Ketika Meja Prasmanan Datangkan Untung Besar

0
92
meja prasmanan

Siapa sangka meja prasmanan bisa datangkan untung besar?Bermodalkan kayu yang tak mahal, kayu olahan, veneer, hingga Crossbond X4, Anda bisa mendapat keuntungan dari meja ini.Yuk simak rahasianya di bawah ini.

Tak ada budaya yang tak mengenal pesta, meskipun setiap pesta hadir dengan “warna” yang berbeda. Kita bisa lihat, bahwa di dataran Amerika Latin, pesta begitu penuh dengan tari-tarian dansa. Sedangkan di Indonesia, biduan bersuara merdu selalu hadir meramaikan suasana. Tapi satu yang pasti, pada tiap pesta, selalu ada suguhan enak untuk dimakan. Dan tahukah Anda, bahwa dari hal ini, sebetulnya ada peluang usaha yang menarik untuk digeluti?
Hadirnya berbagai peluang usaha untuk acara-acara pesta bukannya tanpa alasan.

Bagaimanapun juga, gaya hidup di masyarakat telah berubah drastis. Dulu, pesta memang sering diselenggarakan dengan gotong royong. sekarang? Jelas tidak lagi. Kondisi kita tak memungkinkan hal yang sama dilakukan. Karenanya, sekarang pesta seringkali diserahkan ke pihak yang profesional. EO namanya. Panjangnya adalah Event Organizer. EO merancang berbagai tahapan acara pada pesta, fasilitas yang dibutuhkan, sampai tempat dimana pesta tersebut akan diselenggarakan. Tapi EO tak “berdiri” sendiri untuk mendukung acara seperti ini. Para event organizer mau tak mau pasti bekerja sama dengan pelaku usaha yang lain. Misalnya jasa catering atau makanan baik itu makanan ringan atau makanan berat. Bisa dikatakan, jumlah jasa yang terlibat pada acara pesta memang tak banyak meski yang dikenal siempunya penyelenggara pesta barangkali hanya EO saja.

Membuat Meja Prasmanan untuk Dijual?

Tipe peluang usaha yang bisa digeluti untuk satu bidang seperti penyelenggaraan pesta sangat beragam. Beberapa bahkan jarang dipikirkan. Misalnya saja penyediaan meja pesta atau yang biasa disebut sebagai meja prasmanan. Meski jarang, tapi sebetulnya ada potensi besar mendapat keuntungan dari bisnis seperti ini.

CS Lem Kayu

Bagaimana? Tertarik memanfaatkan peluang bisnis untuk membuat meja ini juga? Kenapa tidak? Coba perhatikan saja kondisi pesta di lingkungan Anda. Pada hampir semua pesta, pasti ditemukan meja seperti ini. Beberapa gedung memang sering menyewakannya, tapi tak banyak. Sehingga peluang usaha dengan produk ini masih tinggi. Selain itu, bila dibanding dengan usaha pesta lainnya, ada beberapa keuntungan yang bisa diambil, antara lain:

1. Meja ini mudah dibuat. Kalau Anda sudah menguasai teknik woodworking standar tak akan kesulitan membuat meja ini.
2. Kalaupun meja tak bisa dijual sebagai meja prasmanan, meja bisa dijual sebagai meja untuk kebutuhan lainnya.
3. Hampir pasti dibutuhkan untuk berbagai acara pesta dan bahkan kegiatan seminar

meja prasmanan (2)

Spesifikasi Meja Prasmanan

Proses pembuatan meja untuk pesta ini memang mudah. Toh hanya bagian dasar meja yang perlu disusun satu sama lain. Tapi tentu saja, harus ada kekhususan atau spesifitas tersendiri. Alasannya? Tentu saja agar meja bisa dipakai secara maksimal pada berbagai acara pesta seperti prasmanan. Misalnya saja terkait dengan kondisi di mana meja harus sering dipindahkan dari satu acara ke acara yang lain. Jelas, perlu diusahakan supaya meja mudah ditransportasikan.

Nah, selengkapnya, bisa Anda baca pada beberapa tips di bawah ini.

