Meja Kecil, Si Mungil yang Mempercantik Ruangan Anda

0
124
meja sudut kecil

Di sudut ruang, si mungil bisa dipakai untuk menaruh vas bunga sampai lampu hias. Keberadaannya memang sering dianggap tak fungsional, tapi siapa sangka meja kecil ini bisa membuat suasana ruangan jauh lebih menarik?

Mengenai Meja Kecil

Meja sebagaimana telah kita bahas pada banyak artikel sebelumnya, bisa dibedakan dalam beberapa kategori. Salah satunya berdasarkan ukurannya. Tapi ukuran meja tersebut acapkali juga terkait dengan fungsi meja. Contohnya saja meja meeting dengan meja kantor. Tentu meja meeting yang dipakai oleh lebih banyak orang secara umum lebih besar dibanding meja kantor yang hanya untuk karyawan.

Nah, di antara berbagai meja yang kita kenal ciri sampai fungsinya, barangkali ada satu jenis meja yang kerap diabaikan. Meja ini sering diletakkan di pojok ruangan. Fungsinya tak sejelas meja TV atau meja makan. Tapi kehadirannya bisa membuat ruangan menjadi lebih menarik. Ya, itulah meja kecil.

CS Lem Kayu

Nama meja ini memang tak menunjukkan fungsinya secara langsung. Sebab fungsi si mungil ini memang tak menjadikannya sebagai produk yang dicari orang. Bahkan banyak yang tak merasa membutuhkan furniture mungil ini. Coba saja perhatikan meja-meja yang sering dibeli orang. Kerap, yang dicari adalah meja makan dan meja untuk ruang tamu. Di luar itu, ada juga meja belajar untuk anak sampai meja rias untuk berdandan.

Sangat jarang orang ke toko mebel untuk mencari meja dengan ukuran kecil. Padahal, sekali lagi, meja seperti ini ternyata memiliki guna yang luar biasa.

Fungsi Meja Kecil

Apa saja guna atau fungsi meja tersebut? Furniture mungil ini memang tidak bsia dipakai untuk meletakkan TV. Ia juga tak bisa dipakai untuk meletakkan vas bunga. Bahkan seringkali meja tersebut juga tak bisa dipakai untuk meletakkan alat-alat makan.

Tetapi, meja ini bisa memberikan sentuhan keindahan tersendiri. Meja seperti ini sering dipakai untuk:

1. Memperindah ruangan dengan desainnya yang memang dibuat semenarik mungkin. Sebab karena bentuknya yang kecil tersebut, pemanfaatannya memang agak sulit kecuali untuk meningkatkan keindahan ruangan.
2. Untuk meletakkan vas bunga. Bayangkan saja bagaimana cantiknya ruangan di mana bunga-bunga menawan seperti mawar dan lili buatan ditaruh di vas lalu diletakkan di pojok ruang di meja kecil yang bagus. Pasti membuat decak kagum bukan?
3. Untuk meletakkan lampu hias. Kombinasi lampu hias dengan meja seperti ini juga pasti membuat ruangan menjadi lebih menarik. Apalagi bila baik lampu dan meja tersebut memiliki desain yang cocok satu sama lain.
Selain itu, berbagai benda dekorasi seperti bingkai foto, vas sampai, akuarium juga bisa diletakkan pada meja ini. Begitu pula untuk meletakkan benda-benda “harian” seperti koran dan bacaan-bacaan lainnya.

meja sudut

Menambahkan Meja Kecil untuk Penghias Ruangan

Kehadiran meja kecil dengan demikian bisa dipakai untuk membuat ruangan Anda semakin menarik. Memang, sekali lagi meja seperti ini tak memiliki fungsi spesifik sebagaimana meja makan atau meja komputer. Tapi sebagai benda untuk mendekorasi ruangan, fungsinya tak bisa diabaikan.

