Jadi Andalan, Ini Lem untuk Laminasi Bambu Terbaik

0
146
bambu laminasi

Ingin melaminasi bambu? Ayo gunakan lem untuk laminasi bambu terbaik ini.

Beli Cat Duco

Suplay bahan alami terutama kayu saat ini dalam kondisi yang memprihatinkan. Pasalnya, dengan permintaan yang tinggi, tidak dilakukan upaya peremajaan atau reboisasi. Kalaupun dilakukan, terhitung hasilnya sangat minim dan sama sekali belum bisa menyelesaikan persoalan secara signifikan.

Untuk menyelesaikan perkara tersebut, selain perlunya upaya reboisasi yang lebih baik dan berjangka panjang, juga bisa digunakan bahan-bahan yang sifatnya alternative. Bahan-bahan ini harus bisa menggantikan fungsi kayu untuk digunakan dalam industri-industri yang memanfaatkannya. Apa saja kah bahan alternative ini?

Selain material sintetis, juga bisa digunakan bahan alamiah lain non kayu namun mampu menggantikan fungsi material tersebut. Contohnya saja adalah bambu. Bambu bukanlah kayu. Bambu adalah tanaman rumput-rumputan yang memiliki sifat dan kecepatan tumbuh sangat tinggi. Supply bambu termasuk yang masih baik dengan jumlah yang mencukupi serta harga yang lebih murah dibandingkan dengan kayu.

Kelebihan dan Kekurangan Bambu sebagai Pengganti Kayu

Apa saja kekurangan dan kelebihan bambu sebagai pengganti kayu? Pertama, sebagaimana disebut di atas, secara umum supply bambu masih lebih baik dibandingkan dengan kayu. Sediaan material ini di lapangan masih bisa dipenuhi dengan mencukupi. Kecuali untuk bambu-bambu yang memang tergolong jarang ditemukan. Yang kedua, bambu biasanya lebih murah bila dibandingkan dengan kayu.

Kelebihan lain penggunaan bambu terletak pada estetikanya. Meskipun digunakan sebagai bahan subtitusi atau pengganti, pada kenyataannya, bambu memiliki keindahan tersendiri bila dibandingkan dengan kayu. Bahan ini memiliki kesan lebih ringan sekaligus rileks sehingga bisa membangun suasana tersendiri. Apalagi untuk beberapa bambu jenis tertentu yang punya tampilan khusus. Misalnya saja bambu-bambu tutul. Dengan totol coklat yang lebih gelap, produk yang dihasilkan akan terlihat jauh lebih unik.

Meskipun demikian, pemakaian bambu bukannya tanpa kekurangan. Bila dibandingkan kayu, setidaknya ada dua kekurangan terbesar bambu. Yang pertama, terletak pada sifatnya yang kurang kokoh. Bambu secara umum lebih ringan dibanding kayu apalagi dengan strukturnya yang berongga. Kedua, bentuk bambu juga menyulitkannya diolah lebih lanjut. Bila pada kayu, substrat solidnya dengan mudah bisa dibentuk, tidak demikian pada bambu.

Teknik Bambu Laminasi Berikan Opsi Lebih Banyak

Kekurangan bambu sebagai pengganti kayu menjadi hambatan tersendiri bagi banyak pelaku usaha untuk menggunakan material ini. Untungnya dengan perkembangan teknologi terbaru, berbagai kekurangan bambu tersebut bisa diatasi. Salah satunya adalah dengan teknik bambu laminasi.kursi bambu laminasi

Bambu laminasi adalah nama produk yang dihasilkan dari proses pelaminasian beberapa potongan bambu. Proses ini melibatkan banyak alat dan bahan seperti lem untuk laminasi bambu khusus.

Bagaimana teknik bambu laminasi ini dibuat? Bisa dibilang tahapannya cukup rumit. Namun secara garis besar, bambu dipotong-potong lalu disatukan secara vertikal, horizontal, maupun keduanya. Hasilnya bisa diaplikasikan langsung untuk membuat furniture maupun dijual dalam bentuk papan. Papan-papan ini kerap disebut sebagai glue laminated bamboo board. Berdasarkan variasinya, gluebam bisa dibedakan menurut arah pelaminasian bambu seperti dijelaskan di atas (vertikal, horizontal, maupun keduanya). Ketiga varian glubam tersebut, memiliki karakternya masing-masing.
1. Untuk yang disambungkan secara vertikal, biasanya memiliki kekuatan dan ketebalan lebih baik. Namun membutuhkan potongan bambu lebih banyak.
2. Untuk yang disambungkan secara horizontal, kekuatan glubam cenderung lebih lemah. Namun papan bambu laminasi ini bisa digunakan untuk kebutuhan yang memerlukan papan tipis. Bambu yang dibutuhkan juga jauh lebih sedikit.
3. Untuk yang kombinasi, secara umum memiliki sifat seperti yang horizontal. Namun lebih kuat dan lebih hemat bambu untuk tingkat ketebalan yang dihasilkannya.

