Crossbond: Lem untuk Rak Piring Kayu Kualitas Food Grade!

0
525
rak piring kayu oak

Membuat rak piring kayu tak hanya butuh keahlian khusus dari tangan para pekerjanya. Rak juga perlu dibuat dengan kayu yang bagus (tidak mudah rusak terkena air) dan lem yang aman dan ramah lingkungan. Bahkan bila perlu, lem untuk rak piring tersebut juga harus food grade.

Rak Piring Kayu yang Tak Kalah Menarik

Di mana Anda menaruh perlengkapan makan Anda? Selain dapat diletakkan di rak berbahan stainless steel di bagian belakang, piring-piring makanan cantik juga bisa diletakkan langsung di area ruang makan. Anda tinggal mengambilnya untuk kemudian makan bersama dengan keluarga. Rak-rak seperti ini tak hanya fungsional, akan tetapi juga memiliki keindahan tersendiri karena terbuat dari kayu yang merupakan bahan organik.

Bagi mereka yang bekerja di bidang woodworking, pasar rak piring dari kayu ini cukup menarik. Pasalnya, selain mulai jarang ditemukan (karena sudah digantikan dengan rak stainless steel), rak seperti ini memang sangat khusus. Trend penggunaannya juga diprediksi akan meningkat mengingat masyarakat semakin hari semaki menyukai produk-produk yang lebih aman dan alami.

CS Lem Kayu

Namun tentu saja pembuatan rak dari kayu ini bukannya tanpa tantangan sama sekali. Pemakaian kayu untuk rak memang kadang dipersoalkan beberapa pihak. Apakah kayu bisa tahan terhadap air? Apakah nantinya kayu tidak akan malah berjamur dan menyebabkan piring jadi berbahaya digunakan?

Kekhawatiran seperti itu sebenarnya tidak sepenuhnya tepat. Kayu terdiri dari beragam jenis yang memiliki karakter berlainan satu sama lain. Ada kayu yang mudah rusak dan berjamur, tapi ada juga yang tidak. Ingat, perahu-perahu dan kapal pun sampai saat ini memanfaatkan kayu untuk pembuatan body-nya. Nyatanya kuat-kuat saja bukan? Selain itu, pemakaian kayu untuk alat konsumsi (piring dan lainnya) sudah dilakukan sejak lama. Nenek moyang kita memakai kayu untuk hampir semua kebutuhannya. Jadi, rak dari kayu bukanlah sesuatu yang aneh dan tidak wajar. Yang sebenarnya perlu diperhatikan hanyalah:

1. Jenis kayu yang digunakan. Sebaiknya digunakan jenis yang tahan lama.
2. Perawatan yang dilakukan, termasuk pembersihan dan perawatan secara berkala.

Berbekal kedua hal tersebut, rak piring cantik yang awet bisa kita wujudkan.

rak piring

Perlunya Lem untuk Rak Piring yang Bagus

Selain pentingnya memilih kayu yang tepat, pembuatan rak piring dari kayu, tidak bisa tidak kita pasti membutuhkan adhesive atau bahan perekat. Beberapa pengrajin memang sering mengandalkan paku, tapi sebetulnya, pemakaian lem jauh lebih disarankan untuk pemakaian rak piring. Apa alasannya?

1. Pertama, rak bukanlah produk yang besar. Sisi-sisinya pun dengan mudah terlihat orang. Pemakaian paku yang meninggalkan bekas paku sebenarnya memang tak mengapa. Tapi alangkah lebih bagus bila pada rak tersebut tak ada bekas paku sama sekali.
2. Lem memiliki daya rekat yang kuat sehingga tak perlu lagi pemakuan bila konsen Anda adalah soal kekuatan penyambungan.
3. Ada berbagai teknik penyambungan yang sekaligus bisa digunakan untuk mempercantik produk yang Anda buat.

Meskipun demikian, tentu kita harus mampu menemukan adhesive yang tepat untuk kebutuhan ini. Adhesive tersebut haruslah memiliki kekuatan yang bagus, tak mudah rusak terpapar air, solvent, dan juga tidak menyebabkan fenomena glue line yang merusak keindahan produk. Selain itu, adhesive juga harus aman digunakan supaya kandungannya tidak meracuni area lain rak yang nantinya bersentuhan dengan piring.