1. Idealnya, meja tak berat. Kalau bisa, meja memiliki bobot yang relatif sedang hingga ringan supaya mudah tatkala dibawa dari satu tempat ke tempat yang lain
2. Meja harus memiliki kekuatan dan kekokohan yang baik karena akan digunakan untuk menopang beban yang tak ringan

Bagaimana dengan portable table atau meja yang bisa dipindahkan dan strukturnya “dilipat”? Kursi prasmanan sudah banyak yang termasuk dalam kategori portable chair bahkan foldable atau bisa dilipat. Sebetulnya, bila portable table atau meja yang bisa dipindah memang kuat, tak mengapa dan bahkan sangat menguntungkan. Tapi yang utama, kekuatan harus diupayakan. Tidak lucu bukan bila meja Anda roboh gara-gara menopang makanan berat seperti sup dalam jumlah besar? Di mana reputasi usaha Anda nantinya bila produk yang dihasilkan sedemikian jelek?

Maksimalkan Profit Meja Prasmanan dengan Cara Ini!

Agar keuntungan yang didapat semakin besar, Anda bisa mengikuti tips dan triknya di bawah ini.

1. Hindari pemakaian kayu solid yang mahal. Ingat, meja ini nantinya akan ditutupi dengan taplak saat digunakan. Jadi, estetika alami kayu tak perlu diutamakan sedemikian rupa. Sediakan saja meja dengan standar tampilan yang bagus. Jadi, Anda bisa memakai kayu yang lebih murah tapi tetap kokoh.
2. Karena Anda menggunakan kayu non kelas I, aplikasikan treatment pengawetan antijamur dan antiserangga agar kayu tak mudah rusak. Treatment seperti ini mudah dan murah karena kita hanya perlu menggunakan obat seperti BioCide sebelum kayu dicat.
3. Aplikasikan finishing standar yang protektif pada meja prasmanan, tapi tak perlu yang mahal. Sekali lagi, karena meja ini nantinya akan ditutupi dengan alas meja. Jadi jangan menghamburkan uang untuk kebutuhan yang tak perlu.
4. Agar makin murah, Anda juga bisa mengkombinasikan pemakaian kayu solid dengan kayu olahan. Kayu olahan biasanya lebih murah dibanding kayu solid. Hanya saja, pastikan meja tetap kokoh. Sebab bagaimanapun juga meja seperti ini akan dipakai untuk menopan beban berat.

Crossbond sebagai Lem Andalan

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Selain menggunakan kayu yang lebih murah (baik kayu olahan atau kayu non kelas I), andalkan juga bahan pendukung yang kualitasnya bagus tapi tetap terjangkau. Untuk lemnya, adhesive yang kami sarankan adalah Crossbond, baik Crossbond X3 ataupun Crossbond X4. Kedua lem ini memiliki daya rekat yang sangat baik sehingga akan memperkokoh meja, tapi harganya terjangkau. Berikut ini spesifikasi kedua adhesive yang ideal untuk membuat meja prasmanan tersebut.

No Produk Fungsi
1 Crossbond X3 Lem rangka indoor. Lem ini bisa digunakan untuk menyambungkan rangka mebel agar lebih kuat dan tahan lama. Bahan dasar lem adalah PVAc atau polyvinyl acetate water based dengan inner cross linker modifier.
2 Crossbond X4 Lem yang bisa dipakai untuk indoor maupun outdoor. Lem dapat digunakan untuk merekatkan veneer pada kayu olahan seperti MDF. Bahan dasar lem adalah PVAc atau polyvinyl acetate water based dengan inner cross linker modifier.

Sediakan dalam Satu Set dengan Taplak yang Bagus

Nah, supaya produk Anda makin disuka oleh pembeli, sediakanlah satu set meja lengkap, bila perlu tambahkan dengan alas meja yang bagus. Anda bisa menawarkannya sebagai set khusus untuk pesta dan prasmanan atau menjadikannya untuk bonus. Agar taplak beda dari yang lain, Anda bisa menerapkan teknik kerajinan decoupage. Teknik ini dilakukan dengan menempelkan napkin bergambar pada kain, lalu dilapisi coating. Jadi taplak akan benar-benar terlihat bagus.

Demikian pembahasan kali ini mengenai meja prasmanan. Semoga bermanfaat ya untuk usaha yang akan Anda lakukan! Jangan lupa, simak terus artikel menarik lainnya dari kami di lemkayu.net.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here