Info Flooring Kayu Lengkap dari Kelebihan sampai Lemnya

0
90
flooring kayu

Aplikasi flooring kayu akan membuat ruangan terlihat menawan. Ruangan akan lebih menentramkan dan pada akhirnya berimbas positif pada kesehatan penghuninya. Namun demikian, dalam aplikasi salah satu elemen bangunan ini, dibutuhkan lem yang tepat. Pemilihan adhesive harus dilakukan dengan hati-hati agar lantai kayu hadir dalam kualitas terbaiknya.

Keindahan sebuah ruangan ditentukan oleh banyak faktor. Salah satu faktor yang menjadi penentunya adalah material yang dipakai untuk membuat lantai. Karena itulah, orang-orang zaman dulu berlomba-lomba mengganti lantai tanah dengan lantai semen. Setelah lantai keramik muncul, lantai semen pun ditinggalkan dan diganti dengan lantai yang baru tersebut. Trend ini terus bergulir sampai akhirnya kita memiliki banyak alternatif material lantai yang bisa digunakan. Masing-masing punya keunikannya sendiri-sendiri.
Dari sekian banyak pilihan tersebut, barangkali kayu adalah material yang tak pernah lekang di makan zaman. Sejak dulu, bahan kayu sudah digunakan untuk membuat lantai bangunan. Memasuki era modern, penggunaan kayu sebagai bahan lantai tetap dianggap sebagai pilihan yang bagus. Bahkan lantai kayu bisa dibilang pilihan mewah saat ini. Pasalnya, harus diakui bahwa secara umum, menggunakan lantai kayu memang lebih mahal dibandingkan dengan lantai jenis lainnya.

Mahalnya lantai kayu bukan tanpa alasan. Selain memiliki tampilan natural yang sangat menawan, teksturnya juga bisa membuat kita relaks. Menginjak permukaan lantai kayu yang halus dan organik bisa menimbulkan persepsi yang lebih baik dibanding saat kita menginjak lantai dari material lain. Tak hanya masalah estetika, kenyamanan dan ketenangan pikiran bisa ditimbulkan dari penggunaan flooring kayu. Apalagi bila yang digunakan adalah lantai kayu dari kualitas yang baik. Sudah pasti keindahan dan persepsi positif yang didapatkan makin bertambah banyak.

lantai kayu jati

Pilihan Lantai Kayu Murah: Adakah?

Seperti diterangkan di atas, lantai kayu memang lebih mahal dibanding lantai dari material yang lain. Namun sebetulnya, kita bisa menurunkan budget untuk aplikasi wood flooring tersebut dengan beberapa kiat. Salah satunya adalah dengan tidak menggunakan lantai kayu dari kayu unggulan. Misalnya jati, mahoni, hingga ebony. Kayu-kayu tersebut sudah pasti akan membuat Anda merogoh kocek amat dalam. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih jenis kayu yang tak begitu unggul tetapi tetap bagus dan punya keunikan tersendiri. Misalnya saja penggunaan kayu pinus dan jati belanda, baik yang masih baru atau sudah dalam bentuk peti kemas. Anda juga bisa menggunakan kayu dari pohon Anda yang baru ditebang. Bila Anda menguasai teknik woodworking dasar dan bisa melakukan finishing, kenapa tidak? Toh, setelah panel flooring kayu dibuat, Anda hanya perlu menempelkannya dengan lem kayu yang tepat pada lantai semen saja.

Jenis Lantai Kayu Berdasarkan Penggunaan Lem

flooring kayu pinus
CS Lem Kayu

Selain itu, Anda juga bisa membeli pilihan lantai kayu di pasaran. Dari sini, Anda akan dihadapkan pada berbagai pilihan lantai. Selain jenis kayunya yang akan menentukan harganya, Anda juga akan dihadapkan pada jenis lantai berdasarkan cara aplikasinya.

Cara aplikasinya? Betul. Berdasarkan cara pemasangannya, setidaknya ada dua jenis lantai. Yang pertama adalah lantai yang dalam pemakaiannya tak membutuhkan lem, dan yang kedua yang membutuhkan lem. Tiap pilihan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misal, untuk kondisi lantai yang lebih kokoh dan rapi, sebaiknya Anda memilih jenis lantai yang aplikasinya di lem. Namun, cara ini mensyaratkan Anda untuk menggunakan lem yang bagus. Bila tidak, maka hasilnya akan sangat merugikan.

