Cermat Memilih Lem untuk Box Speaker

0
6018
box speaker

Seberapa pentingkah dampak lem terhadap alat musik yang direkatkannya? Jawabannya sangat penting. Dan hal ini jugalah yang berlaku pada krusialnya peran lem untuk box speaker.

3 A Prinsip Pengeleman

Proses perekatan bisa dikatakan adalah proses yang sangat rumit. Ada berbagai bidang yang harus diperhatikan ketika kita membahasnya. Banyak pula aspek pengeleman yang hingga kini belum bisa diketahui dengan pasti.

Namun bila kita sederhanakan dalam prinsip-prinsip dasarnya, maka kita bisa merangkumnya menjadi 3 A:

  1. Adhesive atau lem
  2. Adherent atau yang dilem
  3. Application atau aplikasi pengeleman
CS Lem Kayu

box speaker

Prinsip 3A tersebut tidak berdiri sendiri-sendiri. Harus ada keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh pengeleman yang baik harus memperhatikan kaitan antara kecocokan lem dengan susbtrat yang akan dilem. Sederhana saja contohnya: bisakah kita mengelem besi dengan lem yang digunakan untuk kertas? Tidak bisa bukan? Demikian pula pengeleman kertas yang justru bisa membuat kertas rusak apabila dilakukan dengan lem yang terlalu kuat.

Lem dan Fungsi Box Speaker

Proses perekatan yang baik akan menghasilkan produk yang berkualitas. Hal ini juga berlaku pada proses pembuatan boks speaker atau yang juga biasa disebut dengan kabinet speaker. Lem bukan hanya berdampak pada  merekatnya produk saja, namun juga pada berbagai aspek yang lainnya terutama terkait dengan fungsi boks.

Menjaga Tidak Rusaknya Suara

Gelombang suara di bagian belakang dan depan diafragma memiliki fase yang berlawanan. Bila tidak diatur dengan adanya boks, suara yang dihasilkan pasti sangat kacau.

Mengatur Vibrasi Suara agar Rendah

Boks akan menekan vibrasi suara sehingga suar menjadi lebih jernih.

Bila lem yang digunakan kurang berkualitas, jelas kedua fungsi di atas tidak bisa dimaksimalkan dengan baik. Lem bagaimanapun juga akan berpengaruh pada ketepatan bentuk boks yang dirancang yang selanjutnya berpengaruh pada fungsi boks sepaker.

Crossbond™  sebagai Lem untuk Box Speaker

Dari beragam produk lem di pasaran, lem yang kami sarankan untuk Anda adalah Crossbond™  X3. Terbuat dari bahan dasar PVAc yang telah dimodifikai, Crossbond™  X3 unggul dalam hal:

  1. Daya rekat kuat
  2. Stabil
  3. Penggunaan mudah
  4. Tahan terhadap kondisi indoor seperti kelembaban
  5. Tidak berbau
  6. Tidak menyebabkan glue line (cacat warna akibat warna lem nampak)
  7. Mudah diaplikasikan
  8. Cepat kering
  9. Food grade, sangat aman digunakan.

 

lem untuk box speaker

Lem untuk boks speaker ini juga bisa Anda peroleh dengan harga sangat murah. Hanya dengan Rp. 45.000,- Anda bisa menikmati speaker berkualitas berkat lem ini.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here