Konstruksi Rumah dengan Crossbond X3? Apa Untungnya?

0
75

Konstruksi rumah jelas tak bisa didukung dengan sembarang lem. Selalu andalkanlah pembuatan konstruksi rumah dengan Crossbond X3. Mengapa Crossbond X3 tatkala ada beragam adhesive lain di pasaran? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Beli Cat Duco

Proses penyambungan produk berbahan kayu kerap menerapkan sebuah teknik di mana dua kayu yang akan disambungkan didesain dengan bentuk sedemikian rupa. Bentuk-bentuk yang diterapkan sangat beraneka ragam. Ada puluhan bahkan mungkin ratusan tipe penyambungan kayu atau yang dalam bahasa Inggris disebut wood joinery.

Ketika dua kayu tersebut disatukan, penyambungan tak sepenuhnya selesai dilakukan. Misalnya saja pada sambungan mortise dan tenon. Selain perlu membentuk struktur mortise dan tenonnya, persoalan selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyatukan keduanya dengan lebih permanen. Ada dua opsi yang bisa dilakukan. Yang pertama adalah memanfaatkan paku dan bahan serupa lainnya. Sedangkan yang kedua adalah menggunakan bahan perekat atau lem.

Pilihan mana yang sebaiknya diambil? Jawabannya tergantung sesuai kebutuhan Anda. Seringkali kita justru perlu mengkombinasikan penggunaan paku serta lem dalam sebuah produk. Misalnya saja untuk membuat meja tamu. Pada bagian yang tampak langsung dari luar, sebaiknya pemakaian paku dihindari karena menyebabkan estetika produk kurang baik.

Pembuatan Rangka Rumah

Penerapan sambungan kayu, bagaimanapun juga diakukan pada berbagai rangka rumah. Misalnya saja rangka untuk sambungan atap hingga bagian-bagian ujung tiang yang menyatukan komponen bangunan tersebut. Pada kebutuhan ini, baik paku dan lem sebagai pendukung sambungan memiliki peran sangat vital. Karena itulah keduanya harus dipilih dengan hati-hati. Untuk memilih paku yang baik, caranya cukup mudah. Pilih saja yang cukup tajam dan ukurannya sesuai dengan luas sambungan.

Bagaimana dengan lem?

Tipe lem yang dibutuhkan pada keperluan seperti ini adalah lem konstruksi. Lem konstruksi adalah istilah untuk menyebut adhesive yang digunakan dalam pembangunan rangka atau konstruksi produk, baik itu furniture seperti meja atau almari hingga bangunan seperti rangka atap. Lem konstruksi yang kami sarankan untuk pembaca adalah Crossbond X3.

lem untuk membuat kursi

Ini Alasannya Konstruksi Rumah dengan Crossbond X3

Rekomendasi kami pada Crossbond X3 disebabkan oleh feature-feature menarik yang ditawarkan adhesive ini. Secara umum, mengapa memilih konstruksi rumah dengan Crossbond X3 didasarkan pada beberapa alasan seperti di bawah ini.

Sangat Kuat

Alasan pertama konstruksi rumah dengan Crossbond X3 jelas terletak pada ikatan yang kuat dengan inner cross linker modifier. Crossbond X3 mampu meresap ke dalam kayu dan mengikatnya dengan stabil. Adhesive ini juga bisa mempertahankan kestabilan ikatannya pada berbagai kondisi. Berbagai jenis penyambungan kayu untuk furniture seperti meja hingga tempat tidur bisa direkatkan dengan baik menggunakan Crossbond X3. Pada laporan yang diterbitkan Fine Woodworking Magazine, tipe lem seperti Crossbond X3 juga menempati urutan teratas lem-lem dengan kekuatan yang sangat baik. Berbagai uji yang sudah dilakukan pada adhesive ini juga menunjukkan superioritas Crossbond X3 dalam aspek kekuatan bila dibandingkan dengan lem serupa dengannya di pasaran.

Tahan Lama sebagai Indoor Adhesive

Selain sangat kuat, keunggulan Crossbond X3 sebagai lem konstruksi yang lainnya adalah ketahanannya saat dipakai. Adhesive ini pada dasarnya merupakan indoor adhesive yang diperuntukkan untuk produk yang tak langsung terpapar cuaca luar. Sebagai indoor adhesive, Crossbond X3 didesain khusus mengatasi tantangan-tantangan dalam ruangan seperti kelembaban udara yang tinggi. Crossbond X3 dibuat secara khusus dengan resistensi optimal pada air, solvent (cairan berbasis minyak), dan panas.