Untungnya, telah tersedia lem yang bagus untuk aplikasi lantai kayu, baik itu parket ataupun decking. Dan lem tersebut adalah Crossbond X4.

Crossbond X4

lem untuk dinding kayu

Crossbond X4 merupakan lem putih berformulasi dasar polyvinyl acetate atau PVAc. Lem ini didesain sebagai lem laminasi atau perekatan pada permukaan yang luas. Selain bisa digunakan untuk pengeleman lantai, Crossbond X4 juga bisa digunakan untuk aplikasi veneer dan pelapisan lainnya. Adhesive ini kami rekomendasikan karena:

  1. Memiliki daya rekat yang kuat sehingga bisa membuat lantai lebih kokoh, rapi, tidak mudah lepas
  2. Tahan lama, tidak mudah rusak karena siraman air, panas, hingga siraman minyak
  3. Cepat kering
  4. Mudah digunakan
  5. Bisa digunakan untuk outdoor, termasuk pemasangan flooring kayu dekat kolam renang
  6. Hemat
  7. Tidak toksik, lebih aman dan ramah lingkungan
  8. Solid content tingg dan cover area luas
  9. Tidak menciptakan lapisan film lem yang tebal

Aplikasi

Aplikasi Crossbond untuk memasang flooring kayu bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Anda hanya perlu mengoleskan lem ini pada subfloor seperti biasanya. Lantai diaplikasikan satu per satu sampai menutupi seluruh ruangan. Di titik-titik tertentu, Anda bisa melakukan pemakuan agar lantai lebih kokoh dan rapi. Tidak sulit, bukan?

Lem Crossbond X4 Bisa Anda Dapatkan Sekarang Juga

Crossbond X4, seperti dijelaskan di atas adalah lem kayu terbaik yang khusus ditujukan untuk perekatan laminasi yang bisa digunakan untuk pemasangan lantai parket sampai deking. Adhesive laminasi ini dapat digunakan untuk perekatan aneka produk kayu. Lem ini unggul dalam berbagai aspek mulai dari daya rekat sampai pengaruhnya terhadap estetika.
Yang makin menarik, lem ini ternyata juga sudah dapat Anda pesan secara online, lho. Menarik sekali, bukan? Kami menyadari bahwa masyarakat pada era serba digital ini dituntut dengan kesibukan yang luar biasa. Oleh karena hal itulah, kami membuka opsi pembelian secara daring atau online baik untuk pembelian satuan maupun untuk pembelian besar. Crossbond X4 juga bisa Anda beli di berbagai online shop seperti shopee, Jd.id, Tokopedia, hingga Bukalapak.

lantai kayu decking

Benar-benar menguntungkan, ya? Pembelian secara langsung juga bisa Anda lakukkan lho di di Bio Service Point. Namun untuk saat ini, kami hanya membuka Bio Service Point di Yogyakarta, Cirebon, dan Jepara.

Kesimpulan

Penggunaan kayu bisa membuat sebuah ruangan menjadi lebih nyaman dan indah. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa ruangan yang memanfaatkan material kayu bisa meningkatkan kesehatan penghuninya. Salah satu elemen bangunan yang bisa dibuat dengan kayu adalah bagian lantainya. Keindahan lantai kayu dan teksturnya yang organik ketika diinjak akan memberikan pengalaman yang sangat menyenangkan. Sayangnya, aplikasi flooring kayu masih terbilang jarang. Padahal, kita bisa saja memasangnya dengan pilihan yang beragam saat ini. Termasuk, pilihan dari segi harga. Kayu-kayu seperti jati memang akan membuat harga lantai sangat mahal. Oleh sebab itulah, Anda bisa memilih alternatif lain seperti kayu yang lebih murah. Yang pasti, aplikasikan flooring dengan cara yang tepat. Bila flooring membutuhkan lem, pastikan lam yang digunakan benar-benar berkualitas. Lem harus kuat, supaya lantai tetap rigid, tidak renggang, dan terlihat rapi.

Nah, sampai di sini pembahasan mengenai flooring kayu dan lem yang sebaiknya digunakan. Semoga bermanfaat! Tunggu terus berbagai artikel menarik dari kami lainnya di lemkayu.net!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here