Macam-macam Lem untuk Kayu Terkuat dan Terbaik yang Bisa Anda Gunakan

0
1974
mengelem tenon

Penasaran apa saja jenis atau macam-macam lem untuk kayu terkuat dan terbaik yang ada di Indonesia? Ayo simak daftarnya di bawah ini.


mengelem tenonKekuatan lem merupakan aspek yang sangat penting. Kekuatan lem atau daya rekat lem secara umum didefinisikan sebagai kekuatan yang dibutuhkan untuk memisahkan ikatan sambungan adhesive tersebut ketika diaplikasikan pada kayu. Namun daya rekat ini tak bisa dipahami sebagai satu hal yang sama. Untuk mengerti apa itu kekuatan lem, ada dua faktor yang perlu diperhatikan, yakni kohesi dan adesi lem.

Kohesi dan Adesi Lem?

Kohesi lem adalah daya ikat sesama substrat lem. Sedangkan adesi adalah kemampuan lem berikatan dengan media yang direkatkannya. Lem yang kuat pastilah lem yang memiliki daya kohesi dan adesi yang baik. Dengan demikian, ketika ditarik untuk dipisahkan, sambungan tetap stabil karena ikatan film lem maupun ikatan antar lem dengan kayunya sama-sama kuat.

Bagaimana Cara Mengetes Macam Lem untuk Kayu yang Kuat?

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengetes kekuatan lem. Salah satu cara yang paling mudah dilakukan, adalah sebagai berikut:

CS Lem Kayu

1. Aplikasi adhesive pada dua kayu yang direkatkan membentuk huruf L.
2. Penggunaan clamp press hingga lem mengering.
3. Pemberian beban hingga ikatan lem rusak.
4. Perhatikan tingkat beban yang harus diaplikasikan sampai ikatan lem tersebut rusak. Semakin besar, maka semakin bagus daya rekat lem.

menguji kekuatan lem

Meski demikian, interpretasi hasil di atas harus dilakukan hati-hati. Misal, saat sambungan kayu patah bukan pada bagian yang dilem, artinya lem masih bisa mengikat dengan kuat.

Apa Saja Jenis Lem untuk Kayu Terkuat dan Terbaik di Indonesia?

Sudah banyak tersedia jenis adhesive yang terdapat di Indonesia. Menurut uji yang dilakukan majalah Popular Woodworking Magazine, berikut ini 3 merk lem kayu yang paling kuat:

1. Lem PVAc Waterproof
2. Lem Epoxy
3. Lem PVAc

Setelah ketiga adhesive di atas, barulah di bawahnya terdapat jenis lem-lem lainnya seperti Urethane-Formaldehida dan Hot Glue. Yang jelas, bila kekuatan yang jadi pertimbangan Anda, maka ketiga jenis lem di atas sebaiknya yang digunakan.

Lem untuk Kayu yang Kuat yang Disarankan

lem untuk kayu terkuat

Dari ketiga jenis lem terkuat di atas, adhesive yang kami sarankan adalah lem PVAc waterproof dan PVAc biasa. Pasalnya, kedua jenis lem ini bukan hanya kuat namun biasanya juga:

1. Lebih murah
2. Lebih aman digunakan
3. Lebih fleksibel penggunaannya
4. Lebih mudah diaplikasikan

Dari berbagai merek lem PVAc waterproof dan PVAc biasa, adhesive yang kami sarankan adalah Crossbond. Baik Crossbond X3 maupun Crossbond X4 adalah PVAc adhesive yang sudah didesain sehingga tahan air, solvent, dan panas. Penggunaan kedua lem ini sudah pasti akan membuat proyek woodworking Anda lebih mudah dijalankan.

Beda Crossbond X3 dan X4 sendiri adalah:

Crossbond X3

Merupakan lem PVAc indoor untuk perekatan berbagai wood joint atau sambungan kayu. Lem ini bsia dibeli mulai harga Rp. 45.000,-.

Crossbond X4

Merupakan PVAc indoor dan outdoor untuk perekatan laminasi. Misalnya untuk perekatan veneer, pembuatan multipleks, hingga pemasangan lantai kayu parket dan decking. Lem ini bsia dibeli mulai harga Rp. 50.000,-.

Mana yang lebih bagus antar Crossbond X3 dan X4?

Jawabannya tentu sesuai kebutuhan Anda. Yang jelas, kedua adhesive di atas menunjukkan kualitas lem untuk kayu yang kuat yang sangat menonjol dibanding berbagai adhesive lainnya dari jenis yang sama.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here