Ingat, ikatan lem adalah ikatan yang bersifat kimia. Ikatan seperti ini bisa mengalami kerusakan apabila terpapar faktor perusaknya seperti suhu udara dan kelembaban yang tinggi. Oleh sebab itu, pemilihan lem harus senantiasa memperhatikan di mana produk itu akan diletakkan.

Bisa Digunakan untuk Berbagai Produk dan Sambungan

Lem ini bisa digunakan untuk mendukung aneka sambungan kayu atau wood joint seperti:
1. Mitre joint
2. Sambungan finger joint
3. Lap joint
4. Mulut dan lidah
5. Sambungan dengan dowel
6. Biscuit joint (sambungan dengan biskuit)
7. Dan berbagai jenis sambungan lainnya

Selain itu, adhesive ini juga bisa digunakan untuk berbagai jenis kayu. Formulasi PVAc dari Crossbond X3 membuatnya bisa diandalkan untuk perekatan produk berbahan selulosa seperti aneka jenis kayu mulai dari jati hingga pinus. Pemanfaatannya juga bisa diterapkan untuk berbagai produk kayu, baik itu produk kayu untuk kebutuhan pembuatan mebel, konstruksi bangunan, mainan kayu, kerajinan, dan wooden product lainnya.

Merupakan Lem yang Sangat Aman Digunakan

Alasan berikutnya mengapa memilih konstruksi rumah dengan Crossbond X3 adalah karena lem ini merupakan lem yang sangat aman digunakan. Adhesive ini tidak mengandung zat-zat membahayakan yang bisa merugikan konsumen maupun pekerja. Sebagai lem berbasis air dengan formulasi PVAc (polyvinyl acetate), Crossbond X3 juga sudah disesuaikan dengan regulasi keamanan menurut:

1. Environmental Protection Agency atau lembaga lingkungan dari Amerika Serikat
2. European Chemical Agency, lembaga yang menangani bahan-bahan kimia dari Uni Eropa
3. FDA atau Food and Drugs Amerika Serikat
Adhesive ini juga bisa digunakan untuk perekatan bahan-bahan yang dekat dengan kontak makanan. Misalnya saja untuk furniture makan seperti dining table dan kabinet dapur yang mensyaratkan tingkat keamanan food grade. Karena berbasis air (water based glue), Crossbond X3 juga tidak menyebabkan bau menyengat saat diaplikasikan maupun setelah kering.

Murah dan Pemakaian Hemat

Keunggulan Crossbond X3 sebagai lem konstruksi yang lainnya adalah harganya yang terjangkau dan pemakaiannya yang jauh lebih hemat. Hal ini dimungkinkan karena:
1. Lem ini memiliki solid content atau berat kering tinggi sehingga “beratnya” bukan berat tipu-tipu. Banyak lem lain di pasaran yang memberikan keterangan volume, bukan “berat kering”. Padahal volume lem bisa dibuat sangat encer yang menyebabkan konsumen tertipu.
2. Harga adhesive ini sangat terjangkau, apalagi mengingat kualitas yang ditawarkan. Lem ini bisa Anda beli hanya dengan Rp. 45.000,- untuk kemasan seperempat kg serta Rp. 165.000,- untuk kemasan 1 Kg.
3. Lem ini sangat mudah digunakan tanpa perlu bantuan alat-alat canggih. Meskipun demikian kami sangat menyarankan pemakaian clamp press agar hasilnya lebih baik.
4. Lem ini merupakan single component glue yang tak perlu bahan tambahan lain.
5. Lem bisa merekat dengan kuat dan stabil sehingga membuat perekatan selalu berhasil dengan baik.
Adhesive ini bisa digunakan untuk industri furniture hingga kerajinan kayu berbagai jenis. Crossbond X3 dengan fleksibilitas pemakaiannya yang baik juga dapat dipakai untuk industri skala besar, menengah, hingga kecil.

Mudah Dipesan

Alasan terakhir namun tak kalah penting mengapa memilih konstruksi rumah dengan Crossbond X3 adalah kemudahannya untuk dipesan! Jangan salah. Lem ini sudah bias dibeli secara online via berbagai marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia. Anda juga bisa memesannya langsung dengan menghubungi Customer Service kami.

Ingin bertanya lebih jauh mengenai adhesive ini? Customer Service kami juga siap memberikan informasi bermanfaat untuk Anda. Anda pun bisa mendapatkan alamat-alamat agen kami yang pastinya bisa Anda temui secara langsung.

Demikian informasi mengenai keunggulan Crossbond X3 sebagai lem konstruksi. Semoga bermanfaat ya. Buktikan langsung feature-feature lem rekomendasi kami ini pada berbagai produk kayu Anda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here