Mau Buat Meja Dispenser yang Kuat? Gunakan Crossbond

0
208
meja dispenser

Karena digunakan untuk menahan beban yang tak ringan, mau tak mau meja dispenser harus memiliki kekokohan yang baik. Tingkat kekokohan atau kekuatan meja harus diperhatikan dengan cermat. Tiga hal yang mempengaruhi kekokohan produk wajib diutamakan kualitasnya.

Di zaman modern ini, kebutuhan kita telah dipermudah dengan kehadiran berbagai alat. Salah satunya adalah dispenser. Dengan benda tersebut, minuman dengan kondisi dingin atau panas tersedia dengan mudah tanpa kita harus menghangatkan air kala sudah dingin. Tak heran, kehadiran alat ini pun sangat banyak ditemukan di perkotaan. Bahkan saat ini, keberadaan dispenser juga marak digunakan di area pinggiran kota hingga pedesaan. Selain untuk kebutuhan rumah tangga, dispenser juga hampir selalu tersedia di kantor dan berbagai instansi. Pada beberapa instasi, dispenser juga disediakan untuk umum sebagai salah satu bentuk layanan kepada customer yang datang. Jadi, kenyamanan customer benar-benar diutamakan.

Ketika Meja untuk Dispenser Turut Populer

Seiring dengan naiknya popularitas dispenser, produk yang menyertainya juga turut populer. Misalnya? Salah satu yang paling populer menyertai penggunaan alat ini adalah meja dispenser. Sebagaimana namanya, meja ini dibuat khusus agar bisa memudahkan aktivitas kita saat menggunakan alat elektronik itu.

Meja ini juga memiliki sejarah yang sama dengan berbagai meja lain. Mulanya, meja untuk dispenser sama sekali tidak spesifik. Orang menggunakan sembarang meja untuk meletakkan alat tersebut. Dispenser hanya diletakkan di meja makan atau meja dapur secara umum. Tetapi, seiring berjalannya waktu, industri furniture meresponnya dengan menghadirkan sebuah meja spesifik yang akan membantu masyarakat memakai dispenser. Berbagai hal didesain dengan teliti mulai dari tinggi dispensernya sampai adanya kelengkapan komponen yang lain seperti tempat untuk menaruh gelas dan sendok.

Berapa Harga Meja Dispenser?

CS Lem Kayu

Harga dispenser table sangat beragam. Ada yang harganya ratusan ribu, jutaan rupiah, sampai di bawah 100 ribu rupiah. Murah dan tidaknya harga meja dispenser ini dipengaruhi berbagai hal, seperti:

  • Material yang digunakan. Meja dari kayu dengan kualitas tinggi jelas lebih mahal dibanding meja kayu dari jenis yang kualitasnya lebih rendah.
  • Desain yang diaplikasikan. Desain menentukan estetika produk dan akan berpengaruh pada nilai jual produk itu sendiri.
  • Kelengkapan komponen seperti rak dan laci pada meja.
  • Brand atau merk perabot tersebut.
  • Lokasi dan tempat penjualan di mana Anda mendapatkan meja untuk dispenser itu.

Jenis-jenis Meja Dispenser

Berawal dari bentuk yang sederhana, kini kita bisa menemukan aneka jenis meja untuk meletakkan dispenser. Dari segi gaya, misalnya. Ada meja dengan desain gaya minimalis, vintage, kontemporer, dan masih banyak lagi. Di pasaran sendiri, gaya kontemporer dan modern sangat mendominasi. Sedangkan dari bentuknya sendiri, secara umum terdapat 2 jenis meja dispenser. Keduanya dibedakan menurut ukurannya.

Jenis yang Lebih Kecil

Tipe dispenser stand ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Tak jarang, panjang tiang penyangganya tak lebih dari 30 cm saja. Karena bentuknya yang pendek itulah, biasanya meja untuk dispenser yang mungil ini diletakkan di meja dapur atau meja makan. Sehingga pengguna bisa mengambil air dari dispenser dengan mudah. Hampir tak pernah, meja seperti ini diletakkan di lantai begitu saja.

Keuntungan menggunakan dispenser stand yang mini antara lain:

  1. Mudah dibawa kemana-mana
  2. Harga lebih murah

Sedangkan dari kekurangannya, meja ini hanya bisa digunakan sebagai dispenser table yang efektif ketika diletakkan di meja yang tingginya sesuai.