Mengenal Crossbond X3, Lem untuk Rak Piring yang Kami Sarankan

Lem untuk Konstruksi Kayu Jati

Lem yang kami sarankan untuk kebutuhan pembuatan rak piring adalah Crossbond X3. Crossbond X3 merupakan polyvinyl acetate water based glue yang didesain dengan inner cross linker. Lem ini secara umum lebih unggul dari lem lainnya di pasaran. Beberapa catatan keunggulan Crossbond X3 adalah:

1. Lem ini merupakan lem putih dengan inner cross linker modifier. Formulasinya menciptakan ikatan yang kuat (strong binding) tatkala digunakan.
2. Telah dimodifikasi khusus sebagai lem yang lebih resisten terhadap air sehingga cocok dipakai untuk pembuatan rak piring.
3. Tidak menyebabkan glue line.
4. Praktis dan cepat kering.
5. Tidak meninggalkan lapisan kering lem yang tebal dan jelek
6. Harga adhesive sangat terjangkau apalagi bila dilihat dari kualitas yang ditawarkannya
7. Merupakan lem yang sangat aman dan ramah lingkungan

Sangat Aman Digunakan

Salah satu poin keunggulan Crossbond adalah sifatnya yang sangat aman dan ramah lingkungan. Pembuatan rak piring dari kayu sendiri sangat membutuhkan poin keunggulan seperti ini. Bahkan tak sekedar aman, lem yang disyaratkan akan lebih baik apabila merupakan lem yang food grade.

Didesain dengan bahan dasar PVAc atau biasa disebut lem putih, Crossbond juga telah didesain menurut regulasi keamanan berbagai lembaga dunia seperti:

1. Environmentally Protection Agency atau EPA Amerika Serikat untuk pembuatan berbagai furniture dan wooden craft.
2. European Chemical Regulation Uni Eropa (European Union)

Crossbond juga dibuat menurut standar Food and Drugs Amerikat Serikat. Dengan demikian, produk ini memiliki tingkat keamanan yang sangat menjanjikan. Jaminan seperti ini juga akan memudahkan Anda yang hendak mengirimkan produknya ke pasar internasional. Dengan memakai lem untuk rak piring kayu yang food grade ini, Anda akan dengan mudah memasuki pasar negara-negara maju mulai dari Jepang, Amerika, dan negara-negara Eropa.

Tips Merawat Rak Piring Kayu

Sebagai tambahan, berikut ini kami bagikan beberapa tips untuk merawat rak piring dari kayu. Sebab bagaimanapun juga, memang harus diakui bahwa kayu adalah bahan organik. Keindahannya adalah nilai unggul yang tak bisa didapatkan dari bahan rak yang lain. Namun sebagai kompensasinya, tentu kita juga harus senantiasa mau merawatnya. Setelah proses produksi, jangan sampai produk Anda rusak terkena jamur, rayap, dan berbagai faktor perusak yang lain.

1. Tempatkan rak piring buatan Anda di tempat penyimpanan atau gudang yang bersih, tidak lembab, dan terpantau setiap rentang waktu tertentu.
2. Bersihkan secara berkala produk Anda.
3. Lakukan perawatan menggunakan semir atau polish kayu seperti Biopolish untuk mempertahankan keindahan produk.

rak piring kayu

Nah, bagi para pembaca di rumah yang merupakan konsumen rak piring, berikut ini sedikit tips penting dari kami untuk Anda.

1. Ada baiknya Anda tidak langsung menaruh piring yang basah pada rak. Letakkan dulu piring tersebut di meja yang sudah dialasi serbet atau koran. Jadi airnya akan meresap terlebih dahulu.
2. Jangan sembarangan mengecat rak piring Anda. Tak semua cat aman digunakan.
3. Lakukan pembersihan secara berkala dan perawatan memakai semir kayu. Semir kayu akan membuat kayu lebih tahan air, warnanya makin tajam, dan serat kayu menjadi halus.

Itulah beberapa tips merawat rak piring dan lem untuk rak piring dari kayu yang kami rekomendasikan. Ingat, selalu andalkan bahan yang aman untuk berbagai peralatan makan yang Anda buat.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here