Diperlukannya Lem untuk Laminasi Bambu Terbaik

Dalam pembuatan bambu laminasi, bagaimanapun juga dibutuhkan adhesive dengan kualitas yang baik. Pasalnya, adhesivelah yang berperan sebagai komponen untuk merekatkan potongan-potongan bambu menjadi papan.

Seperti apa lem untuk bambu yang ideal digunakan dalam kebutuhan ini? Simak penjelasannya di bawah ini.
1. Pastikan adhesive yang Anda gunakan adalah adhesive bertipe laminasi.
2. Pastikan adhesive tersebut cocok dengan substrat bamu secara kimia.
3. Pilih adhesive yang tidak hanya kuat namun juga tahan lama.
4. Adhesive harus memiliki ketahanan pada panas yang baik.
5. Adhesive harus bisa digunakan dalam pembuatan papan bambu laminasi yang biasanya melibatkan tahapan dengan suhu dan tekanan tinggi.
6. Sebaiknya gunakan lem yang aman dan ramah lingkungan.
7. Pastikan lem memiliki cover area luas dan daya serap yang bagus

Mencermati ketujuh kriteria lem untuk laminasi bambu yang ideal di atas, adhesive yang kami sarankan untuk Anda adalah Crossbond X4. Crossbond X4 merupakan PVAc glue water based dengan berbagai kriteria ideal dalam pembuatan bambu laminasi.Lem untuk Laminasi Bambu terbaik

Crossbond X4 juga mudah digunakan dan memiliki cover area luas. Lem ini bisa meresap dengan baik tanpa menyebabkan glue line dan menghasilkan ikatan sangat kuat. Aplikasi Crossbond X4 juga bisa digunakan untuk pembuatan glubam atau bambu laminasi. Sangat menarik bukan?

Murah dan Aman

Selain memiki kualitas yang baik, adhesive ini juga bisa Anda beli dengan harga sangat terjangkau. Lem ini bisa Anda dapatkan hanya dengan Rp. 50.000 saja untuk kemasan ¼ kilogram. Sedangkan untuk kemasan yang lebih besar, Anda bisa membelinya dengan harga Rp. 355.000,-.

Hanya dengan harga terjangkau tersebut, Anda akan sudah bisa mendapatkan adhesive untuk laminasi bambu yang tak hanya kuat namun juga sangat aman digunakan. Tahukah anda lem untuk laminasi bambu ini sudah sesuai dengan standar European Chemical Agency dan Environmental Protection Agency dari Amerika Serikat?

Lem untuk laminasi bambu ini juga bisa diterapkan untuk berbagai produk bambu laminasi. Aplikasi bambu laminasi untuk beragam kebutuhan juga bisa didukung dengan Crossbond X4. Misalnya saat menerapkan glubam untuk:
1. Membuat dan memasang lantai bambu
2. Panelling dinding
3. Pembuatan meja
4. Dan berbagai kebutuhan serupa lainnya

lantai bambu laminasi

Pesan Crossbond X4? Begini Caranya

Tertarik membeli Crossbond X4? Pilih satu dari 3 opsi cara pembelian di bawah ini.
1. Pembelian online via di website ini. Caranya, yakni dengan menghubungi kami pada nomor kontak CS yang tertera. CS kami pun akan dengan cepat profesional memproses pensanan Anda
2. Pembelian secara online di berbagai toko online (online shop), seperti bukalapak serta tokopedia. Opsi ini kami buka mengingat banyak pembeli yang terbiasa berbelanja di online pada berbagai marketplace.
3. Pembelian secara langsung di kantor Bio Industries serta berbagai agennya di berbagai wilayah Indonesia. Anda bisa membeli adhesive ini di kantor Bio Industries di Yogyakarta (kantor pusat), Jepara (kantor cabang) maupun Cirebon (kantor cabang).

Nah, demikianlah informasi mengenai produk bambu laminasi. Sekali lagi, ingatlah untuk menggunakan lem untuk laminasi bambu terbaik ini. Hanya dengan lem atau adhesive terbaik, maka produk glubam bisa disebut terbaik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here