Mengeruk Untung dengan Lem Kayu Ramah Lingkungan

0
157

Kalau Anda ingin membuat alat makan dari kayu atau furniture yang dekat dengan makanan jelas kebutuhan lem kayu ramah lingkungan tak bisa ditampik. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang memproduksi furniture untuk keperluan ekspor, khususnya ekspor ke Amerika Serikat dan negara-negara Eropa.

Terkait pembuatan alat makan, produk yang digunakan bahkan harus sudah food grade atau aman bersentuhan dengan makanan. Apabila tidak, jelas alat makan tersebut berpotensi menyebabkan keracunan bagi para penggunanya. Sedangkan terkait ekspor ke AS dan negara Eropa, penggunaan lem yang aman juga penting mengingat peraturan yang berlaku di kedua wilayah tersebut.

Formalin: Ancaman Lem Kayu Ramah Lingkungan

USEPA

Di Amerika Serikat, kewajiban penggunaan lem yang ramah lingkungan bahkan pernah menyebabkan terbentuknya larangan total penggunaan lem berformalin. Aturan ini dibuat menyikapi terjadinya keracunan massal pengungsi badai Katrina yang ditempatkan di sebuah gedung. Setelah diselidiki, rupanya udara di dalam gedung tersebut tercemar akibat penggunaan bahan-bahan kimia, termasuk di antaranya adhesive kayu berformalin yang digunakan.

CS Lem Kayu

Di luar itu, ditemukan juga bahwa banyak produk lem untuk lantai kayu yang digunakan warga AS mengandung formalin dalam jumlah besar. Seringkali, efek yang ditimbulkan disepelekan, atau baru muncul setelah jangka tahunan. Inilah yang membuat penggunaan lem seperti itu tak dianggap mengkhawatirkan. Efek jangka pendek seperti yang diderita pengungsi bada Katrinalah yang pada akhirnya menyadarkan Amerika.

Lewat EPA atau Environmental Protection Agency, penggunaan lem berformalin selanjutnya diwacanakan dilarang total. Hal ini selanjutnya direvisi dengan pembolehan peredaran lem berformalin dengan syarat kandungan formalinnya sangat rendah. Adanya peraturan tersebut jelas merupakan kemajuan bagi para konsumen.

Lem Kayu Tanpa Formalin untuk Kuasai Pasar Amerika dan Eropa

lem kayu ramah lingkungan

Meski sampai ambang batas tertentu lem kayu berformalin masih diperbolehkan, tetap saja memilih lem yang sama sekali tidak mengandung formalin adalah pilihan terbaik. Bagi Anda yang memiliki usaha di bidang pembuatan furniture dan alat makan, penggunaan lem kayu tanpa formalin seperti Crossbond™ juga adalah sebuah keuntungan karena menambah nilai plus produk Anda.

Kalau bisa memilih yang tanpa formalin, kenapa harus memilih yang berformalin?

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here