Lem untuk Pelapis HPL Luar Ruangan Paling Bagus

0
424
hpl luar ruangan

Tak hanya digunakan untuk pelapis interior dan mebel, HPL juga sering diaplikasikan untuk kebutuhan luar ruangan. Lantas, apa jenis lem untuk pelapis HPL luar ruangan yang paling bagus?


Sekilas Mengingat HPL

Apa itu HPL? Sering kita mendengar istilah ini untuk menyebut berbagai produk. Misalnya saja furniture seperti kursi dan meja. Namun HPL atau High Pressure Laminate pada dasarnya adalah sebuah pelapis. Pelapis ini merupakan pelapis sintetis yang terdiri atas beberapa layer. Ada lapisan dasar, lapisan warna dan motif, dan yang bagian atas adalah lapisan anti gores.

Beli Cat Duco

Sebagai pelapis, HPL banyak digunakan pada kayu olahan. Kombinasi HPL dengan kayu olahan dinilai sangat padu karena saling melengkapi satu sama lain. Kayu olahan yang kurang tahan air dan tak menarik dari segi visual bisa dipercantik dan diproteksi dengan HPL. Di satu sisi, pemakaian HPL juga membutuhkan media karena lembaran ini sangatlah tipis. Di era di mana harga kayu semakin mahal, penggunaan HPL serta kayu olahan (tripleks hingga MDF) juga dinilai lebih hemat. Warna serta motif yang ditawarkan pelapis ini juga sangat beragam sehingga memungkinkan kita mewujudkan produk dengan tingkat estetika sesuai selera.

Ringkasnya, berikut ini beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan aplikasi pelapis HPL:
1. Harga variatif tergantung kualitasnya
2. Tersedia dalam berbagai tampilan mulai dari solid opaque color hingga natural
3. Bisa diterapkan untuk kayu olahan mulai dari blockboard, tripleks sampai MDF
4. Sangat tahan air
5. Memiliki lapisan anti gores yang cukup baik
6. Tahan panas
7. Tahan solvent

Perlunya Adhesive untuk HPL yang Baik

Dalam pemakaian HPL, dibutuhkan lem sebagai bahan perekat. Aplikasi HPL sendiri sebagai pelapis sering disebut sebagai finishing tempel. Nama ini digunakan untuk membedakan cara finishing ala pelapis dengan finishing menggunakan cat. Pada finishing tempel, pemakaian bahan perekat atau adhesive sangat berperan penting. Bagaimana tidak? Jelas, pelapis memerlukan perekat supaya bisa melapisi medianya. Tanpa bahan perekat, pelapis tak akan dapat melindungi sekaligus mempercantik medianya. Namun, yang dikhawatirkan, perekatan untuk media seperti HPL termasuk tricky.

HPL adalah bahan sintetis. Bahan ini sangat berbeda dengan veneer yang terbuat dari kayu asli. HPL sendiri merupakan bahan PVC. Sifat PVC yang tak menyerap air akan membuat lem sulit diterapkan pada bahan ini. Apalagi bila kemudian lem digunakan pada bahan yang sangat suka menyerap cairan seperti kayu olahan. Bisa-bisa, lem malah terserap pada kayu olahan dan tak dapat merekatkan pelapis HPL sama sekali.

Namun untungnya, beberapa bahan perekat sudah bisa mengatasi persoalan ini. Terdapat adhesive-adhesive yang dapat diandalkan untuk perekatan seperti HPL. Salah satu yang paling baik adalah Eva Phaethon.

Lem untuk Pelapis HPL Luar Ruangan yang Bagus

Sebagai pelapis, HPL sering digunakan untuk kebutuhan luar ruangan. Dengan demikian, lem yang digunakan pun harus lem yang cocok digunakan untuk kondisi outdoor. Memang, lem tidak akan secara langsung terpapar kondisi luar ruangan. Namun tetap saja ada pengaruh yang harus diperhatikan. Misalnya saja terkait dengan paparan panas matahari. Beberapa adhesive tidak memiliki ketahanan yang baik ketika terpapar panas. Adhesive-adhesive tersebut akan rusak ikatannya sehingga menyebabkan produk secara keseluruhan juga turut rusak. Bila ikatan lem lepas, media akan terekspos secara langsung sehingga membuat kerusakan juga semakin parah.