Jenis yang Lebih Besar

Jenis meja dispenser berikutnya memiliki ukuran yang lebih besar, atau tepatnya “lebih tinggi”. Tipe dispenser stand ini tak membutuhkan meja untuk bisa digunakan dengan baik. Meja cukup diletakkan di lantai sebagaimana perabot lainnya. Sebab, meja memang sudah didesain memiliki tinggi yang ideal untuk penggunaan dispenser. Dan, karena bentuknya yang tinggi inilah, umumnya terdapat komponen tambahan pada meja. Misalnya rak atau laci di bawah tempat untuk meletakkan dispensernya.

Kelebihan menggunakan jenis meja ini antara lain sifatnya yang lebih praktis tanpa harus diletakkan di meja. Meja juga bisa digunakan sebagai meja untuk mempercantik ruangan. Sedangkan kekurangannya, harga meja secara umum lebih mahal dibanding meja serupa yang ukurannya lebih kecil.

Meja Dispenser Harus Kuat

Digunakan untuk menahan beban yang bisa dikatakan berat, meja seperti ini mau tak mau harus hadir dengan kekuatan yang baik. Hal ini adalah sebuah tantangan bagi pelaku usaha mebel. Kompetisi di pasaran memaksa mereka untuk membuat meja yang kualitasnya benar-benar baik. Padahal harga produk tetap harus dibuat friendly agar terjangkau bagi target pasar.

Lantas apa yang harus dilakukan? Untuk membuat meja yang kuat sebenarnya caranya tak selalu “mahal”. Beberapa kiat di bawah ini akan membantu Anda mewujudkan produk dengan kekuatan yang benar-benar baik.

Cara Agar Meja Dispenser Kuat

Kekuatan suatu produk ditentukan oleh berbagai faktor. Pada furniture, kekuatan produk ini secara umum dipengaruhi oleh kualitas kayu yang digunakan, kualitas penyambungan, dan kualitas bahan perekatnya.

Gunakan Kayu yang Kuat

Sebagaimana dijelaskan di atas, salah satu penentu kekuatan produk terletak pada materialnya. Karenanya, untuk membuat meja dispenser dengan kekuatan yang baik, mau tak mau kayu yang bagus harus digunakan. Pilihlah kayu dengan kelas kekuatan yang bagus dan ambil dari kayu yang sudah tua. Bilapun Anda terpaksa menggunakan kayu yang tak begitu kuat, pilihlah bagian yang tua. Lalu aplikasikan treatment pengawetan supaya ke depannya kayu tersebut tak rapuh dimakan hama.

Aplikasikan Penyambungan yang Tepat

Hal kedua yang bisa Anda lakukan adalah menerapkan penyambungan yang tepat. Apa itu penyambungan? Penyambungan adalah suatu proses atau metode menyatukan komponen produk agar fungsional. Penyambungan bisa dilakukan dengan lem atau denan paku. Penyambungan dengan lem biasanya dibarengi dengan aplikasi joinery seperti dowel, biscuit, hingga sambungan temu. Jenis sambungan punya kualitas sendiri-sendiri yang berbeda satu sama lain. Yang jelas, tipe sambungan yang diplih harus benar-benar baik. Selain itu, sambungan juga bisa memadukan penggunaan paku dan lem.

Gunakan Lem yang Kuat

Tips terakhir namun tak kalah krusial untuk membuat meja dispenser yang kuat adalah menerapkan lem dengan bonding strength yang baik. Lem idealnya juga tidak mudah rusak terkena paparan air dan kelembaban. Sebab ia akan menanggung beban di mana produk utamanya sering terpapar air.

Lem yang kami rekomendasikan untuk kebutuhan ini adalah lem Crossbond X3. Crossbond X3 yang merupakan PVAc water based glue memiliki banyak keunggulan sebagai lem untuk membuat berbagai furniture. Lem ini berdaya rekat kuat, tahan lama, cepat kering, mudah digunakan, dan harganya terjangkau.

Dengan kombinasi kayu yang kokoh, sambungan yang ideal, dan lem yang bagus, pasti meja dispenser Anda menjadi produk unggulan di pasaran.

Semoga bermanfaat! Nantikan juga artikel kami selanjutnya yang akan membahas berbagai tema furniture dan dunia perekatan.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here