Mau Hasil Laminasi Bagus? Jangan Hanya Peduli pada Mesin Laminasi Kayu saja!

0
11
kayu laminasi

Dalam pembuatan produk kayu laminasi, dibutuhkan perlengkapan woodworking khusus. Meski penting, namun jangan menganggap mesin laminasi kayu adalah segalanya. Selain masalah mesin, ada juga faktor lain yang tak bisa diabaikan. Apakah itu?


Saat ini proses pengerjaan kayu dilakukan dengan teknik yang semakin maju. Bukan sekedar menghadirkan aneka desain sambungan yang rumit, kita telah bisa menikmati aneka produk kayu olahan. Particle board, block board, MDF, HDF, dan kayu lapis adalah contoh produk woodworking modern. Berbagai kayu olahan tersebut kerap kali berasal dari material kayu tak terpakai yang kemudian disatukan kembali sehingga membentuk struktur kayu baru. Meski kekuatan dan estetikanya tak seindah kayu solid, akan tetapi tetap saja, kehadiran berbagai kayu olahan itu memberikan opsi tersendiri.

Beli Cat Duco

Selain engineered wood, saat ini kita juga telah mengenal berbagai teknik laminasi. Pada bambu, produk laminasi yang paling mengagumkan ditunjukkan oleh gluebam atau glue laminated bamboo board. Dari teknik ini, bambu yang bentuknya tabung bisa dibuat lurus dan tebal sehingga proses pengolahannya pun lebih fleksibel.

Bagaimana dengan kayu? Sama juga dengan pada bambu, pembuatan laminasi juga bisa diterapkan pada kayu. Sudah ada banyak produk laminasi kayu termasuk yang disebut sebagai engineered wood di atas. Tiga contoh di antaranya adalah:
1. Blockboard
2. Plywood atau kayu lapis
3. FJLB atau Finger Joint Laminated Board

kursi laminasi

Beberapa proses pengolahan kayu juga menggunakan teknik laminasi. Contohnya saja aplikasi veneer dan High Pressure Laminate.

Mesin Laminasi Kayu? Seberapa Penting?

Salah satu ciri dari produk modern adalah penggunaan alat-alat modern. Dalam pembuatan produk kayu laminasi ini pun digunakan mesin khusus, mesin laminasi kayu. Tanpa adanya mesin seperti ini, pengerjaan produk kayu akan menjadi sangat sulit dan bahkan hampir tidak mungkin dilakukan. Terutama bila proses pengerjaannya membutuhkan lingkungan dengan tekanan dan suhu tinggi.

Harga mesin-mesin kayu laminasi sendiri bervariasi. Merk dan kualitas produk memainkan peran penting. Anda tinggal memilih saja berdasarkan budget yang dipunya.

Bukan Satu-satunya

Yang perlu diingat, meski mesin laminasi kayua dalah mesin yang wajib ada untuk pembuatan produk laminasi, akan tetapi kualitas produk yang dihasilkan tak hanya terkait dengan mesin saja. Dalam pembuatan produk kayu laminasi, hampir selalu dibutuhkan adhesive atau perekat. Sebut saja pembuatan tripleks, blockboard, hingga FJLB, semuanya memerlukan dukungan adhesive bukan?

Sama seperti mesin laminasi, lem kayu laminasi juga adalah produk woodworking modern. Bahan ini sengaja dibuat untuk mendukung proses pembuatan laminasi yang menggunakan mesin-mesin tersebut.

Lem Laminasi Rekomendasi Kami

Tentu tak afdol bila kami tak membagikan produk rekomendasi untuk kebutuhan laminasi. Adhesive yang kami sarankan untuk keperluan ini adalah Crossbond X4. Berbahan dasar PVAc water based lem ini sangat kuat, cover area luas, viskositas medium, dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Lem laminasi Crossbond X4 juga mudah digunakan, memiliki kecepatan kering yang baik, dan juga sangat aman. Adhesive ini bahkan sudah mengantongi standar food grade menurut FDA Amerika Serikat. Sangat menarik bukan?

Ayo, Gunakan Mesin Laminasi Kayu yang Baik dan Crossbond X4

Pada akhirnya, baik mesin maupun lem laminasi akan menyumbang pada kualuitas produk laminasi Anda. Jadi, perhatikankah kualitas keduanya dengan baik-baik. Usahakan untuk memilih adhesive yang memang memiliki kualitas unggulan dan mesin laminasi kayu yang mampu memproses produk dengan benar.

Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here