Lantas apa lem untuk pelapis HPL luar ruangan yang bagus? Seperti kami sebutkan di atas, adhesive yang kami sarankan untuk kebutuhan ini adalah Eva Phaethon.

jenis lem hpl

Eva Phaethon

Eva Phaethon merupakan ethylene vinyl acetate adhesive yang didesain khusus untuk finishing tempel dengan bahan sintetis seperti High Pressure Laminate. Produk ini memiliki berbagai keunggulan yang salah satu di antaranya adalah ketahanan terhadap paparan perusak yang sangat baik. Lem ini mampu menciptakan ikatan sangat kuat yang stabil meski terpapar kondisi cuaca yang panas maupun lembab. Dengan demikian, fungsi proteksi High Pressure Laminate yang direkatkan dengan lem ini akan benar-benar optimal. Kayu yang dilindungi di bawahnya akan terproteksi dengan baik.
Selain memiliki daya rekat yang sangat kuat dan ketahanan yang baik, berikut ini berbagai feature unggulan lainnya yang ditawarkan Eva Phaethon.

1. Adhesive ini merupakan lem untuk pelapis HPL luar ruangan yang memang didesain untuk kebutuhan perekatan beda karakter. Sehingga performanya untuk mengelem HPL pun bisa dibilang sangat baik.
2. Memiliki solid content atau berat kering yang tinggi. Satu kemasan Eva Phaethon lebih hemat digunakan dibanding lem lainnya dalam kemasan yang sama.
3. Cara aplikasi yang mudah sehingga tidak menyulitkan aplikasi HPL yang tricky
4. Tidak menyebabkan glue line atau garis pengeleman yang membuat produk cacat warna
5. Lem ini memiliki daya sebar yang baik sehingga hasil pengeleman lebih rata dan mulus
6. Tidak menyebabkan lapisan film lem tebal. Eva Phaethon akan merasuk ke dalam substrat dan membentuk ikatan yang kuat
7. Lebih aman digunakan dibanding adhesive lainnya. Apalagi adhesive berbasis solvent
8. Harga lebih hemat dan lebih mudah didapatkan

Cara Menggunakan Eva Phaethon

Seperti diterangkan di atas, cara aplikasi Eva Phaethon sebagai lem untuk pelapis HPL luar ruangan sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu menyiapkan media yang akan dilapisi terlebih dahulu. Pastikan permukaan media sudah rata, halus, bersih, dan kering. Selanjutnya, potong High Pressure Laminate menurut ukuran luas media yang akan di-cover. Anda bisa mengoleskan Eva Phaethon pada HPL yang sudah dipotong dan menunggu lem sampai benar-benar kering. Selesai! Mudah sekali bukan?

Aneka Produk HPL Luar Ruangan dengan Eva Phaethon

Beragam produk HPL bisa diwujudkan dengan kualitas terbaik menggunakan Eva Phaethon. Misalnya:
1. Cladding HPL eksterior
2. Pintu HPL outdoor
3. Furniture taman luar ruangan, mulai dari kursi, bangku, hingga meja
4. Lantai HPL eksterior
5. Partisi untuk luar ruangan
6. Dan berbagai produk luar ruangan lainnya yang bisa dibuat dengan memanfaatkan pelapis High Pressure Laminate

meja outdoor hpl
meja outdoor hpl

Pemakaian Eva Phaethon akan membuat berbagai produk tersebut bukan hanya berkualitas namun juga sangat awet, tak mudah rusak.

Yuk, Beli Lem untuk Pelapis HPL Luar Ruangan di Sini!

Ingin menikmati berbagai keunggulan Eva Phaethon? Jangan ragu. Segera lakukan pemesanan melalui kontak Customer Service kami. Kami akan melayani Anda dengan baik dan profesional. Sebutkan saja jumlah produk yang ingin dipesan dan alamat tujuannya. Harga Eva Phaethon sendiri adalah Rp. 148.000,- untuk kemasan 4 kg. Murah sekali bukan?

Pembelian juga kami buka di berbagai marketplace mulai dari Bukalapak sampi Tokopedia. Anda pun bisa melakukan pembelian langsung via berbagai agen Bio Industries di kota-kota terdekat Anda.

Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here