Jenis Meja Kecil

Berdasarkan jenisnya sendiri, ada setidaknya dua meja dengan ukuran mungil ini. Yang pertama masuk dalam kategori corner table. Corner table sebagaimana namanya, adalah meja yang dibuat spesifik supaya diletakkan di sudut ruangan. Jadi, corner table tak sekedar meja yang diletakkan di pojokan saja. Struktur dan bentuknya juga harus mendukung penempatannya. Karena itu, meja sudut biasanya memiliki bentuk segi tiga, dengan sudut meruncing di bagian belakang. Sedangkan yang kedua adalah meja kecil yang biasa (bukan corner table). Meja ini bisa diletakkan di antara sofa, di lorong ruangan, hingga di samping pintu.

Bagaimana dengan bentuknya? Bentuk meja kecil juga beragam. Ada yang kotak, segi enam, segitiga, sampai bundar. Karena biasanya meja ini memiliki fungsi untuk membuat ruangan makin menarik, bentuknya pun lebih variatif dibanding meja lainnya yang mayoritas berbentuk persegi.

Si Kecil untuk Tambahan Set Kursi dan Sofa Anda

Bagi pembeli, meja kecil akan membuat ruangan lebih menarik sebagaimana disebut di atas. Tapi bagi penjual hingga pembuat mebel, jelas fungsinya lain lagi. Keberadaan benda mungil ini bisa dijadikan nilai tambah produk. Bayangkan saja, menjual set sofa ruang tamu yang hanya terdiri dari sofa dan meja dibanding yang punya tambahan meja sudut kecil. Padahal harganya tak jauh berbeda. Bukan tak mungkin banyak yang akan membeli set sofa yang dilengkapi dengan meja kecil tersebut. Anda pun bisa menjadikannya sebagai nilai tambah khususnya untuk berkompetisi dengan usaha mebel yang lain. Masyarakat tentu akan lebih senang membeli produk yang diberi bonus dengan yang tidak, bukan?

Membuat Meja Kecil dari Sisa Kayu yang Dipakai

meja kecil 1

Meski demikian, sebagai benda yang dijadikan bonus atau cuma-cuma tentu kita tak bisa membuat meja ini dengan kualitas terbaik. Agar tidak rugi dan tetap untung, kita sebetulnya bisa memanfaatkan kayu-kayu tak terpakai pada saat membuat mebel besar seperti meja makan, kursi, bangku, dan mebel lainnya.

Dari kayu-kayu tak terpakai ini, produk kecil tersebut bisa dihasilkan. Keindahannya dapat dimaksimalkan dengan aplikasi finishing yang baik. Lem yang kuat juga perlu dipakai agar mebel tak mudah rusak. Karena itulah kami rekomendasikan lem Crossbond untuk digunakan pada pembuatan meja kecil. Apalagi lem kayu ini juga murah harganya sehingga tak akan memberatkan ongkos produksi.

Selain kayu bekas, Anda juga bisa memanfaatkan pallet atau kayu peti kemas. Pallet adalah kayu tak terpakai yang biasa digunakan untuk tempat benda yang dikirim via perkapalan. Kayu-kayu seperti ini bisa diolah lebih lanjut menjadi produk yang lebih berguna seperti meja. Sangat menarik bukan?

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Model Meja Kecil yang Menarik

Agar lebih menarik, aplikasikan desain atau model yang tepat pada meja tersebut. Anda juga bisa mencontoh aneka desain dan model meja yang ada yang sedang trend atau disesuaikan dengan set sofa yang dijual. Beberapa desain yang sedang trend dan bisa dicontoh sendiri antara lain:

1. Bohemian
2. Minimalis
3. Vintage
4. Shabby chic
5. Tradisional Indonesia
6. Oriental
7. Eropa Klasik
8. Coastal
9. Art nouveau
10. Art modern
11. Gothic
12. Arabian
13. Cottage
14. Dan masih banyak desain lainnya yang jelas tak bisa disebutkan satu per satu.

Nah, sampai di sini pembahasan kita mengenai meja kecil. Singkat kata, meskipun bentuknya kecil, meja ini bisa membuat ruangan lebih bagus dan cantik. Harga meja ini pun murah. Jadi tak ada salahnya memakai meja ini. Pun demikian dengan pelaku usaha mebel. Keberadaan meja-meja kecil tersebut bisa ditambahkan pada set sofa yang dijual agar lebih menarik bagi pembeli.

Semoga bermanfaat ya! Nantikan terus artikel kami selanjutnya seputar dunia furniture dan perekatan.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here