Jangan Cuma Unik, Buat Meja Jati Belanda Kokoh dengan Crossbond X3

0
51
meja jati belanda

Meja jati belanda memang bukan meja jati. Ia juga bukan meja ebony dan kayu-kayu kelas atas lainnya. Namun demikian, meja ini punya keunggulan tersendiri. Yang pasti, buatlah meja yang bukan hanya menarik dari segi tampilan tapi juga kuat strukturnya.

Kayu Jati Belanda

Nama Jati Belanda sebetulnya tak asing di telinga masyarakat Indonesia, terutama di Jawa. Jati Belanda oleh masyarakat Jawa dikenal dengan nama Jati Londo. Nama ini disematkan karena kayu yang punya nama latin Guazuma ulmifolia tersebut sering dipakai untuk material peti kemas bersama kayu lain seperti pinus. Sebagai kayu peti kemas, jati belanda kerap dipakai untuk mengemas produk yang dikirim jarak jauh dengan kapal dan transportasi lain. Karena itulah nama Jati Belanda atau Jati Londo lahir. Sebab orang Jawa mengasosiasikan segala yang dari luar terutama Eropa sebagai “Londo” atau Belanda.

Dilihat dari asalnya, kayu ini adalah tanaman native atau asli Amerika. Sejak ditemukan, ia digunakan untuk berbagai kebutuhan, dan penanamnya pun dilakukan di banyak lokasi di dunia. Tampilan kayu ini menarik dengan warna coklat dan pola serat yang terlihat.

Miskonsepsi dan Istilah Umum

Ada banyak misinformasi dan miskonsepsi terkait kayu ini. Misalnya, dari namanya saja, sebetulnya kurang tepat. Jati belanda bukanlah jati atau teak. Guazuma ulmifolia merupakan tanaman cedar dan dalam Bahasa Inggris sering disebut sebagai bay cedar atau west Indian cedar.

CS Lem Kayu

Guazuma ulmifolia

Sebagai kayu peti kemas, kayu ini sering disebut sebagai kayu pallet atau eks pallet. Dan karena banyak kayu pallet yang berasal dari tanaman Pinus (misalnya Pinus merkusii), tak jarang orang menggunakan Jati Belanda untuk kayu pinus.

Mana yang benar? Yang jelas akan lebih baik, bila kita lebih spesifik ketika sedang mencari kayu ini. tanyakan apakah kayu tersebut adalah Guazuma ulmifolia atau Pinus merkusii. Sebab keduanya punya karakter yang berbeda. Pinus merkusii, misalnya, memiliki warna lebih terang dibanding Guazuma ulmifolia.

Dipakai untuk Membuat Meja

Terlepas dari segala kekisruhan nama meja tersebut, kayu ini merupakan material yang ideal untuk membuat mebel. Berbagai produk mebel atau furniture pun telah lahir dari kayu ini. Salah satu yang paling umum adalah meja. Meja jati belanda pun sangat populer karena memiliki tampilan khas dan berbagai keunggulan lainnya. Berikut ini penjelasan keunggulan dan kekurangan meja tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Meja Jati Belanda

jati belanda1. Karena bukan kayu jati, maka meja dari bahan ini pun lebih murah dibanding meja dari jati atau teak (Tectona grandis).
2. Dari segi tampilan, mampu memberikan tampilan khas yang bagus
3. Sebagai bekas kayu peti kemas atau pallet, kayu ini mampu membawa kesan tersendiri ketika dipakai untuk bahan mebel
4. Pemanfaatannya dinilai ramah lingkungan karena mendaur-ulang kayu peti kemas tak terpakai menjadi mebel yang harganya jauh lebih tinggi

Selain kelebihan, tentu tiap produk juga punya kekurangan. Kayu ini pun bukannya tak punya kekurangan sebagai material meja dan mebel lainnya:

1. Kurang awet dibanding jati yang secara alami memiliki tannin yang antihama (jamur dan rayap)
2. Dari segi estetika masih kalah dibanding jati
3. Dari segi kekuatan masih kalah dibanding jati

Tiap poin keunggulan memang selalu punya kekurangan. Jati pun meski lebih unggul, tapi memiliki kekurangan dari harganya yang mahal. Jadi, pikirkan dengan bijak bila Anda hendak membeli meja jati belanda.

