Lem untuk Konstruksi Kayu Crossbond™ X3 yang Aman dan Berdaya Rekat Kuat

0
213
Crossbond X3

 Lem untuk konstruksi kayu Crossbond™ X3 adalah lem berbahan PVAC atau Polyvinyl acetate yang cocok untuk memenuhi kebutuhan lem masa kini. Lem ini bukan hanya berdaya rekat kuat, memiliki solid content tinggi, tahan air hingga tahan panas, namun juga sangat ramah lingkungan.

 Lem untuk konstruksi kayu Crossbond™ X3
Lem untuk konstruksi kayu Crossbond™ X3

Dalam industri pengolahan kayu, kebutuhan akan lem atau adhesive adalah hal yang sangat umum. Pembuatan furniture maupun kayu konstruksi pasti melibatkan produk tersebut. Dengan demikian, pemilihan lem yang tepat sangat vital dilakukan.

Beli Cat Duco

Hingga hari ini, beragam variasi lem telah beredar di pasaran, termasuk lem kayu untuk kebutuhan konstruksi. Di satu sisi, ini menguntungkan pihak yang membutuhkan karena pilihannya sangat beragam. Namun di sisi lain, hal ini bisa menimbulkan kebingungan. Tanpa kecermatan memilih produk yang tepat, perusahaan pengolahan kayu bisa tertinggal dari pesaingnya yang memiliki performa lebih baik berkat penggunaan lem kayu berkualitas.

Di antara beragam produk yang ada di pasaran itu, Crossbond™ X3 adalah lem untuk konstruksi kayu yang sangat kami rekomendasikan. Lem untuk konstruksi kayu Crossbond™ X3 unggul dalam banyak hal. Salah satunya dari segi sifatnya yang aman dan tak merusak lingkungan.

Lem untuk Konstruksi Kayu Ramah Lingkungan Crossbond™ X3

Berbahan dasar PVAC atau Polyvinyl acetate, Crossbond™ X3 memanfaatkan air sebagai pengencernya. Hal ini menyebabkan Crossbond™ X3 sebagai produk lem dengan level VOC sangat rendah.

VOC atau Volatile Organic Compounds (senyawa organik mudah menguap) merupakan sekelompok senyawa yang berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan. Pada manusia dan hewan, paparan VOC dapat mengakibatkan gangguan organ dalam, alergi, hingga penuruan fungsi mental dan kecerdasan. Ibu yang sedang mengandung harus menghindari paparan VOC karena paparan senyawa ini meningkatkan resiko abnormalitas janin. Contoh senyawa kelompok VOC adalah formalin dan benzena.

Sayangnya, di luar Crossbond™ X3, banyak lem kayu mengandung VOC yang masih beredar di Indonesia. Jangankan di Indonesia, di Amerika Serikat saja, regulasi lem dengan level VOC tinggi belum lama ini baru diperketat. Di negeri Paman Sam itu, sempat terjadi keracunan masal korban badai Katrina. Korban yang diungsikan di sebuah gedung mengalami keracunan akibat paparan VOC yang salah satunya berasal dari penggunaan lem kayu berformalin. Paparan ini sangat intens, mengingat kayu adalah material yang banyak digunakan dalam pembuatan rumah di Amerika Serikat.

Protes pun terjadi besar-besaran, dan regulasi yang sebelumnya lunak kemudian diperketat. Imbasnya tentu bukan hanya pada para pengusaha lokal lem dan kayu. Namun juga para pengusaha yang mengekspor produknya ke negeri itu.

China, sebagai negara pengekspor lantai kayu dengan lem berformalin bahkan sempat menentang regulasi baru tersebut. Tapi langkah ini jelas bukan langkah yang visioner mengingat kedepannya, kesadaran akan penggunaan bahan aman dan ramah lingkungan semakin meningkat di kalangan masyarakat umum. Tindakan paling bijak adalah berpindah ke produk-produk yang aman seperti lem untuk konstruksi kayu Crossbond™ X3. Lem untuk konstruksi kayu Crossbond™ X3 juga sudah diformulasikan sesuai standar US EPA (US Environmental Protection Agency) dan ECHA (European Chemical Agency).

Berdaya Rekat Kuat, Tahan Panas hingga Air, dan Solid Content Tinggi

Selain unggul karena aman dan ramah lingkungan, lem untuk konstruksi kayu Crossbond™ X3 juga unggul dalam hal performanya. Lem ini memiliki kecepatan kering tinggi, solid contet abesar, daya rekat kuat, tahan air dan solvent, hingga tahan panas.

Crossbond™ X3 adalah lem single component yang sangat cocok digunakan untuk penyambungan konstruksi kayu hingga bambu. Lem untuk konstruksi kayu Crossbond™ X3 akan meresap ke dalam serat media dan membentuk ikatan sangat kuat.

 

Keunggual Lem untuk Konstruksi Kayu Crossbond™ X3

  • Inner cross linker dan berdaya rekat kuat

Lem untuk konstruksi kayu Crossbond™ X3 mampu membentuk cross link atau ikatan antar dua polimer dari masing-masing permukaan media. Ini menyebabkan perlekatan sangat kuat. Rata – rata perlekatan atau Bonding Strenght (BS) : 534.1 Kgf/cm2.

  • Cepat kering

Crossbond™ X3 merupakan jenis lem yang cepat kering

  • Solid content +/-50%

Lem untuk konstruksi kayu Crossbond™ X3 memiliki solid content tinggi. Berat kering lem ini diatur sedemikian rupa sehingga cocok untuk keperluan industri pengolahan kayu.

  • Medium viscosity

Crossbond™ X3 memiliki kekentalan medium sehingga mudah diaplikasikan sesuai keperluan industri wood working.

  • Tahan air dan solvent

Crossbond™ X3 dengan daya rekat kuat memiliki ikatan yang relative stabil antar polimernya sehingga tidak mudah rusak ketika terpapar molekul solvent maupun air.

  • Tahan panas

PVAC sebagai bahan dasar Crossbond™ X3 memiliki sifat thermoplastik. Sifat ini menandakan lem akan lebih elastis hingga mencair dalam temperatur yang meningkat. Namun akan kembali seperti semula dalam kondisi dingin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here