Bersama Crossbond, Perkembangan Industri Furniture di Indonesia Makin Positif

0
137
perkembangan industri furniture di indonesia

Industri mebel di Indonesia semakin berkembang pesat belakangan ini. Bersama dengan Crossbond, pastikan perkembangan industri furniture di Indonesia itu semakin baik!

Salah satu industri dalam negeri yang prestasinya membanggakan adalah industri furniture dan kerajinan alam. Keduanya mampu memberikan pemasukan untuk negeri ini dan juga menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak. Selain itu, keduanya pun telah mengangkat nama Indonesia di kancah global. Sentra-sentra produksi mebel juga tumbuh subur di sana-sini dan memicu pertumbuhan industri penyokong lainnya. Produk mebel impor pun senantiasa kalah dengan produk dalam negeri.

Meski demikian, perlu diketahui bahwa sampai sekarang Indonesia belum bisa menempatkan namanya di daftar produsen mebel terbesar. Indonesia masih kalah dengan beberapa negara Asia dan juga Amerika Serikat. Kita kalah dari Malaysia dan Tiongkok yang menjadi nomor satu produsen mebel dunia.

Pemerintah sendiri terus berupaya meningkatkan industri ini. Perkembangan industri furniture di Indonesia harus terus diupayakan agar memperlihatkan kecenderungan yang positif. Caranya? Jelas ada banyak sekali usaha yang perlu dilakukan. Di artikel ini, kami akan bagikan 3 cara saja namun sangat penting untuk Anda pertimbangkan.

Desain dan Model Mebel

CS Lem Kayu

Pertama, kreatiflah memilih dan menerapkan desain dan model untuk furnitur Anda. Hindari membuat mebel dengan tampilan yang terlalu biasa. Dalam konteks global, kualitas estetika produk yang biasa tersebut akan membuat perkembangan industri furniture di Indonesia kurang baik. Pasar yang jenuh bisa melirik mebel-mebel impor yang dirasa lebih baik.

Jenis model atau desain furnitur yang bisa dipilih sendiri sangat banyak. Berikut ini hanya beberapa contoh saja desain yang bisa diterapkan.

  1. Modern
  2. Minimalis
  3. Coastal dan beach style
  4. Bohemian
  5. Palladian
  6. Oriental
  7. Aneka gaya tradisional Indonesia
  8. Art Noeveau
  9. Farmhouse
  10. 80’s dan aneka gaya retro sejenis lainnya
  11. Victorian style
  12. Scandinavian
  13. Dan masih banyak lagi
Perkembangan Industri Furniture di Indonesia

Tiap gaya tersebut memiliki keindahan tersendiri. Bentuknya berlainan, detilnya berbeda, pun demikian dengan warnanya. Perbanyaklah pengetahuan Anda akan ragam model mebel yang bisa diterapkan. Bila ini dilakukan banyak pelaku usaha mebel nasional, sudah barang tentu perkembangan industri furniture di Indonesia akan memperlihatkan trend positif.

Finishing

Selain model, kreatiflah juga dengan tipe finishing yang akan diterapkan. Ada sangat banyak tipe dan teknik yang bisa diandalkan. Hasilnya sama-sama menawan dengan segmen pasar tersendiri. Berikut ini contoh tipe finishing yang berlainan dan tak biasa.

  1. Patina. Finishing patina menekankan pada efek patina dengan warna hijau tosca dan kesan tua.
  2. Finishing whitewash. Tipe ini cocok untuk mebel yang ingin Anda buat terlihat tua atau lawas.
  3. Finishing shabby chic yang memadukan dua kesan, yakni tua dan lembut
  4. Finishing natural transparan yang menonjolkan warna kayu alami dan bening
  5. Finishing pastel solid color dengan aneka warna solid seperti merah, biru, hijau, dan lain sebagainya

Tipe finishing yang hendak diterapkan di atas, hendaknya disesuaikan dengan model mebel yang Anda pilih. Jadi tampilan mebel secara keseluruhan terlihat sinkron dan menarik.

aksen warna patina

Lem yang Anda Gunakan

Sebagai website yang membahas mengenai lem, tentu kami tak bisa abai terhadap faktor pemilihan lem yang digunakan. Lem bisa memberikan pengaruh besar pada kualitas mebel secara umum tanpa disangka-sangka.