Eco Friendly

Sebagaimana disebut di atas, pembuatan meja dari kayu jati belanda dianggap sebagai aksi yang melestarikan alam. Pemanfaatan peti kemas untuk bahan mebel akan menurunkan tingkat penebangan pohon. Dan karenanya dianggap baik untuk alam.

Tapi ingat! Pembuatan meja dianggap eco friendly hanya jika memafaatkan material bekas. Selain itu, tentu saja meja jati belanda tak begitu berbeda dengan meja dari kayu lainnya.

Meja Jati Belanda Jangan Hanya Menarik

Salah satu keunggulan meja dari kayu Guazuma ulmifolia adalah tampilannya yang menarik. Kayu memiliki warna coklat yang hangat. Alur kayu juga terlihat jelas dan menarik yang membuatnya bagus dipakai untuk membuat mebel. Aplikasi finishing natural transparent dapat dilakukan untuk mengoptimalkan keindahan alami kayu ini. Anda bisa memakai finishing water based yang bagus dan berkualitas seperti BioVarnish. Dengan cat-cat berbasis air itu, mebel juga akan lebih aman dan tidak menimbulkan bau pedas menyengat yang membahayakan kesehatan gara-gara pemakaian solvent mengandung VOC.

crossbond x3

Buat Meja Jati Belanda Kokoh dengan Crossbond X3!

Meski bisa dibuat sangat menarik, Anda harus ingat, bahwa kualitas mebel tak hanya ditentukan dari keindahannya saja. Ada banyak aspek lain yang menentukan bagus dan tidaknya sebuah furniture. Misalnya yang paling penting dari aspek kekuatan atau kekokohan produk.
Kekokohan produk sendiri dipengaruhi setidaknya oleh 3 faktor:

1. Kualitas kayu. Maka, gunakanlah kayu jati belanda tua yang siap panen dan densitasnya standar
2. Rancangan struktur yang baik dan harus bisa menanggung beban
3. Alat-alat dan bahan penyambung baik itu paku, skrup, sampai lemnya

Khusus untuk poin ketiga, lemkayu.net merekomendasikan pemakaian Crossbond X3 untuk Anda. Lem berbasis PVAc water based ini sangat kuat dengan inner cross linker. Area pengeleman baik daerah kohesi atau adhesi akan terikat dengan sempurna dan stabil. Apalagi lem juga tahan air, solvent, dan panas yang membuat ikatannya tak mudah rusak.
Beli Crossbond X3 di Lemkayu.net!

Dengan kualitasnya yang sangat baik, tak mengherankan Crossbond dijadikan sebagai lem andalan berbagai perusahaan mebel dan kerajinan. Anda pun bisa mendapatkan berbagai keuntungan adhesive ini segera setelah melakukan pemesanan.

Hubungi saja kontak CS kami pada fitur Pesan Sekarang di website lemkayu.net ini. Seain itu, Anda juga bisa memesan di marketplace atau toko online, laman facebook resmi Bio Industries dan Crossbond, serta pembelian langsung di kantor kami.

Selain akan segera meneruskan pesanan Anda, Customer Service kami juga siap memberikan informasi lebih dalam mengenai lem ini. Anda juga bisa berkonsultasi secara terus menerus pasca pembelian. Jadi Anda jangan khawatir mendapat produk yang bagus tapi tak bisa menggunakannya. Crossbond akan selalu hadir untuk Anda dengan berbagai informasi dan tips penting dalam aplikasinya. Bila perlu, teknisi kami akan membantu Anda menggunakan lem ini dengan baik. Meski, sebetulnya Anda tak perlu khawatir, karena Crossbond sangat mudah digunakan bahkan oleh orang awam sekalipun.

 

meja jati belanda (2)

Nah, demikianlah pembahasan kali ini mengenai meja jati belanda dan segala informasi terkait furniture tersebut. Ingat, meja dari kayu jati belanda memang memiliki tampilan menarik. Akan tetapi aspek estetika saja tidak cukup. Kita juga perlu menghadirkan kualitas lainnya, terutama aspek kekokohan produk. Makanya, jangan lupa gunakan Crossbond X3 untuk membuat meja jati belanda Anda yang kuat.

Semoga bermanfaat ya!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here