Cara Sambung Papan Kayu? Bagaimana Caranya?

0
1470

Bagaimana cara sambung papan kayu? Jawabannya ada beberapa metode yang bisa diterapkan. Beberapa di antara berbagai metode tersebut adalah dengan mengaplikasikan teknik sambungan finger joint dan sambungan temu. Namun yang tak kalah penting adalah memastikan bahwa lem yang dipakai pada berbagai teknik tersebut sudah benar-benar berkualitas.

Sediaan papan kayu sangat dibutuhkan untuk menghasilkan berbagai produk. Misalnya saja untuk pembuatan almari hingga berbagai meja kayu. Akan tetapi yang jadi masalah dalam pemanfaatan berbagai bahan tersebut adalah cara penyambungannya. Bagaimana caranya kita bisa menyambungkan papan-papan tersebut?

Di dunia woodworking, telah dikenal aneka teknik sambungan yang sebenarnya bisa diterapkan. Sambungan-sambungan yang dapat digunakan untuk papan kayu antara lain:

CS Lem Kayu

1. Sambungan temu. Ini merupakan tipe sambungan paling sederhana. Papan kayu yang bisa disambung dengan tipe wood joint ini hanyalah papan kayu yang cukup tebal. Bila tidak, sambungan temu tak akan bisa diaplikasikan. Sambungan temu sendiri pada dasarnya hanya sambungan di mana dua ujung kayu direkatkan satu sama lain.

2. Finger Joint. Finger joint bisa diaplikasikan untuk membentuk siku maupun untuk membentuk papan panjang.

3. Lap joint. Lap joint bisa digunakan hanya untuk papan yang punya ketebalan, atau salah satunya cukup tebal. Sebab salah satu kayu yang disambung dengan lap joint harus dipotong setengahnya untuk dilem dengan papan kayu yang lain.

4. Biscuit. Penyambungan papan juga bisa dilakukan dengan biscuit joinery. Caranya adalah dengan memasukkan joinery seperti biscuit pada papan yang dilubangi.

Tentu saja masih banyak lagi pilihan sambungan yang lainnya untuk papan. Namun sedikitnya, 4 pilihan di atas bisa memberikan gambaran. Hal penting lainnya yang tak boleh dilupakan adalah terkait pemilihan adhesivenya.

Adhesive yang Tepat untuk Cara Sambung Papan Kayu

Kami menyediakan adhesive yang bisa Anda gunakan untuk menyambung papan kayu. Adhesive yang kami sediakan adalah Crossbond X3 untuk berbagai wood joint di atas.

Crossbond X3 merupakan PVAc water based untuk konstruksi aneka produk termasuk yang melibatkan papan kayu. Crossbond X3 unggul sebagai lem penyambung papan karena:

1. Lebih kuat
2. Tahan lama
3. Cepat kering
4. Mudah digunakan
5. Murah
6. Solid content tinggi
7. Daya sebar luas

lem putih crossbond x3

Yuk dapatkan Crossbond X3 sekarang juga! Pakai Crossbond untuk cara sambung papan kayu yang lebih kuat dan berkualitas!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here