Tahukah Anda:

  1. Lem berpengaruh terhadap kekuatan mebel. Hal ini karena lem sering digunakan untuk menyambungkan komponen-komponen mebel.
  2. Lem memengaruhi keawetan mebel. Selama daya rekat lem masih kuat, maka mebel juga akan tetap kuat dan tahan lama.
  3. Lem mempengaruhi kualitas estetika mebel. Hal ini karena lem akan memberikan dampak pada ketepatan bentuk mebel serta efeknya pada warna (beberapa lem menyebabkan glue line yang merusak estetika mebel).
  4. Lem mempengaruhi kualitas keamanan mebel. Bagi Anda yang ingin memproduksi furnitur eco friendly, mislanya, maka pilihlah lem yang aman digunakan

Hal-hal itulah yang sekiranya membuat kami menekankan persoalan lem yang dipakai. Dalam konteks yang lebih besar, hal ini pun jelas memengaruhi perkembangan industri furniture di Indonesia.

Apa ya Lem yang Tepat Digunakan?

Di lemkayu.net kami menyediakan lem yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan pembuatan mebel yang berkualitas. Lem yang kami sarankan adalah bahan perekat Crossbond. Crossbond adalah pvac water based glue dengan berbagai kualitas menarik yang tak dimiliki lem kebanyakan.

Lem Crossbond yang kami sediakan tersebut juga terdiri atas dua varian yang sama-sama bisa digunakan. Simak penjelasan di bawah ini untuk mendapatkan varian Crossbond yang sesuai untuk kebutuhan Anda.

lem kayu terbaik

Crossbond X3

Adhesive Crossbond X3 adalah lem dengan bahan dasar PVAc (polyvinyl acetate). Lem ini didesain untuk kebutuhan konstruksi atau pembuatan rangka. Misalnya untuk pengeleman pada area sambungan mebel hingga konstruksi bangunan. Aplikasinya direkomendasikan untuk indoor, bukan outdoor. Adhesive ini juga memiliki berbagai keunggulan mulai dari daya rekat yang sangat kuat, tahan lama, cepat kering, dan cover areanya luas. Lem ini juga mudah digunakan dan bisa Anda beli dengan harga yang lebih terjangkau.

Crossbond X4

Lem Crossbond X4, sama seperti lem Crossbond X3, adalah lem dengan bahan dasar PVAc atau polyvinyl acetate. Lem ini juga memiliki berbagai keunggulan yang dimiliki Crossbond X3 seperti memiliki daya rekat yang sangat kuat, tahan lama, cepat kering, dan cover areanya luas. Lem ini pun mudah digunakan dan bisa Anda beli dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, berbeda dengan Crossbond X3, adhesive ini didesain untuk perekatan laminasi. Pemakaiannya bukan untuk perekatan area sambungan namun untuk permukaan lebar. Kita bisa menggunakan lem ini untuk pemakaian veneer dan pengeleman kayu laminasi lainnya. Selain itu, adhesive ini juga bisa digunakan untuk outdoor ataupun indoor.

Bersama kedua Crossbond perkembangan industri furniture di Indonesia pasti akan makin baik.

Sudah Diandalkan Berbagai Pelaku Usaha Mebel

Telah banyak pelaku usaha mebel yang mengandalkan adhesive Crossbond! Pelaku usaha skala kecil, skala menengah, hingga skala besar telah lama memanfaatkan lem Crossbond X3 dan lem Crossbond X4. Jadi, tunggu apalagi?

Ayo segera dapatkan lem ini. Bagi Anda yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon, Anda bisa segera membelinya di Bio Service Point. Teknisi dan CS kami pasti akan selalu siap menyambut Anda dengan ramah dan profesional.

Selebihnya, Anda juga bisa memesan lem ini via toko daring atau langsung di lemkayu.net. Hubungi CS kami untuk keterangan lebih lanjut. Sekiranya diperlukan, teknisi kami juga akan berkunjung ke perusahaan Anda.

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Bersama lem Crossbond, perkembangan industri furniture Indonesia pasti akan menjadi makin pesat. Nantikan berbagai informasi menarik lainnya di lemkayu.net.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here