

Aplikasi Sealer lagi

Sekali lagi, aplikasikan sealer. Langakh ini akan berguna untuk menciptakan layer atau lapisan finishing antara wood stain dengan glaze. Setelah sebagian glaze dihapus, tunggulah hingga lapisan ini kering. Berikutnya, lakukan pengamplasan dengan hati-hati. Ulangilah bila dirasa perlu. Anda bisa membuat kesan glaze lebih tebal atau lebih tipis. Pilih saja sesuai corak yang menurut Anda paling menarik.

Aplikasi Glaze

Aplikasikan cat glaze dengan warna yang berbeda dengan warna wood stain. Setelah diaplikasikan beberapa saat, jangan tunggu hingga bahan ini mengering. Ambil kain lap Anda, lalu usap dan hilangkan sebagian glaze. Jangan terlalu “bernafsu” untuk menghapus semua glaze ya. Sebab, untuk menciptakan kesan rustic kita masih perlu mendapatkan aksen-aksen dari glaze ini.

Aplikasi Top Coat

Langkah terakhir untuk membuat hiasan panel dengan finishing rustic adalah menerapkan top coat atau clear coat doff ataupun matte. Seperti yang kita ketahui, top coat adalah layer pada finishing yang berperan:

1. Menentukan halus tidaknya hasil finishing akhir
2. Melindungi lapisan finishing di bawahnya dari faktor luar
3. Memberikan kesan kilau, baik berkilau, sangat berkilau, ataupun bahkan tidak berkilau

Aplikasikanlah top coat, tunggu hingga kering, lakukan pengamplasa, dan ulangi bila perlu. Setelah melakukan langkah ini, Anda bisa dikatakan selesai membuat hiasan panel dengan finishing rustic ini.

Tips Tambahan

1. Hindari menggunakan top coat glossy ataupun semi glossy pada cara di atas.
2. Meski rustic adalah finishing untuk memberikan kesan tua, bukan berarti Anda lantas menggunakan kayu-kayu lapuk yang benar-benar tua. Pemakaian kayu lama harus dipersiapkan tersendiri, terutama terkait dengan finishing lama serta penggunaan obat pengawet kayu terlebih dahulu.
3. Tidak ada standar melakukan pencacatan atau penghapusan glaze. Jadi lakukan sesuai selera dan penilaian estetik Anda.
4. Anda bisa menggunakan lebih dari dua tipe rustic untuk satu panel hiasan dinding. Kenapa tidak? Justru hasilnya pasti akan lebih bagus.
5. Setelah produknya jadi, tempatkan produk tersebut pada lokasi yang sesuai di ruangan yang memang cocok untuk hiasan rustic.

Demikianlah cara membuat hiasan panel dengan finishing rustic. Bagaimana? Menarik sekali bukan? Bila karya Anda benar-benar bagus, bukan tak mungkin Anda bisa menjualnya untuk mendapatkan uang.

Semoga bermanfaat ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here