Ini Dia Lem untuk Konstruksi Kayu Pengganti Paku Terbaik!

0
907
meja tanpa paku

Ingin furniture atau mebel lebih mulus tanpa penggunaan paku? Jawabannya mudah. Aplikasikan teknik penyambungan kayu yang tepat dengan dibantu lem untuk konstruksi kayu pengganti paku terbaik ini!


Dalam pembuatan rangka mebel seperti kursi, meja, hingga tempat tidur, pemakaian paku sering sekali digunakan. Paku memang memiliki peran istimewa sejak ditemukannya dulu. Benda yang terbuat dari logam baja dengan desain ujung runcing ini biasanya difungsikan untuk melekatkan dua bahan. Caranya sederhana, yakni dengan menembus kedua bahan sehingga keduanya tersatukan pada kondisi itu.

Meskipun memiliki kekuatan yang baik dan secara umum mudah digunakan, namun pemakaian paku bukannya tak punya kekurangan. Ada beberapa hal yang membuat penggunaan paku kurang disarankan, misalnya ketika:

1. Luas area yang dipaku terlalu sempit sehingga pemakuan berpotensi merusak kayu
2. Jenis kayu kurang tahan terhadap pemakuan
3. Area yang dipaku adalah area depan sebuah produk sehingga kurang bagus bila menampakkan bekas-bekas pemakuan

CS Lem Kayu

Lantas solusi apa yang bisa diambil bila kita menghadapi ketiga kondisi tersebut? Jangan khawatir. Lemkayu.net punya solusi yang tepat untuk Anda.

Gunakan Lem untuk Konstruksi Kayu Pengganti Paku Ini

Ada setidaknya dua cara yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir pemakaian paku. Yang pertama, adalah menerapkan wood joint yang kuat. Aplikasi paku tak bisa dipungkiri sering dipilih hanya karena keengganan menerapkan sambungan kayu yang cocok. Padahal, tanpa paku pun banyak sambungan kayu yang punya sifat “mengunci”. Misalnya saja sambungan dowel dan biscuit joinery. Dengan sambungan-sambungan ini, area-area yang harusnya dipaku bisa “nail free” dan screw free.

kursi tanpa paku
bangku tanpa paku

Meski demikian, penggunaan sambungan kayu memerlukan dukungan lem yang tepat. Dan oleh karena itulah, cara kedua yang bisa sekaligus perlu dilakukan adalah penggunaan lem yang tepat. Tipe adhesive yang hendaknya dipilih adalah tipe adhesive konstruksi. Artinya lem tersebut memang dimaksudkan untuk merekatkan komponen rangka sebuah produk mulai dari kursi, rak, gantungan baju, hingga meja.

Akan tetapi, berhati-hatilah dalam memilih lem konstruksi. Tak semua lem kayu konstruksi memiliki kekuatan yang baik sehingga bisa menggantikan fungsi paku. Tak jarang, lem-lem yang terdapat di pasaran justru memiliki kekuatan yang sangat lemah sehingga sama sekali tidak direkomendasikan.

Crossbond X3 Jadi Jawabannya

Untungnya, di antara berbagai adhesive dengan kekuatan rendah di pasaran, masih terdapat lem konstruksi Crossbond X3. Crossbond X3 merupakan lem PVAc glue dengan pelarut air. Lem interior ini memiliki inner cross linker yang mampu membuatnya bisa menciptakan ikatan sangat kuat pada kayu. Lem ini mula-mula akan meresap ke dalam substrat kayu dan melakukan perikatan. Selain itu, Crossbond X3 juga akan berikatan satu sama lain sehingga daya rekat lem menjadi sangat baik.

Namun tentu saja lem ini punya keunggulan lain di luar kekuatannya. Berikut ini beberapa feature menarik Crossbond X3:
1. Sangat tahan lama karena resistensinya yang baik pada air, solvent, dan panas
2. Mudah digunakan
3. Harga lebih terjangkau, Rp. 45.000,-
4. Aman digunakan
5. Cepat kering
6. Solid content tinggi
7. Daya serap baik

Lem untuk Konstruksi Kayu Pengganti Paku

Wujudkan Desain Furniture yang Lebih Elegan dengan Crossbond X3

Dengan lem untuk konstruksi kayu pengganti paku ini, produk-produk furniture jelas akan terlihat lebih menawan. Aneka sambungan kayu yang tidak hanya kuat namun indah juga bisa diterapkan tanpa khawatir harus menggunakan lem apa.

Sangat menarik bukan? Itulah salah satu gunanya menggunakan lem dengan kekuatan kuat seperti Crossbond X3.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here